Buah yang Mengandung Vitamin B

Buah-buahan adalah bagian penting dari diet yang sehat karena buah mensuplai beberapa zat gizi kunci seperti vitamin C dan potasium. Makanan bergizi ini juga mengsuplai jumlah yang bervariasi dari 8 vitamin B yang dibutuhkan untuk pembentukan energi. Buah-buahan yang mengandung vitamin B memiliki kandungan yang berbeda-beda dimana tergantung dari jenis buahnya, dan beberapa buah merupakan sumber yang lebih baik daripada buah yang lain.

buah yang mengandung vitamin b

Buah yang mengandung vitamin B – Photo Credit Creatas Images/Creatas/Getty Images

Vitamin B1 (Thiamin) untuk Berpikir

Thiamin atau vitamin B1 merupakan zat gizi yang sangat penting terhadap fungsi otak dan berperan dalam transmisi impuls saraf ke seluruh tubuh. Wanita membutuhkan 1,1 miligram perhari, sedangkan pria membutuhkan 1,2 miligram. Padi-padian fortifikasi, daging, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah sumber terbaik dari thiamin. Enam ons per takaran saji jus jeruk bali mengandung 0,3 miligram, yang mana merupakan 27 persen dari kebutuhan harian wanita dan 25 persen untuk kebutuhan harian pria. Jus nanas dan jeruk juga mengandung sedikit thiamin.

Vitamin B2 (Riboflavin) untuk Sel Darah Merah

Wanita membutuhkan 1,1 miligram riboflavin (vitamin B2) setiap hari, dan laki-laki membutuhkan 1,3 miligram. Vitamin ini sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Telur, daging, produk susu, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau adalah makanan sumber riboflavin terbaik, tetapi beberapa buah-buahan juga mengandung sedikit riboflavin. Satu cangkir plum, sebagai contoh, mengandung 0,25 miligram, — 23 persen dari angka kecukupan gizi wanita dan 19 persen untuk pria. Jus anggur, juz plum, jus jerukbali dan kismis juga mengandung dosis yang kecil.

Asam Pantotenat untuk Produksi Hormon

Asam pantotenat yang juga disebut vitamin B5 membantu tubuh memproduksi dan melepaskan hormon secara alami. Asupan asam pantotenat yang dibutuhkan adalah 5 miligram perhari. Daging, telur, kentang, dan sayuran berdaun hijau adalah sumber asam pantotenat. Lima ons per takaran saji jus jeruk bali mengandung 1,3 miligram dari zat gizi ini, yang merupakan 26 persen dari kebutuhan harian.

Vitamin B6 untuk Otak dan Darah

Otak dan darah banyak bergantung pada vitamin B6, dimana orang dewasa membutuhkan antara 1,3 dan 1,7 miligram perhari. Tergantung pada usia. Pisang ukuran sedang mengandung 0,4 miligram, dan 1/2 cangkir per takaran saji kismis mengandung 0,1 miligram. Semangka adalah sumber buah lain dari vitamin B6.

Yang Mengandung Sedikit Vitamin B

Beberapa buah mengandung sedikit jumlah vitamin B dan bukan sumber yang signifikan. Biotin yang juga dikenal sebagai vitamin B7 berperan penting dalam pertumbuhan manusia, dimana asupan yang cukup untuk orang dewasa adalah 30 microgram perhari. Pisang, jus jeruk, raspberi, dan stroberi juga mengandung sedikit biotin.

Asam Folat yang juga disebut sebagai vitamin B9, berperan sangat penting dalam pembentukan DNA dan pembelahan sel, sehingga menjadi penting selama masa kehamilan. Orang dewasa membutuhkan 400 microgram dari folat setiap hari, dan wanita hamil membutuhkan dosis 600 microgram perhari. 3/4 cangkir per takaran saji jus jeruk mengandung 35 microgram, dan satu jeruk kecil mengandung 29 microgram. Pepaya, pisang, dan belewa adalah juga merupakan buah-buahan yang mengandung folat.

Untuk vitamin B12, tidak ada buah yang mengandung vitamin B ini. Yang mana hanya ditemukan pada produk hewani dan makanan fortifikasi.