Vitamin

informasi, berita, dan isu kesehatan seputar vitamin

Akibat Kelebihan Vitamin A

Pin It

Jika banyak dari pembaca yang sering membaca tentang bagaimana tubuh sering mengalami kekurangan vitamin A. Padahal tubuh sendiri membutuhkan vitamin A secara rutin layaknya vitamin lain dalam tubuh ini. Namun ada juga kasus kelebihan vitamin di masyarakat. Salah satunya kelebihan vitamin A ini.

Gejala-gejala kelebihan vitamin A dan akibat kelebihan vitamin A yang mulai banyak dimasyarakat karena kelebihan dosis vitamin A baik secara harian ataupun berkelanjutan hingga berbulan-bulan bahkan tahunan. Terjadinya kelebihan konsumsi pada kebutuhan vitamin A dikarenakan masyarakat sendiri sudah mengerti akan makanan yang dikonsumsinya sudah cukup dengan makanan vitamin A, tapi menambahnya lagi dengan suplemen. Sehingga akibat kelebihan vitamin A pun muncul.

Gejala-gejala Kelebihan Vitamin A

Gelaja-gelaja kelebihan vitamin A yang ditemukan antara lain secara umum adalah pandangan mata kabur, penurunan nafsu makan, kepala pusing/sakit, lemas, impotensi/ejakulasi dini, mual, osteoporosis, kemudian juga adanya perubahan pada kulit dan rambut seperti kerontokan rambut, sensitivitas pada cahaya matahari, kulit dan rambut berminyak, gatal pada kulit, warna kuning pada kulit dan juga membesarnya payudara pada laki-laki. Sedangkan untuk kelebihan vitamin A ini secara akut akan menyebabkan kadar kalsium yang terlalu tinggi, gangguan ginjal, gangguan hati, kanker prostat.

Gejala pada Orang Dewasa

Gejala akibat kelebihan vitamin A ini terjadi akibat kelebihan konsumsi harian pada standar seharusnya. Konsumsi vitamin A ini melebihi batas 3000 mikrogram perhari. Hingga mengakibatkan hati tidak mampu menyimpan cadangan vitamin A yang cukup banyak ini. Biasanya orang dewasa yang gemar makan hati hewan atau produk hati hewan lainnya yang lebih sering terserang. Karenanya gejala pada orang dewasa ini timbul paling sering adalah mual, muntah, sakit kepala, pusing, penglihatan kabur serta kesulitan koordinasi otot.

Gejala pada Wanita

Pada wanita yang sering terjadi adalah pada saat masa kehamilan. Wanita yang beranggapan bahwa pada masa kehamilannya membutuhkan lebih banyak vitamin memang benar. Namun cara menempuhnya yang lebih sering salah. Banyaknya suplemen vitamin yang dikonsumsi akhirnya membawa hal buruk pada janin. Untuk konsumsi suplemen vitamin dibolehkan selama vitamin itu larut dalam air. Sedangkan untuk vitamin A yang larut dalam lemak, tidak dalam air akan tertimbun dalam tubuh. Karena yang dibutuhkan oleh tubuh untuk wanita adalah 500 mcg RE untuk vitamin A. Jika berlebih maka gejala seperti berhentinya siklus menstruasi, nafsu makan hilang dan iritabilitas.

Gejala pada Bayi

Pada bayi ini terdapat dua hal yaitu kelebihan vitamin A sebelum persalinan dan setelah persalinan. Jika kelebihan vitamin A ini pada saat mengandung, maka dapat berakibat pada kecatatan bayi nantinya seperti terjadinya pembesaran kepala, hidprosefalus. Kecacatan pada bayi ini akibat kelebihan vitamin A lebih terjadi pada saat semester pertama kehamilan atau sekitar 3 bulan pertama dan 6 bulan pertama. Karena pada masa janin ini mengakibatkan sulit dideteksi dengan USG apakah ada kecatatan atau tidak. Sehingga dihindari suplemen berlebihan terhadap ibu hamil ini. Sedangkan gejala yang timbul setelah persalinan pada bayi seperti adanya penonjolan pada ubun-ubun tetapi hanya sementara sampai konsumsi suplemen vitamin A dihentikan.

Akibat Kelebihan Vitamin A

Kelebihan vitamin A bisa terjadi. Jika gejala diatas sudah dapat dilihat adanya pada anak, orang dewasa, dan ibu hamil. Maka akibatnya pun pasti ada. seperti risiko bayi lahir cacat, memicu pertumbuhan kanker, kerapuhan tulang atau osteoporosis, kerusakan limpa dan hati. Akan dibahas pada artikel ini dari akibat-akibat tersebut.

Risiko Bayi Lahir Cacat

Bayi resiko lahir cacat akibat kelebihan vitamin A dapat terjadi. Jika sang ibu ini mengkonsumsi vitamin A berlebihan maka efek yang ditimbulkan adalah kecacatan pada bayi. Kecacatan pada bayi ini bisa berupa sumbing palatum, gangguan jantung, kelainan saluran kemih pada bayi nantinya setelah lahir. Bahkan pada kasus lain bisa menimbulkan keguguran. Untuk itu disarankan ibu hamil mengkonsumsi vitamin A alami dari buah dan sayur agar menurunkan resiko bayi lahir cacat.

Memicu Pertumbuhan Kanker

Ternyata vitamin A yang dikonsumsi berlebihan dapat juga memicu pertumbuhan kanker. Sebenarnya konsumsi vitamin A ini dapat mencegah kanker jika berkecukupan. Namun jika berlebih dapat sebaliknya. Karena vitamin A sendiri disimpan di hati. Jika berlebihan maka akan merusak kinerja organ hati pada manusia. Di Negara maju seperti Amerika Serikat saja konsumsi vitamin A sangat dianjurkan hanya 500 sampai 1500 mikrogram. Kanker yang muncul diakibatkan oleh konsumsi vitamin A berlebih ini adalah kanker prostat.

Kerapuhan Tulang atau Osteoporosis

Apakah benar hal ini bisa terjadi. Tentu. Peneliti telah meniliti ternyata kelebihan vitamin A yang kita konsumsi sehari-hari. Kelebihan vitamin A ini ternyata memicu aktivitas osteoclast yaitu sel yang menguraikan tulang. Ternyata vitamin A ini juga berlawanan dengan sistem kerja vitamin D yang berfungsi untuk pembentukan tulang. Hal ini sangat jarang ditemukan di Indonesia. Tapi banyak sekali di Negara maju. Sehingga konsumsi vitamin A mereka melebih 1500 mikrogram perhari atau hingga 3000 mikrogram dan memunculkan kelainan pada tulang pada saat pertumbuhan atau menginjak usia manula.

Kerusakan Limpa dan Hati

Hal ini cukup jelas. Karena vitamin A ini ditimbun dalam hati dengan artian tidak larut dalam air. Hati berfungsi sebagai pengolah retinol yang berarti vitamin dalam tubuh sudah berlebih vitamin A. Jika dibebani dengan tambahan vitamin A ini maka kinerja hati pun bisa rusak untuk jangka lama. Untuk itu vitamin A ini dikonsumsi langsung berupa beta karoten agar mengolahnya dalam tubuh dapat diminimalkan resikonya.

Ternyata gejala dan akibat kelebihan vitamin A dalam tubuh itu juga berbahaya kan. Jadi jangan sembarangan bagi Anda mengkonsumsi suplemen vitamin apapun ke dalam tubuh. Agar kerusakan organ dalam yang tidak bisa Anda analisa sendiri tidak terjadi di kemudian hari.

Pin It
←More from Vitamin A - Retinol

↑ Back to Top