WIKIVITAMIN.COM

informasi, berita, dan isu kesehatan seputar vitamin & mineral

Akibat Kelebihan Asam Pantotenat (Vitamin B5)


Kelebihan vitamin B5 atau asam pantotenat bisa terjadi. Namun biasanya kelebihan vitamin B itu tidaklah terjadi pada satu jenis saja tapi biasanya juga kekurangan vitamin B lainnya. Sehingga lebih dikenal kelebihan vitamin B kompleks. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana akibatnya kelebihan asam pantotenat pada tubuh.

Overview Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks sendiri ada beberapa unsur vitamin B. Yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12. Vitamin B bertindak sebagai kofaktor dalam mengkatalis reaksi-reaksi biokimia yang ada pada tubuh. Tentu vitamin B, apapun jenisnya, fungsi utama adalah untuk mengubah karbohidrat, lemak, protein, menjadi bentuk lain yang lebih sederhana yang kemudian bentuk lebih sederhana itu diubah menjadi energi untuk digunakan tubuh dalam melakukan aktifitasnya. Selain itu vitamin B juga menjaga sistem-sitem saraf dan menjaga keseimbangan tubuh dalam mendapatkan energi dan mengelola permasalahan pada saraf seperti depresi dan stress.

Asam Panotenat (Vitamin B5)

Vitamin B kompleks, dimana tentu ada vitamin B5 didalamnya. Lalu apa itu asam pantotenat atau vitamin B5? Vitamin B5 ada di semua sel mahkluh hidup. Vitamin B5 sebagai koenzim A atau CoA dimana bermanfaat dalam membantu atau katalis zat-zat seperti asam lemak, kolesterol, hormon steroid serta vitamin D. CoA juga berperan penting dalam hal metabolisme yang terjadi pada tubuh yang mana energi tinggi pada sel dinamakan ATP. Jika vitamin B5 ini kurang sejak masa asupan didalam kandungan, akan mempengaruhi berat badan bayinya saat lahir.

Kelebihan Asam Pantotenat

Lalu bagaimana jika kelebihan asam pantotenat? Overdosis asam pantotenat dalam kandungan vitamin B5 yang dianjurkan menyebabkan toksik pada tubuh. Jika dosis yang terlalu tinggi masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan mengalami mual, diare, dan sensitivitas pada gigi. Pada kasus khusus yang pernah tercatat kelebihan vitamin B5 dapat mengakibatkan peradangan pada selaput jantung dan paru-paru. Ruam dan gatal-gatal pada tubuh pun dapat terjadi akibat kelebihan vitamin B5 ini.

Kebutuhan Vitamin B5 per Hari

Berapa kebutuhan vitamin B5 per hari yang seharusnya kita butuhkan? Ini tergantung dari usia seseorang karena setiap usia berbeda penggunaannya dan kebutuhannya. Pada usia bayi dan anak-anak sendiri vitamin B5 diasup dengan dosis takaran 1,7 sampai 4 mcg perharinya. Untuk orang dewasa mendapatkan 5 mcg perharinya. Serta untuk wanita hamil dan menyusui mengkonsumsi setidaknya 6 sampai 7 mcg perharinya. Namun untuk lebih jelas dan lengkapnya tentu ada baiknya untuk menghubungi dulu dokter agar tidak terjadi kelebihan dosis dari vitamin B5 pada tubuh.

Depresi

Kelebihan asam pantotenat juga dapat mengakibatkan depresi. Karena fungsi dari vitamin B5 adalah mengatur keseimbangan saraf tubuh, maka kelebihan vitamin B5 pun akan mengakibatkan seseorang mengalami depresi.

Dehidrasi

Mengkonsumsi berlebihan atas vitamin B5 ini tentu butuh banyak konsumsi air agar vitamin B5 dapat larut dan diserap kedalam tubuh. Saat kelebihan vitamin B5, maka tubuh akan secepat mungkin untuk membuang kelebihan vitamin dalam bentuk urin. Urin akan berwarna pekat jika kadar vitamin B5 ini terlalu banyak dan tidak diimbangi juga kebutuhan air yang banyak juga. Lalu tubuh akan mengalami dehidrasi setelahnya.

Bengkak pada Kaki dan Wajah

Kelebihan vitamin B5 pada tubuh juga mengakibatkan penyimpanan busung atau cairan dan pembengkakan pada jaringan. Disebut juga edema atau bengkak. Bengkak ini mengenai bagian kaki, wajah dan tangan. Namun dapat terjadi dimanapun dibagian tubuh. Saat bagian tubuh ini bengkak, maka akan menjadi gatal dan sensitif karena sirkulasi darah yang buruk pada bagian tubuh yang terkena pembengkakan.

Nyeri di Lutut dan Sendi Lain

Saat tubuh mengalami edema atau pembengkakan maka dapat berakibat juga mengalami nyeri lutut dan sendi. Ataupun akibat langsung dari vitamin B5 juga akan mengalami nyeri pada lutut dan persendian. Oleh karena tubuh mengalami metabolisme berlebihan terhadap zat-zat tubuh sehingga persendian pun menjadi nyeri karena keseimbangan hormon ataupun saraf mengalami gangguan.

Mual dan Muntah

Karena tubuh tidak biasa mengkonsumsi berlebihan vitamin B5, maka tubuh terutama bagian perut akan mengalami mual-mual. Jika mual ini berlanjut, maka dapat mengalami muntah-muntah sertah tubuh kehilangan cairan dan dapat mengakibatkan dehidrasi. Mengurangi gejala mual ini bisa dengan mengkonsumsi air putih yang cukup banyak.

Diare

Kelebihan vitamin B5 tentu akan menganggu sistem pencernaan. Dimana dibutuhkan asupan air putih yang tinggi namun usus halus dan usus besar tidak dapat menyerap air dengan maksimal. Sehingga pembentukan feses pun tidak dapat padat dan tubuh mengalami diare. Saat tubuh mengalami diare ini maka tubuh akan mengalami juga banyak kekurangan cairan pada tubuh. Sehingga konsumsi vitamin B5 perlu dihentikan dan asupan air putih perlu lebih ditingkatkan.

Dari berbagai gejala dan akibat kelebihan vitamin B5 atau asam pantotenat, diharapkan Anda tidak mengkonsumsi asam pantotenat ini secara berlebihan. Hindari penggunaan suplemen vitamin dan alangkah baiknya jika mengkonsumsi sumber alami saja. Sehingga kelebihan vitamin B5 dan akibatnya dapat dihindari. Sehat itu penting, tapi jangan sampai berlebihan juga agar tetap sehat. Harus sesuai takaran (dosis) dan aturannya.

Back to Top