WIKIVITAMIN.COM

informasi, berita, dan isu kesehatan seputar vitamin & mineral

Akibat Kekurangan Vitamin K


Kekurangan vitamin pada tubuh tentu bisa terjadi. Namun yang paling sering terjadi adalah vitamin yang larut dalam air. Seperti vitamin C misalnya. Karena banyak orang lebih cenderung mengalami kekurangan vitamin C ini dari pada vitamin yang lain. Vitamin yang lain seperti vitamin K yang larut dalam lemak, lebih tidak mudah terjadi gejala kekurangan karena memang tidak secepat vitamin C saat tubuh mengalami kekurangannya. Untuk itu adanya penyakit akibat kekurangan vitamin K pun akan kami bahas pada artikel ini.

Penyebab Kekurangan Vitamin K

Sebab-sebabnya seseorang kekurangan vitamin K memang ada. Walau secara normal, seseorang akan sulit kekurangan vitamin K dalam tubuh karena memang vitamin K ini ada di banyak makanan sehari-hari. Karena sebenarnya vitamin K ini dibutuhkan dalam jumlah konsumsi yang sedikit. Tidak seperti vitamin C yang bisa sampai 500 miligram atau 1000 miligram sehari. Untuk itulah anda jangan sampai jumlah vitamin K yang tidak banyak ini sampai berhari-hari tidak dikonsumsi.

Apa sih sebabnya secara jelas? Biasanya kekurangan vitamin K ini dialami oleh bayi yang baru lahir. Kok bisa mengenai si bayi? Begini, bayi memiliki fungsi asupan gizi dari sang ibu tentu vitamin K pun seharusnya ada dari ibu. Asupan gizi vitamin K ini seharusnya terpenuhi saat bayi dalam kandungan maupun saat menyusui. Hanya saja jika ibu tidak mengkonsumsi makanan yang bergizi atau pada saat mengandung ada masalah dengan transportasi makanan melewati ari-ari, maka akan menjadikan bayi mengalami defisiensi vitamin K.

Pada orang dewasa baik pria maupun wanita, sebabnya kekurangan vitamin K tentu kurangnya asupan makanan yang mengandung vitamin K. Makanan itu seperti sayuran hijau. Karena masih banyak orang dewasa di Indonesia yang jarang sekali mengkonsumsi sayuran hijau. Untuk pria biasanya dianjurkan vitamin K harian yang dikonsumsi adalah 120 mikrogram. Sedangkan untuk wanita yang dianjurkan dalam konsumsi vitamin K harian adalah 90 mikogram. Walaupun hal ini jarang terjadi pada orang dewasa. Sehingga mengalami defisiensi vitamin K.

Akibat Kekurangan Vitamin K

Pada pembahasan kali ini akan dibahas tentang penyakit apa saja yang bisa diderita akibat defisiensi vitamin K. Pertama tentu penyakit hemoragik pada bayi baru lahir. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa bayi bisa mengalami kekurangan vitamin K karena sang ibu tidak mengkonsumsi makanan bergizi semasa hamil dan menyusui. Namun apa sebenarnya penyakit hemoragik ini? Penyakit ini dialami bayi yaitu darah yang sukar membeku terutama pada jaringan organ dalam si bayi. Bisa jadi di otak, atau pada saluran pencernaannya. Gejalanya timbul seperti adanya bercak darah pada lubang dubur si bayi yang biasanya diindikasikan adanya infeksi saluran cerna. Hal ini murni bisa disebabkan kekurangan vitamin K.

Lalu bagaimana pada anak-anak? Vitamin K ternyata juga berpengaruh bagi tumbuh kembang si anak. Diketahui bahwa tumbuh kembang si anak yang kekurangan vitamin K bisa menjadikan bentuk fisiknya seperti bentuk hidung datar, hidung pendek dan jari yang pendek. Hal ini terjadi karena kelainan pada usus sehingga vitamin K sukar diserap oleh tubuh.

Menghambat proses pembekuan darah adalah salah satu akibat yang tentu juga dialami oleh penderita kekurangan vitamin K. Bahkan dalam kondisi khusus kekurangan parah vitamin K bisa menyebabkan anemia fatal. Bagaimana bisa vitamin K membuat pembekuan darah lebih cepat? Ternyata vitamin K adalah suatu zat yang mampu memodifikasi protein dalam tubuh. Protein khusus ini mampu membuat sel-sel darah merah saling berlekatan dan membeku(pekat) tidak encer sehingga pembengkuan darah terjadi lebih cepat. Jika vitamin K ini sampai berkurang, akibatnya darah tetap encer sehingga pembekuan darah sulit terjadi.

Menurunnya Kepadatan Tulang

Ternyata tulang pun kepadatannya ada hubungannya dengan vitamin K ini. Diketahui osteocalcin, suatu senyawa protein yang berperan penting di dalam proses penyerapan kalsium, pengikatan kalsium, dan mineralisasi tulang sehingga kepadatan tulang tetap terjaga. Nah, vitamin K inilah yang membantu sistem sintesa zat tersebut. Dengan semakin terpenuhinya vitamin K ini maka kepadatan tulang pun bisa ditingkatkan.

Jika anda sadar bahwa ternyata tulang sangat berperan penting dalam pembentukan tulang yang padat serta menunjang aktivitas normal lainnya. Sehingga kurangi akibat kekurangan vitamin K yaitu tulang keropos dengan mengkonsumsi makanan bervitamin K. Asupan vitamin K memang banyak simpang siur atas berapa takaran yang jelas untuk mengkonsumsinya. Namun ternyata minimal konsumsi harian vimtain K ini bisa dimulai dari 50 mikrogram sampai 150 mikrogram. Dan bisa dipenuhi hanya dengan konsumsi susu rendah lemak serta tinggi kalsium dan vitamin K.

Berakibat Buruk pada Pasien Kanker

Hampir semua vitamin itu dapat menekan pertumbuhan kanker, dapat menjadi obat dan terapi bagi penderita penyakit kanker. Vitamin K adalah salah satu dari vitamin tersebut. Pasien yang menderita kanker namun tidak mendapat asupan vitamin K, akan mengalami kekambuhan kanker kembali walaupun sudah dinyatakan sembuh. Untuk itulah vitamin K tetap harus dikonsumsi untuk dapat bertahan dari serangan kanker.

Akibat kekurangan vitamin K diatas bisa menjadi informasi penting anda dan lebih sadar untuk mengkonsumsi vitamin K setiap hari.

More from Vitamin K - Koagulasi
Back to Top