Akibat Kelebihan Asam Folat (vitamin B9)

Jika sebelumnya telah dibahas tentang kekurangan asam folat terhadap tubuh atau biasa juga dikenal dengan vitamin b9, maka pada artikel kali ini akan dibahas tentang akibat dari kelebihan asam folat atau vitamin B9. Tentu walaupun mengkonsumsi vitamin itu penting, namun tetap perlu diperhatikan bahwa bisa saja konsumsi vitamin itu menjadi berlebihan dan menimbulkan dampak yang lebih buruk. Pada artikel ini akan dibahas mengenai batas toleransi konsumsi (dosis) asam folat, interaksi dengan vitamin B12, gejala kelebihan vitamin B9 asam folat, dosis yang dianjurkan, mencegah overdosis asam folat.

Batas Toleransi Konsumsi (dosis) Asam Folat

Diketahui bahwa anjuran dari dokter dimana makan dengan pola makan yang sehat tentu ada. Bahkan anjuran mendapatkan asam folat juga diharuskan dari sumber makanan alami seperti sayuran hijau, daging hati, bibit gandum, ragi, kacang kering, sereal, susu dan juga jus jeruk. Namun dokter juga biasanya memberikan resep untuk mengkonsumsi ekstra vitamin B9 dari suplemen. Ada batas toleransi yang harus dipahami dalam konsumsi vitamin B9 ini. Balita tidak boleh melebihi dari konsumsi 300 mcg setiap harinya terhadap asam folat. Batas toleransi bagi anak-anak usia 4-8 tahun konsumsi 400 mcg vitamin B9 setiap harinya, lalu batas toleransi anak 9-13 tahun 600 mcg setiap harinya, batas toleransi remaja 800 mcg setiap harinya terakhir orang dewasa 1000 mcg. Karena jika lebih dari itu dapat menyebabkan overdosis.

Interaksi Dengan Vitamin B12

Dosis berlebihan yang menimbulkan akibat negatif adalah saat asam folat berinteraksi dengan vitamin B12. Saat tubuh mengalami kelebihan asam folat, ternyata tubuh akan sulit memenuhi kebutuhan akan vitamin B12nya karena kelebihan vitamin B9 menghalanginya. Walaupun begitu kelebihan vitamin B9 dapat mencegah terjadinya anemia megaloblastik. Namun tetap saja defisiensi vitamin B12 tidak dapat teratasi. Sehingga perlu mengurangi penggunaan vitamin B9 dulu lalu memenuhi kembali kebutuhan vitamin B12 dalam tubuh.

Gejala Kelebihan Asam Folat (Vitamin B9)

Lalu bagaimana gejala kelebihan vitamin B9 ini? Pertama seperti gejala kejang, insomnia, dan ruam adalah gejala primer dari kelebihan asam folat. Untuk overdosis vitamin B9 pada sumber makanan alami tidaklah mungkin, namun bisa terjadi dengan penggunaan suplemen. Selain itu ada juga gejala sekunder. Dimana kelebihan vitamin B9 terkait erat dengan gejala defisiensi vitamin B12. Seperti saat mengkonsumsi sampai diatas 1000 mcg asam folat, maka tubuh akan mengalami kekurangan vitamin B12. Jika hal ini dibiarkan, menurut penelitian, sistem saraf tubuh bisa rusak karena tidak tercukupinya vitamin B12. Saraf yang rusak menyebabkan mati rasa dan kesemutan. Sehingga cukup berbahaya jika dikonsumsi berlebihan asam folat ini.

Dosis yang Dianjurkan

Lalu bagaimanakah dosis yang dianjurkan seharusnya? dosis yang dianjurkan atau RDA untuk masyarakat dan keluarga adalah sebagai berikut ini.

  • Balita membutuhkan vitamin B9 150 mcg setiap hari
  • Anak-anak 4-8 tahun membutuhkan vitamin B9 200 mcg setiap hari
  • Anak 9-13 tahun membutuhkan vitamin B9 300 mcg setiap hari
  • Remaja dan dewasa membutuhkan vitamin B9 400 mcg setiap hari
  • Ibu hamil membutuhkan vitamin B9 600 mcg setiap hari
  • Ibu menyusui membutuhkan vitamin B9 500 mcg setiap hari

Diperhatikan bahwa anjuran setiap hari itu mungkin tidak terpenuhi secara lengkap, namun setidaknya Anda bisa menghitung dan mengukur sendiri kebutuhan vitamin B9 Anda. Jika perlu Anda bisa berkonsultasi ke dokter.

Mencegah Overdosis Asam Folat

Bagaimana cara tepat mencegah overdosis asam folat? Mudah saja. Anda cukup memvariasikan makanan Anda sehari-hari dengan konsumsi vitamin B9 dengan sumber alami. Kemudian dengan konsumsi makanan alami yang mengandung vitamin b9, Anda akan mencukupi kebutuhan harian vitamin B9 Anda tanpa overdosis. Karena hal yang tidak mungkin Anda overdosis vitamin jika mengkonsumsi makanan alami. Cobalah mengkonsumsi jus jeruk, bayam, dan sereal dan beragam sumber makanan asam folat lainnya. Jika pun Anda mengambil suplemen, disarankan untuk mengambil suplemen multivitamin daripada hanya mengambil suplemen yang mengandung asam folat saja. Karena dalam suplemen multivitamin, tidak hanya satu dua jenis vitamin saja yang ada. Namun banyak dan dibuat secara sintetis untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda.

Salah satu tips termudah juga untuk mengkonsumsi suplemen bervitamin yaitu, konsumsilah dalam interval tidak setiap hari. Anda bisa mengkonsumsi vitamin B9 itu 3 hari sekali atau 4 hari sekali. Karena dosis yang cukup besar, tubuh tentu tidak siap menerima semuanya. Belum lagi untuk beberapa vitamin adalah larut dalam air, sehingga dosis berlebihnya akan dikeluarkan melalui urin. Sedangkan yang tidak larut dalam air bisa disimpan dalam tubuh namun tidak juga berlebihan karena dapat mengakibatkan beban kerja organ dalam seperti hati dan ginjal menjadi berat.

Sehat itu penting, namun dengan memperhatikan apa yang kita konsumsi. Obat kimia, suplemen sintesis memang jalan pintas dalam pemenuhan kebutuhan untuk menjaga kesehatan Anda. Namun perlu diingat itu semua buatan manusia yang mana tetap memiliki efek samping jika digunakan berlebihan. Untuk itu konsultasikan ke dokter, dan cek selalu kandungan vitamin B12 Anda jika kekurangan, dan cek selalu kandungan vitamin B9 Anda jika berlebihan dalam tubuh dengan ke rumah sakit atau lab. kesehatan yang ada di kota Anda.

referensi :

Be the first to comment on "Akibat Kelebihan Asam Folat (vitamin B9)"

Leave a comment