Cara Mempercepat Penyerapan Suplementasi Vitamin A

Alasan banyaknya kapsul suplemen vitamin A yang beredar di Indonesia disebabkan karena komposisi suplemen vitamin A memang berbeda-beda. Terkadang ada suplemen vitamin A yang terisi oleh komposisi vitamin lain seperti vitamin B dan Vitamin C. Ada juga penyerapan suplementasi vitamin ini lebih disebabkan keadaan tubuh sehingga percepatan penyerapannya pun terganggu. Pada artikel ini akan dibahas tentang cara mempercepat penyerapan suplementasi vitamin A ke dalam tubuh. Sehingga tidak ada vitamin A yang terbuang sia-sia.

Suplemen Vitamin A dan Makanan Berlemak

Suplemen vitamin A juga berpengaruh pada makanan berlemak. Karena makanan berlemak membuat vitamin A yang masuk dalam tubuh ikut larut. Jika kekurangan makanan berlemak dalam makanan sehari-hari, maka tubuh akan lebih sulit menyerap vitamin A yang sudah dikonsumsi dalam tubuh. Makanan berlemak tidaklah sebatas pada yang kita kenal sebagai makanan berlemak jenuh dan bersifat merugikan. Seperti pada lemak susu ternyata malah mengandung banyak vitamin A. Seperti pada keju, mentega, ternyata merupakan pembawa vitamin A yang baik untuk tubuh. Tentu mengkonsumsi keju setiap hari dalam jumlah besar pun akan membuat Anda lebih mudah mual. Jadi ada baiknya Anda sedikit mengkonsumsi makanan berlemak namun tetap mengkonsumsi suplemen vitamin A.

Suplementasi Vitamin A dengan Bantuan Vitamin E

suplementasi vitamin a

Image courtesy of Getideaka/ FreeDigitalPhotos.net

Mengkonsumsi vitamin A dan vitamin E secara bersamaan ternyata dapat membuat vitamin A cepat larut dan masuk dalam metabolisme tubuh. Bagaimana bisa demikian? Fungsi dari vitamin E sendiri adalah untuk membantu sirkulasi darah ke otak dan menyeimbangkan fungsi otak. Dengan mengkonsumsinya maka suplemen vitamin A sebelumnya yang dikonsumsi dapat segera di serap di usus dan diantarkan melalui pembuluh darah ke otak kemudian ke organ mata. Selain itu juga karena vitamin E juga larut dalam lemak. Sehingga memudahkan aliran penyerapan vitamin A kedalam aliran darah. Mendeteksi adanya kekurangan dalam penyerapan vitamin A ini dalam darah tentu dengan cara memberikan suplemen vitamin A dan melihat reaksi tubuh. Jika saat pemberian suplemen vitamin A pada saat mengalami gejala kekurangan vitamin A dan tidak kunjung membaik, maka Anda mengalami masalah dalam penyerapan vitamin A dalam tubuh.

Suplementasi Vitamin A dengan Bantuan Zinc

Mempercepat penyerapan vitamin A dengan zinc juga bisa anda lakukan. Dengan mengkonsumsi suplemen vitamin A bersama dengan suplemen zinc, tubuh akan tetap menyerap keduanya bahkan secara optimal. Ini berbanding lurus ketika kita mengalami defisiensi zinc diikuti dengan defisiensi protein. Karena cadangan vitamin A ini disimpan di hati dan kekurangan konsumsi zinc dan protein menyebabkan penyerapannya melalui usus berkurang hingga cadangan vitamin A itu digunakan dan mengalami defisiensi vitamin A juga. Jadi konsumsilah zinc saat Anda juga ingin mengkonsumsi suplemen vitamin A untuk penyerapan yang maksimal.

Suplementasi Vitamin A Bagi Perokok

Bagi mereka yang kebiasaan merokok, terkadang kecenderungan kekurangan vitamin A karena kebiasaan tidak mengkonsumsi makanan yang sehat. Karena kecenderungan merokok mampu menahan daya lapar lebih lama dibandingkan yang tidak merokok. Sehingga banyak perokok lebih memilih makan makanan instan dibandingkan yang bergizi yang banyak mengandung vitamin. Jadi berhentilah merokok untuk memaksimalkan penyerapan suplemen vitamin A ke dalam tubuh. Jangan beranggapan bahwa mengkonsumsi multivitamin dan juga merokok dapat mengantisipai radikal bebas yang terjadi. Karena penelitian menunjukkan hal itu tidaklah benar.

Suplemen Vitamin A dan Obat Pencahar

Suplemen vitamin tidaklah tepat digunakan bersamaan dengan obat pencahar. Fungsi obat pencahar adalah mengatasi konstipasi atau sembelit. Dimana seseorang menderita susah buang air besar. Dengan mengkonsumsi pencahar sebelum tidur, tidak hanya membuang isi perut dan membuat pengeluaran feses menjadi lebih mudah. Tapi juga membuang zat yang bisa diserap oleh tubuh seperti mineral dan vitamin. Untuk itulah mengapa saat mengkonsumsi obat pencahar tidak perlu mengkonsumsi suplemen vitamin A. Waspadalah juga dengan konsumsi obat pencahar yang tidak tepat dapat menimbulkan dehidrasi dan kekurangan vitamin karena usus tak mampu menyerap gizi yang telah dimakan ke dalam tubuh.

Suplemen Vitamin A dan Obat-obatan Jenis Antasida

Ternyata tidak semua obat dapat memacu kebutuhan vitamin dalam tubuh. Karena penggunaan obat ini dapat menurunkan kadar vitamin A dan Vitamin B1. Antasida adalah jenis obat pereda nyeri lambung atau maag. Sehingga penyerapan vitamin A akan terganggu saat antasida ini bekerja untuk menetralkan asam lambung berlebih. Karena konsumsi obat antasida ini mampu menciptakan dua kondisi tubuh yaitu tubuh menjadi sembelit atau tubuh mengalami kemudahan buang air besar (menjadi obat pencahar). Dari dua kondisi diatas disarankan tidak mengkonsumsi terlebih dahulu suplemen vitamin A untuk menghindari gagalnya penyerapan vitamin oleh tubuh.

Suplemen Vitamin A dan Alkohol

Alkohol selain tidak baik bagi kesehatan tubuh ternyata juga mempengaruhi tingkat kecepatan penyerapannya terharap vitamin. Penggunaan alkohol berlebih dapat mengganggu sistem pencernaan. Sehingga penyerapan vitamin pun terganggu di usus akibat banyaknya alkohol didalamnya. Belum lagi jika alkohol sudah masuk ke dalam pembuluh darah, dapat mengurangi asupan pembawaan vitamin A ini menuju organ mata dan otak. Sehingga keoptimalan fungsi vitamin A menjadi terganggu.

Itulah hal yang harus Anda perhatikan dalam mengkonsumsi suplemen vitamin A. Dengan memperhatikan hal diatas, anda dapat memaksimalkan penggunaan suplemen vitamin A untuk tubuh anda.

Be the first to comment on "Cara Mempercepat Penyerapan Suplementasi Vitamin A"

Leave a comment