Sumber Vitamin B2


Sumber vitamin B2 yang bisa kita konsumsi dari mana ya? Pada artikel ini, pertanyaan sejenis akan terjawab disini. Sumber makanan yang mengandung vitamin B2 bisa bersumber dari sayuran hijau, kacang-kacangan, daging-dagingan, susu dan olahannya, dan sereal dari tepung gandum. Sumber makanan itu seperti almond, brokoli, bayam, susu, telur, sapi, salmon, asparagus, keju, roti, ragi kering, sayuran, ikan, biji-bijian, yoghurt, kacang kedelai, jamur, ayam, bebek, daging, hati, ginjal, jantung. Dari banyak sumber makanan diatas akan dibahas satu persatu disini.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang bisa dikonsumsi untuk menambah konsumsi vitamin B2 anda adalah asparagus, brokoli, bayam. Brokoli misalnya. Sayuran hijau ini mengandung banyak vitamin dan mineral untuk tubuh. Menurut kandungan gizi yang terkandung pada brokoli, terdapat beberapa vitamin seperti vitamin A mengandung 228.07 RE, vitamin B1 mengandung 0.09 mg, vitamin B2 mengandung 0.18 mg dan masih banyak lagi vitamin yang terkandung di dalam brokoli. Sayangnya kandungan B2 memang yang terkecil dari semua kandungan vitamin pada brokoli. Sayuran ini bisa ditemui di Indonesia dengan mudah. Karena brokoli sendiri bisa tumbuh subur di daerah yang beriklim dingin dan lembab seperti perbukitan di Bogor atau Bandung.

Jika pada Asparagus kandungan gizi vitamin dan mineralnya yaitu vitamin B1 mengandung 0.143 mg, vitamin B2 mengandung 0.141 mg, vitamin B3 mengandung 0.978 mg, vitamin B5 mengandung 0.274 mg, vitamin B6 mengandung 0.091 mg. Selain asparagus, bayam juga mengandung banyak vitamin yaitu vitamin A mengandung 6.090 IU, vitamin B1 mengandung 0.08 mg, vitamin B2 mengandung 0.189 mg. Kandungan diatas bagi semua sayuran yang telah disebutkan adalah kandungan pada takaran setiap 100 gr.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga banyak mengandung gizi. Walau bentuknya yang renyah ketika dimakan karena hasil olahan masakan, kacang juga memiliki kandungan vitamin B2 yang dibutuhkan oleh tubuh. Sumber makanan ini adalah kacang kedelai. Kacang ini mengandung gizi seperti vitamin A mengandung 1 mg, vitamin B mengandung 407 mikrogram, vitamin C mengandung 6.0 mg, vitamin K mengandung 47 mg. Kacang kedelai ini banyak manfaatnya jika anda ingin mengkonsumsinya. Bahkan mampu mengontrol kolesterol seseorang. Karena kacang kedelai ini mengandung asam amino glisin dan argimin sehingga hormone insulin dan glukogen dapat ditingkatkan dalam tubuh. Kemudian lemak bisa dikontrol dan kolesterol dapat dikontrol dengan mengkonsumsi kacang kedelai.

Daging-dagingan

Daging sepeti daging ayam, daging bebek, mengandung banyak vitamin termasuk vitamin B2. Daging ayam tidak semuanya mengandung vitamin yang cukup untuk tubuh. Kalaupun cukup ada bagian tubuh dari ayam yang lain yang bisa dikonsumsi yang lebih banyak mengandung vitamin daripada bagian tubuh yang lain. Seperti daging hati ayam mengandung lebih banyak vitamin A, B1, B2, C dan mineral lainnya. Untuk daging bebek kandungan vitamin lebih banyak vitamin yang terkandung secara jelas. Seperti vitamin B2 ternyata dalam 100 gram daging bebek mengandung 0.5 mg vitamin B2 atau setara pemenuhan 28% kebutuhan tubuh harian. Untuk vitamin lain seperti vitamin B1 mengandung 0.3 mg atau setara 17% kebutuhan tubuh harian. Dan masih banyak kandungan vitamin B kompleks lainnya yang banyak terkandung di daging bebek. Jadi jangan punya persepsi buruk akan daging-dagingan karena tetap saja daging memiliki banyak manfaat jika diolah dengan benar.

Susu dan Olahannya

Susu ternyata mengandung vitamin lebih banyak vitamin B2 dibandingkan vitamin lainnya. Namun pada olahannya seperti susu bermerek tentu kandungan vitaminnya lebih diseimbangkan. Sedangkan olahannya seperti es krim yang mana digemari banyak orang tidak selalu berdampak buruk. Karena bahan dasar utama es krim tetaplah susu sehingga kandungan vitamin B2 tetap ada pada es krim. Keju juga merupakan olahan dari susu. Kandungan keju juga mengandung vitamin B2 yaitu sebesar 0.5 mg. Sehingga bisa dijadikan konsumsi pendamping atau pelengkap sehari-hari untuk pemenuhan vitamin B2.

Olahan lainnya seperti mentega juga banyak mengandung vitamin. Namun mentega banyak dihindari banyak orang dalam konsumsi hariannya karena mentega ini mengandung lemak. Karena memang bahan dasar margarin atau mentega adalah susu dimana susu juga mengandung lemak. Lemak pada mentega ini berasal dari asam laurat, asam butirat, asam linoleat. Sehingga jumlah asam lemak jenuh hampir mendekati 50% dari kandungan keseluruhan mentega.

Apa kandungan vitaminnya ada? Termasuk vitamin B2? Tentu. Karena bahan dasarnya adalah susu, tentu tetap mengandung vitamin seperti vitamin pada susu. Jika pada mentega bermerek kandungan vitamin ini tertakar dalam persen. Tidak dalam kandungan gram. Sehingga tidak diketahui berapa banyak jumlah gram yang terkandung dalam mentega. Misalnya pada mentega yang memiliki takaran 250 mg memiliki kandungan vitamin A sebesar 25%, kandungan vitamin B1 sebesar 15%, kandungan vitamin D sebesar 35%, kandungan vitamin E sebesar 20%, dan kandungan niasin sebesar 20%.

Setelah anda mengetahui ternyata banyak sekali kandungan vitamin B2 yang tersebar di beragam jenis makanan, maka dengan mudah anda mencari sumber makanan ini sehingga kebutuhan pemenuhan gizi anda tidak akan terganggu.

Back to Top