Ayo Jangan Gengsi Minum Susu!

Sejak kecil, banyak orang tua yang sudah mendidik anaknya untuk bisa minum susu. Setidaknya didikan ini benar walaupun tidak sepenuhnya benar jika beranjak dewasa, susu mulai ditinggalkan. Padahal susu merupakan sumber alami vitamin D yang paling mudah didapatkan. Pemenuhan gizi dengan susu penting karena kita diajarkan untuk memenuhi makanan sehat dengan jargon “4 sehat 5 sempurna” untuk itu agar diri tetap sehat hingga tua, penting untuk dapat terus mengkonsumsi susu. Artikel ini akan membahas fenomena unik seputar susu dan perkembangannya di masyarakat Indonesia.

Susu dan Vitamin D? Berapa Gelas Perhari?

Ya, susu memang identik dengan vitamin D dan kalsium. Itu berarti susu layaknya multivitamin yang bisa diminum setiap hari dan aman. Untuk anak-anak sendiri, dua gelas susu perhari sangat cukup membantu pemenuhan gizi vitamin D-nya, sehingga pertumbuhan tinggi badan anak bisa optimal. Vitamin D erat kaitannya dengan tulang. Tentu membantu penyerapan kalsium dalam tubuh sehingga tulang dan gigi tumbuh optimal.

Bagaimana dengan kebutuhan susu orang dewasa? Sekarang ini banyak produk susu untuk orang dewasa. Tentu kebutuhannya pun disesuaikan dengan takaran yang ada. Jika susu murni, 2-3 gelas perhari cukup. Tapi untuk susu produk dari pabrik cukup 1 gelas perhari. Kembali lagi tergantung dari kandungan susu itu sendiri. Perbedaan susu orang dewasa dan anak-anak jelas ada. Sehingga dihindari untuk mengkonsumsi susu anak-anak pada orang dewasa dan juga sebaliknya. Karena kandungan gizi berbeda dapat menimbulkan efek vitamin yang belebihan ataupun kekurangan.

Pemenuhan susu yang cukup dapat meningkatkan kadar vitamin D dalam darah dan mengurangi kadar zat besi dalam darah. Selain juga meningkatkan asupan kalsium untuk tulang. Membiasakan minum susu juga berdampak pada anak mencegahnya terlalu sering minum minuman olahan yang tidak baik. Seperti terlalu banyak soda, pemanis buatan, dan lainnya. Kebiasaan sehat inilah yang dapat dibawa hingga dewasa nanti.

Susu dan Juga Café Khusus Susu

Inilah mengapa susu di zaman sekarang ini menjadi penting. Setelah cukup lama bertahun-tahun kurangnya terobosan susu untuk orang dewasa, maka sekarang mulai banyak produk susu untuk orang dewasa. Bahkan ada yang untuk lanjut usia. Lalu adanya juga fenomena bisnis café susu. Dimana menyediakan baik susu olahan produk dan dijual kembali berupa minuman di café sampai benar-benar menjual produk susu murni dari sapi ataupun kambing.

Fenomena ini telah banyak terjadi di kota besar di Indonesia. Dengan begitu kesadaran akan minum susu sudah mulai kembali berubah. Pandangan buruk bahwa susu adalah citranya anak-anak kini bergeser. Sehingga tidak lagi ada gengsi yang muncul saat orang dewasa minum susu karena telah dibalut gaya hidup café yang cukup menarik. Banyak dari fenomena ini akhirnya diambil kesempatannya agar dapat membuka bisnis sejenis yang lebih menarik.

Gaya hidup sehat pada akhirnya di Indonesia lebih diperhatikan sekarang ini. Bahkan cocoknya minum susu bagi orang dewasa ternyata dapat memperlambat kepikunan. Sedangkan ibu hamil dan calon bayinya dimana minum susu bagi ibu hamil dapat mencegah sang anak tumbuh autisme. Pencegahan kedua hal penyakit itu adalah karena vitamin D banyak terkandung di dalam susu. Lebih sehat tanpa asupan vitamin buatan, konsumsi susu lebih sering itu lebih baik. Ternyata minum susu lebih sehat kan dari pada harus gengsi.

Be the first to comment on "Ayo Jangan Gengsi Minum Susu!"

Leave a comment