Vitamin

informasi, berita, dan isu kesehatan seputar vitamin

Akibat Kelebihan Vitamin B2

Pin It

Setelah mengenal vitamin B1, kita akan mengenal vitamin B2 atau riboflavin. Vitamin B sebenarnya vitamin B kompleks. Terdiri dari vitamin B1, B2, B6, B12, dan yang lainnya. Sehingga biasanya dalam sumber makanan alami vitamin B tidaklah hanya satu jenis saja. Biasanya ada vitamin B1, B2, dan B6 sekaligus. Kali ini kita akan membahas akibat kelebihan vitamin B2 untuk pengetahuan anda lebih lanjut tentang vitamin B.

Gejala dan Akibat Kelebihan Vitamin B2

Akibat kelebihan vitamin B2 atau penggunaan secara overdosis dapat menimbulkan efek samping. Tentu vitamin apapun tidaklah boleh dikonsumsi berlebihan. Tubuh bisa mengalami keracunan. Tapi secara pasti gejala dan akibat kelebihan vitamin B2 adalah tekanan darah menjadi rendah, mengalami kelelahan, anemia atau kurang darah, mengalami mual dan muntah. Karena vitamin B2 juga sama seperti vitamin B1 yang larut dalam air, maka jika tubuh mengalami kelebihan vitamin B1 maka akan segera di dikeluarkan tubuh melalui keringat atau urin. Sehingga mengobati kelebihan vitamin B2 pada tahap awal tentu dengan mengkonsumsi air putih secara banyak untuk memicu penyerapan air dalam tubuh, melarutkan vitamin B2 dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui ginjal yang berupa urin. Biasanya kelebihan vitamin B2 akibat konsumsi dari suplemen vitamin B itu sendiri.

Mual dan Muntah

Mual dan muntah terjadi akibat kelebihan vitamin B2 bisa terjadi. Mual dan muntah terjadi akibat organ perut seperti lambung dan usus tidak mampu untuk menyerap vitamin B2 lebih banyak lagi. Karena vitamin B2 belum dikeluarkan dari tubuh. Untuk itu mual dan muntah terjadi. Belum lagi kelebihan vitamin B2 pada tubuh mengakibatkan tubuh menyimpan banyak vitamin B2 ini pada organ seperti hati dan ginjal. Sehingga malah menimbulkan keracunan dan berakibat mual dan muntah. Untuk itulah saat konsumsi vitamin B2 mulai berlebih ditandai mual dan muntah, segerakan menghentikan konsumsi vitamin B2. Baik dalam bentuk alami maupun suplemen.

Kelelahan

Lelah bisa ditimbulkan akibat kelebihan vitamin B2. Terjadi akibat konsumsi berlebih vitamin B2 namun tidak disertai banyaknya aktifitas. Karena vitamin B2 ini juga mampu untuk regernari energi pada tubuh. Sehingga saat tubuh menjadi kelebihan energi namun tidak digunakan, maka tubuh akan mengalami kelelahan. Vitamin B2 inilah yang membentuk molekul steroid. Yaitu molekul dimana digunakan untuk menambah tenaga pada atlit agar dapat mencapai pada batas-batas kemampuan tubuh untuk dapat melakukan kegiatan olahraga. Jika anda ingin mengkonsumsi vitamin B2 berlebih ada baiknya tidak disaat tubuh ingin beraktivitas rendah seperti tidur. Karena setelah bangun tidur nantinya, tubuh akan mengalami kelelahan yang cukup banyak karena metabolisme melalui respirasi pun terjadi cukup banyak.

Tekanan Darah Rendah

Gejala tekanan darah rendah yaitu pusing, mudah mengantuk, serta kelelahan. Gejala ini sangat erat dengan akibat kelebihan vitamin B2 sebelumnya diatas. Sehingga jika anda mengalami gejala diatas saat mengkonsumsi vitamin B2 maka dipastikan anda juga mengalami tekanan darah rendah. Sebabnya banyak sekali. Terutama adanya melemahnya otot pada jantung dan akibatnya darah yang mengalir pada tubuh menjadi sedikit karena jantung memompa lebih sedikit darah. Adanya pembekuan darah di pembuluh vena. Jika konsumsi vitamin B2 berlebih dapat mengakibatkan penggumpalan cairan (beri-beri), maka pembekuan darah pun bisa terjadi. Tekanan darah rendah juga dapat diakibatkan tubuh kurang mengkonsumsi garam dan kurangnya konsumsi air putih. Perlu juga sesekali meminum kopi untuk meningkatkan kinerja jantung. Kurangi konsumsi vitamin B2 jika tekanan darah rendah ini terus menerus dan menambah konsumsi makanan bergizi lainnya.

Dosis dan Kebutuhan Harian Vitamin B2

Kebutuhan vitamin B2 untuk dosis harian berbeda-beda tergantung dari usia penggunanya. Untuk bayi berusia 0 sampai 6 bulan adalah 0,3 mg vitamin B2. Untuk bayi usia 7 sampai 12 bulan adalah 0,4 mg vitamin B2. Untuk anak usia 1 sampai 3 tahun adalah 0,5 mg vitamin B2. Untuk anak  usia 4-8 tahun adalah 0,6 mg vitamin B2. Untuk anak-anak usia 9-13 tahun 0,9 mg vitamin B2. Untuk laki-laki diatas 14 tahun adalah 1,3 mg vitamin B2. Untuk wanita 14-18 tahun adalah 1 mg vitamin B2, untuk wanita diatas 18 tahun 1,1 mg vitamin B2 sedangkan untuk ibu hamil 1,4 mg vitamin B2 dan ibu menyusui 1,6 mg vitamin B2.

Lalu untuk pengobatan dengan vitamin B2 akibat defisiensi biasanya diberikan 5-30 mg vitamin B2. Untuk mengobati sakit kepala sebelah adalah 400 mg vitamin B2. Untuk mencegah katarak pada mata yaitu 2,6 mg vitamin B2 perharinya.

Akibat kelebihan vitamin B2 tetap ada dan bisa terjadi. Biasanya menggunakan suplemen vitamin B kompleks. Perlu diperhatikan untuk penanganan dini menggunakan air putih yang banyak agar vitamin B2 segera dikeluarkan tubuh melalui urin. Sehingga kelelahan, tekanan darah rendah, mual dan muntah bisa segera diatasi. Penuhi gizi lainnya untuk membantu Anda mendapatkan manfaat vitamin B2 tidak malah menjadi masalah kesehatan yang baru yang tentu tidak Anda inginkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Pin It

↑ Back to Top