Akibat Kekurangan Asam Folat (Vitamin B9)


Belum mengenal vitamin B9? Jika belum disini akan dibahas mengenai akibat kekurangan asam folat atau vitamin B9. Jika Anda sudah tahu, sebagian besar asam folat digunakan untuk mereka, ibu hamil agar kandungan calon bayi mereka menjadi lebih sehat. Dikarenakan asam folat merupakan salah satu vitamin yang menjaga bayi dari kecacatan pada tubuhnya ketika lahir nanti. Namun apakah asam folat hanya berperan untuk ibu hamil saja? Adakah manfaat lainnya? Lalu bagaimana jika kita kekurangan asam folat itu sendiri? Artikel ini akan memberikan wawasan baru kepada Anda tentang asam folat.

Anencephaly

Apa itu anencephaly? Yaitu kelainan dimana otak tidak terbentuk. Ini terjadi pada bayi. Karena bayi yang lahir dengan kelainan otak tidak terbentuk secara normal diakibatkan saat kehamilan sang ibu, asam folat tidak diasup secara benar dan tepat. Kekurangan vitamin B9 inilah akibatnya yang terjadi. Bahkan vitamin B9 ini menurut penelitian setidaknya dikonsumsi 1 bulan sebelum kehamilan. Anencephaly biasanya ditandai dengan tengkorak kepala bayi tidak berkembang maksimal. Sehingga setelah lahir, kepala bayi akan membesar terisi cairan otak dalam beberapa hari. Untuk itu penting mengkonsumsi asam folat di bulan-bulan pertama kehamilan seorang ibu.

Spina Bifida

Apa itu spina bifida? Yaitu sumbing tulang belakang. Saat bayi dalam kandungan, bayi mengalami perkembangan dalam tumbuh kembangnya. Saat ibu hamil kekurangan vitamin B9 maka pelindung bayi saat di dalam perut ibunya tidak akan membentuk tulang belakang yang melindungi sumsum tulang belakang secara tepat. Karena vitamin B9 inilah diantarkan melalui plasenta ketika sang ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Setelah lahir, jika terjadi spina bifida, maka bayi akan tumbuh dan berkembang dengan kecacatan yang ada baik fisik maupun mentalnya. Perlu perhatian khusus tentang konsumsi vitamin B9 ini pada ibu hamil sehingga mengkonsultasikan ke dokter itu penting sekali. Tentu untuk pengambilan suplemen vitamin demi tumbuh kembang janin bayi yang optimal nantinya.

Anemia

Saat tubuh kekurangan asam folat, ternyata gejala yang timbul atau akibat yang bisa terjadi adalah anemia. Kekurangan vitamin B9 dapat membuat kurangnya produksi sel darah merah. Saat sel darah merah berkurang dalam aliran darah, maka pasokan oksigen pun bisa berkurang. Sehingga dengan cepat efeknya akan terasa pada tubuh. Seperti sakit kepala, kelelahan, kulit memucat, kosentrasi menurun, aktifitas harian menjadi lesu, hingga gejala sariawan bisa terjadi. Anemia bisa terjadi lebih buruk dan menimbulkan hipotensi atau tekanan darah rendah. Untuk itu konsultasikan segera ke dokter jika anemia Anda terjadi berlarut-larut.

Diare

Diare adalah masalah penyakit yang cukup menyebalkan. Karena kekurangan asam folat dapat menyebabkan sakit maag dan penyakit diusus lainnya. Sehingga dapat mengakibatkan diare. Diare sendiri berarti membuang air besar lebih banyak dari biasanya dan biasanya mengandung lebih banyak air. Ini disebabkan asam folat yang mengoptimalkan kerja usus tidak dapat terjadi. Seperti penyerapan air dalam usus besar tidak terjadi. Sehingga penderita diare bisa mengalami dehidrasi akut. Jika ini menyerang pada bayi, bisa menyebabkan kematian karena kekurangan cairan dalam tubuhnya. Perlunya mencegah diare tentu dengan pencegahan yang sudah ada namun perlu juga untuk mengkonsumsi vitamin B9 ini agar tubuh tetap prima.

Sariawan

Apa itu sariawan? Sariawan adalah penyakit yang menyerang mulut atau kelainan pada mulut karena selaput lendir mengalami luka yang berbentuk putih kekuningan pada permukaannya dan berbentuk benjolan. Jika terserang sariawan, tentu segala aktivitas yang berupa makan dan minum sangat amat terganggu. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan sariawan. Walaupun banyak yang mengira bahwa sariawan terjadi karena tubuh kekurangan vitamin C. Ternyata kekurangan asam folat pun dapat memicu sariawan ini. Konsumsi rutin vitamin B kompleks dapat meredakan sariawan, karena sariawan akan hilang pada mulut setidaknya dalam jangka waktu 7 sampai 14 hari.

Lidah Bengkak

Lidah bengkak ini mirip dengan gejala pada sariawan saat tubuh mengalami kekurangan vitamin B9. Lidah bengkak biasanya berwarna keputihan atau mengungu. Lidah yang bengkak mengalami gejala adanya fungsi lidah yang terganggu, tidak mampu merasakan rasa pada umumnya. Atau lidah menjadi kasar dan pecah-pecah sehingga bagian tenggorokan pun terasa sakit untuk menelan. Hal ini terjadi saat asam folat kurang dikonsumsi sehingga metabolisme tubuh untuk menjaga fungsi tubuh yang sering digunakan seperti lidah tidak dapat terjadi. Bisa juga lidah bengkak ini disertai dengan sariawan. Bisa menjangkiti pada siapa saja, baik usia muda atau dewasa.

Bayi Lahir Cacat

Suplemen yang dikonsumsi dalam kehamilan tentu harus tepat dan cocok. Untuk itu mencegah bayi lahir cacat. Karena jika asam folat tidak terpenuhi dengan tepat, maka bayi lahir cacat akan banyak sekali kasusnya. Pemenuhan asam folat ini bisa alami ataupun sintesis. Wanita yang hamil lebih baik mengkonsumsi asam folat sebanyak 200 mcg sampai 400 mcg perhari. Jika ragu, konsultasikan lagi ke dokter kandungan Anda agar dosis asam folat yang Anda konsumsi tidak berlebihan atau kekurangan.

referensi :

Back to Top