Awas Kekurangan Vitamin B2 Sebabkan Kulit Berminyak!

Defisiensi vitamin memang sering terjadi pada masyarakat di Indonesia. Terutama pada saat pola makanan yang dimakan tidak bervariasi. Sehingga seseorang mengalami defisiensi vitamin. Walaupun tidak parah biasanya jika hidup di perkotaan dibandingkan di pedesaan. Kurang sayur, kurang buah, merupakan hal yang sering dialami jika pola makanan tidak sehat. Sering memakan makanan instan, sering memakan makanan cepat saji atau malah sengaja menghindari sayur dan buah. Lalu ternyata kekurangan vitamin B2 bisa menyebabkan kulit berminyak. Akan dibahas pada artikel ini tentang kekurangan vitamin B2 ini dan kulit berminyak.

Manfaat Vitamin B2 (riboflavin) Bagi Kulit

Diketahui bahwa manfaat dari riboflavin adalah vitamin yang berfungsi untuk perbaikan dan perumbuhan sel-sel pada tubuh. Sehingga mampu menjaga kesehatan jaringan pada tubuh. Vitamin B2 ini menjaga kesehatan jaringan dengan cara mempercepat penyembuhan luka. Lalu bagaimana hubungannya dengan kulit? Bermanfaat bagi kulit karena vitamin B2 ini meningkatkan pengeluaran lendir pada kulit lalu membersihkan rosacea. Inilah yang membantu mengatasi masalah kulit seperti dermatitis dan eksim. Sehingga bagi Anda yang mengalami masalah pada kulit, rutinlah mengkonsumsi vitamin B2 agar kulit tampak lebih sehat. Biasanya dalam suplemen atau pelembab kulit, vitamin B2 ini sudah terkandung didalamnya. Lalu bagaimana manfaatnya dengan kulit berminyak?

Kulit Berminyak Karena Kekurangan Vitamin B2

Saat tubuh kekurangan vitamin B2, memang gejala paling mudah diketahui adalah dengan adanya perubahan pada kulit. Seperti kulit menjadi bersisik, kering, bahkan berminyak. Karena selaput lendir pada kulit tidak bekerja sebagaimana mestinya saat tubuh tidak mendapatkan vitamin B2 yang cukup. Bisa dilihat pada kuku tangan dan kaki juga. Bagi yang merasa kuku tangan dan kaki mengalami masalah yang tidak biasanya, bisa ditandai dirinya sedang mengalami kekurangan vitamin B2. Karena peran pentingnya juga dalam pembentukan sel darah merah, sehingga nutrisi yang dibawa sel darah merah untuk bisa sampai diterima kulit pun berkurang. Inilah mengapa kulit berminyak bisa terjadi. Kulit mengeluarkan minyak dari kelenjarnya karena merespon keadaan lingkungan yang tidak baik untuk melindungi kulit. Karena mencegah juga dari kulit bersisik, kasar, dan mudah terluka. Jadi hal ini wajar, namun lebih baik ditanggulangi dengan mengkonsumsi vitamin B2. Produksi minyak berlebih pada kulit juga menciptakan rasa terlalu panas pada tubuh.

Gejala Kekurangan Vitamin B2

Gejala kekurangan vitamin B2 yang berhubungan dengan kulit sudah dijelaskan diatas. Namun ada gejala lain yang perlu Anda juga ketahui. Lelah dan lemas. Hal ini umum terjadi bagi Anda yang kekurangan vitamin B, termasuk kekurangan vitamin B2. Karena vitamin B fungsi utamanya sebagai pembentukan energi dari karbohidrat, protein dan lemak yang telah dikonsumsi masuk ke dalam tubuh. Sehingga jika kekurangan vitamin B2 tanda-tandanya tentu kekurangan energi untuk beraktivitas.

Kemudian gejala awal lainnya ditandai dengan adanya kerusakan pada sudut mulut berupa luka kecil dan sakit tenggorokan. Banyak orang yang salah menafsirkan bahwa gejala ini merupakan gejala panas dalam dan sariawan. Padahal gejala ini menandakan tubuh sedang mengalami kekurangan vitamin B2. Jika kekurangan vitamin B2 ini terus dibiarkan, maka tubuh akan mengalami dampak seperti gangguan pada mata, termasuk mata merah, perih, sensitivitas tinggi terhadap cahaya. Agar tidak menjadi semakin parah, tanggulangi dulu sejak dini menggunakan suplemen vitamin B2, setelah itu konsultasikan ke dokter jika masih berlanjut.

Makanan Kaya Vitamin B2

Makanan yang kaya mengandung vitamin B2 cukup banyak. Misalnya daging hati hewan mengandung vitamin B2 sebanyak 4 mcg sebanyak takaran 100 gramnya. Kemudian ada paprika, cabai kering yang mana mengandung vitamin B2 sebanyak 2 mcg dalam takaran 100 gram. Padahal kita ketahui 2 tanaman itu lebih banyak mengandung vitamin C, ternyata mengandung vitamin B2 juga. Kacang-kacangan pun juga mengandung vitamin B2. Seperti kacang almond dan kacang edamame. Kacang almond mengandung 1 mcg vitamin B2 dalam takaran 100 gramnya. Sedangkan kacang edamame mengandung vitamin B2 sebanyak 0,7 mcg dalam takaran 100 gramnya.

Selain itu masih ada lagi? Tentu. Seperti keju murni. Ya, keju murni mengandung banyak vitamin B2. Yaitu dalam takaran 100 gram penyajian, keju mengandung vitamin B2 sebanyak 0.5 mcg. Namun penggunaan keju berlebihan tidak dianjurkan karena mengandung kolesterol yang tinggi. Kemudian ada gandum yang juga mengandung vitamin B2 dalam takaran 100 gramnya mengandung vitamin B2 sebanyak 0,6 mcg. Selain itu juga daging ikan mengandung banyak vitamin B2. Seperti ikan tenggiri, ikan salmon, ikan forel adalah beberapa jenis ikan yang mengandung cukup tinggi vitamin B2. Dari banyak sumber vitamin B2 yang telah disebutkan diatas, setidaknya Anda dapat memenuhi konsumsi vitamin B2 dengan baik.

Overdosis Vitamin B2

Kebutuhan per hari dari konsumsi vitamin B2 adalah untuk pria dewasa mengambil 1,7 mcg perhari sedangkan untuk wanita dewasa mengambil 1,3 mcg perharinya. Lalu apakah mungkin terjadi overdosis dalam mengkonsumsi vitamin B2? Bisa saja, namun karena vitamin B2 termasuk vitamin yang larut dalam air, maka saat berlebihan mengkonsumsi vitamin B2, akan dikeluarkan melalui urin. Bagi tubuh saat kekurangan vitamin B2, maka diharuskan bagi Anda agar mengkonsumsi banyak air untuk mempermudah pembuatan urin agar meringankan kinerja dari ginjal.

Be the first to comment on "Awas Kekurangan Vitamin B2 Sebabkan Kulit Berminyak!"

Leave a comment