Sumber Vitamin B1

Sumber vitamin B1 ternyata banyak terdapat pada kacang-kacangan. Meskipun terdapat juga pada sayuran hijau dan biji-bijian, daging maupun susu. Pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut makanan apa saja yang bisa anda makan sebagai makanan alami untuk pemenuhan kebutuhan vitamin B1. Sebelumnya akan kami jelaskan secara singkat tentang vitamin B1 ini. Vitamin B1 ini adalah vitamin yang larut dalam air. Vitamin B1 atau tiamin terdiri atas cincin thiazola dan cincin pirimidina yang dihubungkan dengan jembatan metilen. Turunannya fosfat ikut serta dalam banyak proses sel. Tiamin ini disentesa dalam tanaman. Sehingga makan sayur merupakan langkah tepat untuk pemenuhan dalam kebutuhan vitamin B1.

Tidak hanya itu, daging yang didapatkan dari hewan karena banyak hewan seperti sapi, kambing juga memenuhi kebutuhan makan mereka dengan tumbuhan hijau. Sehingga hasil daging untuk konsumsi manusia dari daging hewan ini juga banyak mengandung vitamin B1. Untuk vitamin B1 yang dari hewan, Anda bisa mengkonsumsi hati sapi, hati domba, kuning telur, ikan. Untuk vitamin B1 dari sayuran Anda bisa mengkonsumsi kubis, bayam, bawang putih, tomat, wortel, jagung. Bahkan juga banyak makanan olahan yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin B1 anda.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan ini anda bisa mengkonsumsi kacang brazil, kacang tanah, kacang merah, kacang ercis, dan kacang panjang. Selain kacang yang disebutkan itu, ternyata ada kacang hijau yang juga mengandung vitamin B1 yang cukup tinggi. Bahkan dengan berbagai macam oalahan kacang hijau di Indonesia lebih memudahkan pemenuhan kebutuhan vitamin B1 ini. Jika Anda mencari seperti kacang brazil dan kacang ercis mungkin lebih sulit jika Anda tidak membelinya di supermarket terkenal. Untuk itu kacang hijau bisa menjadi solusinya.

Kacang ini banyak mengandung serat, tinggi protein, rendah karbohidrat, mengandung asam lemak esensial, rendak lemak, serta kaya vitamin. Karena kacang hijau ini mengandung vitamin B1 dan asam folat yang tinggi. Diketahui dalam 100gr kacang hijau terdapat 0,2 mg vitamin B1. Bahkan sudah diteliti mengandung banyak sekali kandungan vitaminnya termasuk vitamin B kompleks. Seperti vitamin B6, riboflavin, asam panthothenat, dan niasin. Untuk itu tidak ada salahnya anda mengkonsumsi kacang-kacangan untuk pemenuhan vitamin B1 anda dengan lengkap. Pilihlah olahan kacang yang anda sukai.

Sayur-sayuran

Bayam adalah salah satu sayuran yang banyak mengandung vitamin B1. Bahkan khasiatnya banyak sekali sepeti anti-inflamasi, mengurangi resiko kardiovaskuler, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah osteoporosis, mencegah diabetes, mencegah anemia, meningkatkan kualitas penglihatan, dan mengobati pendarahan gusi. Selain sayuran bayam, bawang putih yang biasanya digunakan dalam bumbu masakan pun juga banyak mengandung vitamin B1.

Bawang putih ternyata mampu mengobati mata dengan nutrisinya pada mata, mengandung vitamin C, baik untuk kulit dan mampu mencegah stoke, ternyata juga mengandung vitamin B1. Tomat salah satu sayuran lain yang bisa anda konsumsi juga karena mengandung vitamin B1. Bahkan sayuran tomat ini dapat membantu mencegah penggumpalan darah, usus buntu, serta kanker prostat.

Daging

Daging yang bisa dikonsumsi yang tentu mengandung vitamin B1 adalah daging hati sapi, hati domba, dan daging ikan. Hati sapi misalnya. Bagian tubuh sapi yang berasal dari hati ini ternyata bisa dikonsumsi. Biasanya digunakan sebagai bahan makanan sambal goreng. Dapat dikonsumsi dengan manfaat untuk penyembuhan sehabis sakit dan ibu hamil. Bahkan terdapat zat yang mampu mengoptimalkan kinerja perkembangan otak. Selain itu juga ada daging ikan. Untuk ikan yang banyak mengandung vitamin B1 ternyata ada satu ikan yang benar-benar mengandung vitamin B1 yaitu ikan cod. Biasanya diambil hatinya dan dijadikan minyak ikan cod. Karena banyak sekali mengandung vitamin A, D, dan B1 serta kalsium. Bahkan bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Selain daging anda juga bisa mengkonsumsi susu. Seperti susu susu kedelai dan susu sapi. Susu kedelai maupun sapi banyak mengandung vitamin. Tentu vitamin B1 juga termasuk. Susu sapi saja mampu mencegah asam urat. Bahkan jika anda kesulitan mengkonsumsi ikan cod atau minyak ikan cod, susu sapi bisa menjadi penggantinya. Sedangkan susu kedelai bisa menjadi pelengkap apalagi bagi anda yang dalam masa program diet. Susus kedelai mampu menurunkan berat badan. Bahkan bisa mencegah kenker prostat dan osteoporosis.

Makanan lain olahan yang mampu untuk memberikan anda vitamin B1. Seperti sereal, lentil, oatmeal, pecan, roti, nasi putih, kentang, dan lainnya. Lentil merupakan olahan kacang-kacangan. Antara kacang merah dan kacang hijau. Pengolahan untuk lentil sebagai makanan modern sudah banyak dilakukan. Seperti sereal, lentil bisa digunakan sebagai pelengkap dalam roti, sup, atau salad. Sereal seperti jenis oatmeal juga dapat membantu dalam pemenuhan vitamin B1.

Penuhilah sumber makanan vitamin B1 anda. Karena kebutuhan vitamin B1 biasanya dipenuhi dengan maksimal sebanyak 400 mg sehari. Untuk kebutuhan sehari-hari baik pria, wanita, bahkan ibu hamil biasanya hanya mencapai 100 sampai 300 mg sehari. Untuk itu penuhilan kebutuhan vitamin B1 anda agar mudah menjalankan aktivitas karena vitamin B1 juga mengkonversi karbohidrat menjadi energi untuk anda.

Be the first to comment on "Sumber Vitamin B1"

Leave a comment