Vitamin

informasi, berita, dan isu kesehatan seputar vitamin

Akibat Kelebihan Vitamin B6 (Piridoksin)

Pin It

Kekurangan vitamin B6 dapat menimbulkan berbagai penyakit. Namun kelebihan vitamin B6 pun juga dapat menimbulkan berbagai masalah pada tubuh. Masalah seperti kesemutan dan mati rasa, rendahnya koordinasi otot hingga kelumpuhan, sulit bernafas, alergi pada kulit, sakit kepala, kelelahan berat, iritasi saraf, kerusakan saraf dan perubahan psikis adalah akibat kelebihan vitamin B6. Pada artikel ini akan dibahas masalah pada tubuh tersebut satu persatu.

Kesemutan dan Mati Rasa

Kesemutan dan mati rasa terjadi saat diri kelebihan vitamin B6. Hal ini terjadi karena vitamin B6 berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu pembentukan sel darah merah. Saat terlalu banyak vitamin B6 maka tubuh terutama saraf akan mengalami iritasi. Sehingga mengalami kesemutan dan mati rasa. Kesemutan terjadi di kaki dan tangan. Karena saraf mengalami toksisitas terutama pada saraf tepi pada kaki dan tangan sehingga menimbulkan kesemutan dan mati rasa. Dengan menghentikan kelebihan vitamin B6 maka akan mengurangi kesemutan dan mati rasa.

Rendahnya Koordinasi Otot Hingga Kelumpuhan

Memang dengan kelebihan vitamin B6 dapat mempengaruhi kinerja saraf pada tubuh. Namun sebenarnya iritasi pada saraf tidak mempengaruhi indra peraba dan sentuhan pada tubuh. Lalu rendahnya koordinasi otot terjadi karena saraf yang menghubungkan otot yang bekerja semestinya menjadi tegang, kaku hingga menimbulkan kejang otot. Saat otot tidak dapat lagi dikoordinasikan maka tubuh akan mengalami kelumpuhan sementara. Tidak perlu pengobatan khusus karena mengurangi konsumsi vitamin B6 saja dapat membantu koordinasi otot kembali seperti dulu dan kelumpuhan bisa diatasi.

Sulit Bernafas

Selain saraf tepi yang menyebabkan kesemutan dan mati rasa, serta menyebabkan kejang otot hingga kelumpuhan, kelebihan vitamin B6 juga mengakibatkan seseorang mengalami sulit bernafas. Karena kelebihan vitamin B6 mengakibatkan saraf pada pernafasan terganggu. Sehingga nafas tidak dapat dikendalikan seperti normalnya. Penanganan terbaik tentu dengan bantuan medis. Karena tidak cukup hanya dengan mengurangi kelebihan vitamin B6 saja. Bisa jadi sebelum mengurangi kelebihan vitamin B6, pernafasaan semakin parah. Lebih banyak membuang oksigen daripada menghirupnya. Jika terlambat mendapatkan penanganan oleh medis, bisa jadi nafas terhenti.

Alergi Pada Kulit

Walaupun kasus ini jarang terjadi. Namun dengan kelebihan vitamin B6 bisa terjadi. Saat alergi kulit terjadi, kulit akan memerah dan saat digaruk menimbulkan iritasi dimana timbul bengkak berwarna merah. Kulit alergi ini juga mengalami kering dan bersisik. Jika terjadi lebih dari 3 hari lebih baik segerakan ke dokter. Karena selain dokter akan menyarankan Anda mengurangi vitamin B6, Anda juga akan mendapatkan obat untuk kulit yang luka dan diberikannya vitamin lainnya sebagai penyeimbang akibat kelebihan vitamin B6 namun kekurangan vitamin lainnya.

Sakit Kepala

Sakit kepala yang terasa ngilu dapat diakibatkan karena seseorang kelebihan vitamin B6. Keracunan vitamin B6 ini mengakibatkan sakit kepala dimana terjadi iritasi saraf disekitar kepala. Kemudian sakit kepala ini bisa sebagian (migrain) bisa seluruhnya. Bisa juga iritasi pada saraf yang mengontrol aliran darah ke kepala. Gejala ringannya tentu darah mengalami tekanan yang tinggi. Hingga tekanan darah tinggi ini mengakibatkan sakit kepala.

Kelelahan Berat

Saat tubuh mengalami kelelahan yang berkepanjangan atau benar-benar kelelahan dengan berat, maka Anda sedang mengalami kelebihan vitamin B6. Ditimbulkan dengan gejala kaki tidak tenang, diikuti sakit kepala sampai kram pada bagian-bagian tubuh. Akibat lainnya tidur pun menjadi tidak nyenyak karena kelelahan mengganggu untuk tubuh lebih rileks. Keracunan vitamin B6 akibat overdosis ini menimbulkan fungsi otot tidak teratur dan menyebabkan kelelahan berat.

Perubahan Psikis

Karena overdosis vitamin B6 mengakibatkan seseorang mengalami kelelahan berat. Sehingga asupan darah ke otak yang tidak stabil diikuti dengan gangguan zat kimia pada otak. Sehingga orang yang mengalami overdosis akan mudah tersinggung dan depresi. Dengan begitu kelebihan vitamin B6 dapat mengalami perubahan psikis seseorang. Banyak yang mengira bahwa dirinya akan mengalami gangguan mental atau jiwa. Padahal belum tentu demikian. Karena kelebihan vitamin B6 membuat seseorang kesulitan mengontrol emosinya akibat tubuh tidak mampu digerakkan sesuai yang diinginkannya.

Kerusakan Saraf

Kerusakan saraf pun terjadi akibat kelebihan vitamin B6. Hal ini lebih berbahaya dibandingkan iritasi saraf. Saat saraf mengalami iritasi, maka tubuh akan mengalami kesemutan, kejang otot, badan linu, sulit tidur. Berbeda dengan iritasi saraf, kerusakan saraf tentu sarafnya telah rusak. Bahkan dapat mengalami kelumpuhan total. Dimana saraf yang seharusnya bekerja dengan baik benar-benar rusak. Dengan mengurangi konsumsi vitamin B6 pun belum tentu dapat menyembuhkan kerusakan saraf yang sudah terjadi. Karena butuh waktu berbulan-bulan untuk dapat mengetahui apakah saraf yang rusak dapat difungsikan kembali. Walaupun tetap kasusnya banyak yang tidak bisa pulih sepenuhnya.

Dengan mempelajari akibat dari kelebihan vitamin B6 ini, Anda dapat mengetahui bahwa ternyata memang benar baik kekurangan ataupun kelebihan vitamin B6 tidaklah boleh sampai terjadi. Hindari overdosis vitamin B6 ini dengan cara mengkonsumsi saja makanan alami yang mengandung vitamin B6 tanpa harus mengkonsumsi suplemen vitaminnya. Jika perlu tetap datang ke dokter untuk penggunaan suplemen vitamin B6 atau tubuh mengalami gejala kekurangan vitamin B6.

Pin It

↑ Back to Top