Atasi Penyakit Pilek dengan Vitamin

Sama seperti artikel kami sebelumnya tentang penyakit batuk dan cara mengatasinya. Kali ini kami akan membahas tentang penyakit pilek dengan pengobatan konsumsi vitamin atau dengan cara alami. Penyakit pilek lebih banyak dialami masyarakat, baik anak-anak, sampai dewasa dikarenakan iklim di Indonesia yang musim kemarau dan penghujan membuat suhu sering berubah dengan drastis. Kekebalan tubuh tidak dapat menahan dari serangan virus pilek ataupun influenza. Bahkan kadang pilek disertai dengan demam tinggi. Bahkan aktivitas lebih terganggu saat terserang pilek dibandingkan yang hanya terserang batuk. Berikut diartikel ini akan dibahas mengenai penanganan penyakit pilek dengan vitamin yang bisa Anda temui sehari-hari.

Hindari Obat Generik, Beralihlah ke Vitamin

Memang bukan cara yang instan seperti meminum obat generic. Karena vitamin yang dikonsumsi dapat meningkatkan imunitas tubuh. Apa saja vitamin yang bisa Anda konsumsi selama menderita penyakit pilek? Pertama vitamin C. Buah paling mudah dijumpai yang banyak vitamin C adalah apel dan jeruk. Buah apel mengandung antioksidan yang cukup tinggi serta mengandung banyak vitamin C. Kemudian ada pula buah jeruk seperti jeruk bali. Ataupun jeruk pada umumnya yang mengandung banyak vitamin C untuk menjaga stamina dan imunitas tubuh. Lalu ada buah nanas. Dimana buah ini mengandung bromelain dimana aktif menekan batuk dan flu serta melonggarkan lendir pada tenggorokan. Lalu kedua ada vitamin E. Misalnya pada buah pepaya. Dimana vitamin E ini mengurangi tingkat kecenderungan peradangan pada tubuh. Karena pilek terkait erat dengan peradangan paru-paru ataupun sistem pernafasan lainnya.

Konsumsi suplemen juga cukup penting jika ternyata pemenuhan vitamin alami Anda tidaklah cukup dikarenakan Anda sendiri cukup sibuk untuk menjalankan kebiasaan hidup sehat. Hanya saja perlu diperhatikan agar mengkonsumsi vitamin suplemen ini dengan anjuran dokter dan petunjuk penggunaan pemakaiannya yang sesuai dengan kertas petunjuk pada kemasan. Suplemen vitamin biasanya lebih kompleks. Karena dalam satu tablet atau kapsul mengandung setidaknya 10 macam vitamin yang ada. Jika memang yang Anda beli kapsul multivitamin. Namun jika tidak, misalnya hanya ingin membeli suplemen vitamin C saja. Maka Anda hanya akan memenuhi dengan kebutuhan vitamin C harian Anda tapi tidak dengan vitamin lainnya.

Kekurangan penggunaan suplemen adalah Anda tidak akan mendapatkan manfaat serat alami dari buah dan sayur itu sendiri. Karena ada manfaat alami dari buah dan sayuran berupa zat alami yang tidak bisa direkayasa oleh produk suplemen. Kemudian kekurangan penggunaan suplemen adalah adanya zat kimia pengawet yang tidak bisa dihindari penggunaannya jika terus menerus. Zat pengawet ini dapat menimbulkan karsinogen.

Atasi Dengan Cara yang Lebih Sederhana

Banyak orang kurang berolahraga. Dan jatuh sakit. Itu jelas kan? Oleh karena itu perbanyaklah berolahraga. Minimal satu kali seminggu itu sangat cukup. Dengan durasi 30 menit sampai 2 jam di pagi hari di akhir pekan. Kemudian perbanyak minum air putih untuk menjaga diri dari dehidrasi. Lalu hindari mereka yang sedang terserang penyakit flu seperti penggunaan gelas yang sama, atau berada di lingkungan yang sama. Agar penyebaran virus pilek dan flu tidak semakin melebar. Perlu juga menjalankan diet. Dengan artian makan makanan bergizi dan hindari banyak lemak dan junk food. Terakhir tentu untuk mendapatkan tubuh yang sehat perlu istirahat yang cukup, jangan terlalu memforsir diri bekerja atau bermain. Karena tubuh juga butuh istirahat.

Jika Anda ingin mengetahui sumber alami vitamin C dan vitamin E, Anda bisa membaca artikel kami yang lain Sumber Vitamin C dan Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin E. Semoga konsumsi vitamin dan panduan penggabungan tips di artikel ini bisa membantu Anda menjaga kesehatan dengan lebih baik lagi.

Be the first to comment on "Atasi Penyakit Pilek dengan Vitamin"

Leave a comment