Definisi Vitamin B15

Vitamin B15? Mungkin Anda yang membaca artikel ini bertanya-tanya apa itu vitamin B15. Ya, vitamin B adalah vitamin yang kompleks. Dulu sebelum menjadi vitamin B kompleks, beberapa vitamin B tidak dinamai dengan penomoran. Namun dengan nama seperti vitamin H dan vitamin M. Namun dikarenakan fungsi dan manfaatnya ternyata tidak jauh berbeda antara satu dan lainnya, maka vitamin tersebut digabungkan dalam satu daftar vitamin B kompleks dan kemudian diberi penomoran. Vitamin B memiliki fungsi utama yaitu sebagai metabolisme zat-zat yang masuk atau ada di dalam tubuh. Metabolisme ini berperan penting dalam menunjang kehidupan manusia.

Pengertian Vitamin B15

Vitamin B15 adalah disebut juga asam pangamat/pangamit acid atau d-gluconodimethylamino asam asetat. Vitamin B15 merupakan 8 vitamin utama penyusun vitamin B kompleks. Tentu vitamin B15 adalah vitamin yang larut dalam air. Sebenarnya vitamin B15 sendiri belum banyak menemukan bukti kuat baik dari struktur kimianya maupun manfaat dan fungsinya secara nyata karena memang struktur kimianya berbeda dari yang lain atau tidak sesuai dengan struktur kimia pada umumnya vitamin. Bagi uji ilmiah tidak ada manfaat yang dihasilkan jika Anda mengkonsumsi suplemen vitamin B15. Namun disisi lain, produsen mengaku vitamin B15 tetap bermanfaat bagi tubuh. Penjelasan selanjutnya sebagai berikut.

Sejarah Vitamin B15

Asam Pangamat ditemukan pada biji aprikot pada tahun 1938 oleh seorang ilmuwan bernama Dr. Ernest Krebs, Sr. and Dr. Krebs, Jr. Kemudian diperdagangkan dengan nama vitamin B15 pada tahun 1943. Diyakini dari penelitian tersebut bahwa vitamin B15 berfungsi sebagai detoksifikasi medis, saluran pernafasan, termasuk manfaat bagi kulit, dan menjaga sendi dan saraf. Vitamin B15 dijual bebas di Amerika serikat dan telah dijadikan suplemen hingga tahun 1970. Sampai akhirnya dilarang untuk pendistribusiannya. Karena pada saat itu, belum banyak bukti empiris mengenai mereka yang mengkonsumsi vitamin B15 akan mendapatkan hal-hal yang telah disebutkan. Namun banyak Negara barat selain Amerika tetap mengkonsumsinya. Bahkan di Rusia saja, vitamin B15 dijadikan multivitamin bagi atlet mereka. Sedangkan di Eropa, sebagai anti penuaan dan antioksidan.

Manfaat Vitamin B15 Dalam Tubuh

Terlepas dari kontroversial dari benar tidaknya vitamin B15, ternyata vitamin B15 atau asam pangamat ini memiliki manfaat bagi tubuh. Vitamin B15 merupakan metil donor yaitu membantu pembentukan asam amino, lalu membantu dalam oksidasi glukosa, dan reproduksi sel. Dengan begitu vitamin B15 menjadikan antioksidan dalam tubuh secara keseluruhan. Kemudian dapat menjadi sistem endokrin yang menjadi pendorong fungsi hati membantu detoksifikasi terhadap racun-racun pada tubuh. Manfaat yang lain yaitu sebagai berikut,

  • Meningkatkan oksigen ke jantung dan otot pada tubuh lainnya.
  • Meningkatkan fungsi saraf dan sendi
  • Melindungi sel-sel dari oksidasi

Kebutuhan Harian Vitamin B15

Karena vitamin B15 ini cukup banyak dilarang di Negara maju maka kebutuhannya hariannya pun tidak dibolehkan. Di Amerika misalnya walaupun secara legal vitamin B15 belum diijinkan namun biasanya digunakan dalam konsumsi vitamin A dan E dalam dosis tinggi. Di Rusia pun konsumsi harian tidak digunakan secara pasti karena digunakan dalam mengobati masalah alkohol dan mengobati kelelahan. Selain itu untuk kelelahan, asma, dan alergi maupun rematik untuk diobati. Kemudian di Eropa, digunakan sebenarnya dalam keseharian namun tidak diketahui dosisnya berapa. Terutama bagi perawatan tubuh dan kulit sebagai anti penuaan.

Akibat Kekurangan Vitamin B15

Apa akibat kekurangan vitamin B15? Kekurangan vitamin B15 tidak diketahui dapat berdampak secara buruk jika tidak dikonsumsi secara berkepanjangan. Walaupun fungsinya sebagai metabolisme sel-sel namun tidak secara khusus memetabolisme zat apa. Sehingga kekurangannya pun hanya berdampak seperti cepat hilangnya stamina tubuh. Berkurangnya imunitas tubuh, dikarenakan tubuh tidak menjadikan terlindungi dari oksidasi baik sirkulasi dalam tubuh maupun terjadinya keracunan karena tubuh tidak terlindungi dari zat yang berfungsi sebagai antioksidan yaitu vitamin B15. Bahkan ada yang mengatakan dapat menjadi penyakit epilepsi atau kejang jika kekurangan vitamin B15 ini.

Sumber Alami Vitamin B15

Lalu bagaimana mendapatkan sumber alami vitamin B15? Jika sumber suplemen saja banyak dilarang peredarannya? Pertama daging. Terutama pada daging hati hewan, banyak vitamin B15 terdapat pada daging hati yang bermanfaat juga fungsi organ internal. Kedua pada biji yaitu pada biji labu dan wijen. Apalagi kedua biji ini dapat menangani kasus peradangan ginjal dan parasit pada usus. Kedua biji ini juga merupakan sumber baik dari beberapa vitamin B lainnya serta sumber energi yang baik bagi potassium dan fosfor. Ketiga adalah beras coklat. Beras pun jika dimasak, masih mengandung nilai gizi seperti kalium dan mineral lainnya. Tentu juga vitamin B15 masih terkandung dalam berbagai jenis beras seperti beras coklat ini, beras merah, dan beras putih.

Dari penjelasan tentang vitamin diatas, perlu diperhatikan bahwa vitamin B15 adalah vitamin B kompleks, tidak perlu mengkonsumsi vitamin B15 secara terpisah jika makanan alami diatas sering Anda konsumsi sehari-hari, sehingga pemenuhan vitamin B15 pun akan meningkatkan daya tahan tubuh Anda dan juga stamina Anda.

referensi:

Be the first to comment on "Definisi Vitamin B15"

Leave a comment