Akibat Kelebihan Vitamin C


Ternyata kelebihan vitamin C pun bisa terjadi. Bagi sebagian orang yang telah paham akan manfaat vitamin C, pastilah tidak lupa mengkonsumsi sumber makanan vitamin C. Konsumsi vitamin C ini bersifat antioksidan yang baik untuk tubuh. Apalagi tidak sedikit juga yang masih memenuhinya dengan konsumsi suplemen vitamin C. Sehingga kebutuhan akan vitamin C harian menjadi berlebihan dari yang seharusnya dikonsumsi. Atau paham akan suatu manfaat vitamin tapi kurang pemenuhan di vitamin yang lain. Mengakibatkan ketidakseimbangan pemenuhan vitamin. Artikel ini akan membahas tentang dampak atau akibat kelebihan vitamin C (asam askorbat).

Dosis Vitamin C yang Dianjurkan

Mengkonsumsi vitamin C memang baik, lebih baik lagi jika mengetahui dosis vitamin C yang dianjurkan untuk tubuh setiap hari. Secara alami maupun menggunakan suplemen, vitamin C tetap bisa dikonsumsi setiap hari. Batas aman pemakaian harian perlu diwaspadai untuk mencegah efek berlebihan atau bahkan efek samping dari penggunaan vitamin C tersebut. Dosis anjuran untuk pria dewasa adalah 90 mg/hari dan untuk wanita dewasa adalah 75 mg/hari. Dengan demikian untuk usia dibawah itu tentu membutuhkan lebih sedikit vitamin C sedangkan untuk lanjut usia bisa diatas kebutuhan tersebut.

Lantas bagaimana dengan dosis pada suplemen yang bahkan bisa lebih dari 100 mg dalam setiap suplemennya? Ada efek sampingnya tentunya. Lalu bagaimana bisa dijual suplemen dengan dosis sampai 4000mg/hari? Tentu itu semua demi kebutuhan produsen. Karena dengan konsumsi secara banyak, tentu akan diserap tubuh dengan maksimal. Sisanya akan dikeluarkan melalui urin. Karena vitamin C ini larut dalam air di dalam tubuh. Kondisi fisik manusia berbeda-beda. Oleh karena itu mengkonsumsi 75 mg/hari tidaklah diserap 100% oleh tubuh. Sehingga dibutuhkan lebih dari 75 mg/hari. Lain halnya dengan perokok atau pengguna tembakau dimana dibutuhkan dosis tambahan vitamin C sampai 30 mg/hari dari kebutuhan orang yang tidak merokok pada umumnya.

Dampak Kelebihan Vitamin C

Dampak kelebihan vitamin C bagi yang belum pernah mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi ini adalah sakit kepala, mual, muntah, perut sakit, kram usus, diare, gangguan pencernaan, kelelahan, mengantuk, kemudian iritasi di kerongkongan, hingga pengeroposan gigi. Dampak kelebihan vitamin C ini cukup banyak. Tentu dari banyaknya potensi yang diderita kelebihan vitamin C janganlah sampai melebihi dari anjuran pada kemasan suplemen jika Anda menggunakan suplemen vitamin C.

Dengan konsumsi berlebihan dari vitamin C, maka akan memperberat kinerja ginjal. Bagi seseorang yang mengalami gagal ginjal, konsumsi vitamin C akan buruk jadinya. Sedangkan vitamin C dosis tinggi juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita batu ginjal. Vitamin C yang larut dalam air berarti membuat pengeluaran urin yang mengandung vitamin C jadi meningkat dibandingkan biasanya. Bahkan batu ginjal pun lebih mudah terbentuk nantinya.

Selain itu dapat juga mengakibatkan insomnia (sulit tidur). Untuk ibu hamil, tidak dianjurkan mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi pada bulan-bulan pertama kehamilan. Karena dapat memicu keguguran janin yang dikandungnya akibat adanya tekanan progesteron. Bagi mereka yang memiliki kadar zat besi tinggi atau pada orang yang penyakit kelebihan zat besi (hemochromatosis) tidak dianjurkan mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi dimana vitamin C membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh lebih cepat.

Cara Menghilangkan Kelebihan Vitamin C Dalam Tubuh

Menghilangkan kelebihan vitamin C ini dapat dilakukan dengan terapi konsumsi air putih secara rutin dan lebih dari seharusnya. Sehingga pembentukan urin di ginjal tidak terbebani karena penyerapan air ke dalam tubuh membantu urin bersifat lebih encer dan tidak kental. Jika terlalu kental urin manusia yaitu kekurangan konsumsi air, maka batu ginjal bisa terjadi. Sehingga terapi meminum air dengan 8 gelas perhari perlu dipraktekkan. Jika tidak kuat meminum banyak air, Anda bisa memakan buah yang mengandung banyak air seperti melon dan semangka. Karena buah yang mengandung banyak air akan memicu urin terbentuk sehingga pengeluaran vitamin C berlebihan dalam tubuh bisa segera terjadi.

Selain itu juga tetap mengkonsultasikan diri ke dokter jika Anda mengalami overdosis dalam konsumsi vitamin C ini. Lebih baik penanganan langsung ke dokter jika Anda yakin diri Anda kelebihan vitamin C. Pertama tentu kurangi konsumsi harian vitamin C Anda di hari itu. Minum banyak-banyak air putih. Jika belum berhasil berarti memang dibutuhkan tenaga ahli dokter untuk menangani kelebihan vitamin C yang ada pada tubuh Anda.

Perlu diperhatikan, apapun yang baik jika kelebihan pun akan menjadi tidak baik. Ini berlaku pada vitamin. Tidak hanya vitamin C saja. Vitamin yang lainnya pun juga begitu. Jika Anda berlebihan dalam mengkonsumsi vitamin C maka gejala, akibat, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya diatas bisa Anda alami. Informasi ini tidaklah hanya untuk diri Anda sendiri. Ada baiknya Anda memperingatkan orang-orang disekitar Anda yang lebih suka mengkonsumsi suplemen vitamin C dosis tinggi dibandingkan dengan sumber makanan alami yang mengandung vitamin C. Mulailah sehat dengan mengkonsumsi vitamin C yang alami, dengan kecukupan tidak terlalu berlebihan.

Back to Top