Akibat Kekurangan Vitamin Biotin (B7)

Kekurangan vitamin pada tubuh memang dapat menimbulkan berbagai masalah. Karena kekurangan vitamin yang berkelanjutan dapat menciptakan masalah yang cukup berarti. Setelah membahas berbagai macam vitamin B kompleks, baik dari manfaatnya, pengertian, sumber makanannya, sampai gejala akibat kelebihan dan kekurangannya, kini akan dibahas pada artikel ini tentang defisiensi atau kekurangan vitamin B7 biotin. Sehingga anda dapat juga mengenali gejala kekurangan vitamin B kompleks atau lebih spesifik kekurangan vitamin B7. Mencegah lebih baik daripada mengobati, sehingga bisa dibaca pada artikel ini.

Penyebab Kekurangan Vitamin Biotin

Penyebabnya cukup banyak, bahkan mereka yang jarang mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin B7 pun dapat mengalami kondisi tubuh yang menurun. Makan makanan seperti putih telur yang terlalu sering dapat membuat vitamin B7 tidak terserap ke dalam tubuh. Mengapa putih telur dapat mencegah vitamin B7 terserap ke dalam tubuh? Putih telur yang sering dimakan mengandung avidin dimana dapat mengikat biotin. Avidin ini banyak terdapat pada protein putih telur. Jika memasak dengan matang, itu tidak masalah karena avidin akan sangat berkurang dibandingkan dengan memasaknya setengah matang.

Biotin ternyata dibuat oleh bakteri di dalam tubuh. Sebab kekurangan selanjutnya adalah vitamin B7 tidak mampu dibuat dikarenakan pada usia bayi belum memiliki bakteri tersebut untuk menciptakan biotin. Sehingga bayi cenderung mengalami defisiensi vitamin B7. Untuk itu tidak perlu antibiotik, hanya perlu pemberian vitamin secara tetes kepada bayi. Selain itu tentu bagi orang dewasa sebab utama kekurangan vitamin biotin (B7) adalah tidak adanya variasi konsumsi makanan bergizi dalam kesehariannya.

Gejala Kekurangan Vitamin B7 (Biotin)

Setelah mengetahui sebabnya, kita akan bahas lebih jauh mengenai gejalanya. Insomnia merupakan salah satu gejala saat seseorang kekurangan vitamin biotin. Kemudian gejala lainnya ditandari dengan lidah berwarna ungu atau bengkak, serta mata dan kulit menjadi kering. Tanda gejala lainnya yang bisa diidentifikasi, rambut rontok semakin banyak, kurangnya nafsu makan seseorang, adanya luka di sudut-sudut mulut, bahkan bisa mempengaruhi kejiwaan anda (karena akibat insomnia). Kemudian ada 6 gejala lainnya yang bisa terjadi yaitu:

  • Dermatitis. Yaitu peradangan pada kulit atau infeksi kulit, biasanya jenis dermatitis seboroik. Ditandai dengan pengelupasan dan gatal pada kulit. Jika mengenai kepala, dapat mengalami kebotakan. Lalu dapat mengalami juga masalah pada otot dan rambut. Kulit pun menjadi bersisik serta kuku menjadi lebih rusak.
  • Hyperesthesia dan Paresthesia. Yaitu menyerang pada bayi, kemudian indera mengalami peningkatan abnormal yaitu hyperesthesia. Lalu Paresthesia adalah kondisi dimana kulit akan mengalami kesemutan dan mati rasa.
  • Keratokonjungtivitis. Yaitu adanya konjungtiva pada mata. Sehingga imunitas pun menurun. Sehingga tubuh akan mengalami gangguan dalam mempertahankan diri dari bakteri berbahaya atau virus berbahaya.
  • Anorexia. Merupakan gejala kekurangan vitamin B7 yang ditandai dengan nafsu makan yang menurun drastis. Jika terjadi pada bayi akan mengakibatkan menghambatnya pertumbuh mental dan fisiknya. Sedangkan orang dewasa juga dapat mengalami penurunan nafsu makan ini.
  • Anemia. Kekurangan vitamin B7 juga dapat mengakibatkan anemia pada tubuh. Sehingga oksigen yang dibawa oleh hemoglobin tidak dapat lagi mengikat oksigen. Secara fisik biasanya ditandai dengan lesu dan kelelahan.
  • Tidak biasanya fungsi jantung, tepatnya gangguan elektrokardiografi. Sehingga fungsi hati dan jantung tidak dapat berfungsi secara normal.

Perhatikanlah beberapa gejala diatas dan wajib untuk diwaspai agar tidak sampai menyerang tubuh kita.

Mengatasi Defisiensi Vitamin Biotin (B7)

Untuk mengatasi defisiensi vitamin biotin atau B7 adalah dengan mengkonsumsi biotin dalam dosis besar. Dosis yang disarankan bagi mereka yang kekurangan biotin cukup akut sekitar 200 mcg perharinya. Lalu juga perlahan-lahan diganti dengan sumber makanan alami yang mengandung vitamin biotin. Biasanya meningkatkan kebutuhan vitamin B7 ini dengan suplemen vitamin B kompleks. Serta mengurangi konsumsi putih telur sebagai langkah pengobatan.

Kebutuhan Harian Vitamin Biotin

Takaran untuk dosis orang dewasa terutama pria, dapat mencapai 30 mcg biotin setiap harinya. Lalu kemudian untuk remaja usia dari 14 sampai 18 tahun membutuhkan lebih kecil vitamin B7 dibandingkan pada orang dewasa, yaitu sekitar 25 mcg. Lalu usia dibawah 14 tahun bisa menkonsumsi vitamin B7 antara 5 mcg sampai 20 mcg setiap harinya.

Sumber Vitamin B7 Biotin

Satu telur yang dimasak matang mengandung 13 mcg sampai 25 mcg biotin. Lalu daging hati yang dimasak mengandung 27 mcg sampai 35 mcg vitamin B7. Sisanya terkandung pada sumber makanan seperti keju, ikan salmon, alpukat, lalu ada roti gandum. Namun sumber biotin yang baik terdapat pada jeroan hewan. Selain itu kedelai, pisang, susu juga mengandung vitamin B7. Oleh karena itu, sumber makanan bervitamin B7 usahakan hindari terlalu banyak lemak jenuh agar terhindar juga dari penyakit lainnya.

Dari pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa mengenal lebih jauh tentang vitamin biotin atau (B7) ini dapat menambah wawasan serta kesadaran diri agar terhindar dari berbagai gejala tubuh kekurangan vitamin B7. Tentu juga untuk mengetahui manfaat setelah mengkonsumsi vitamin B7 serta mengatasi kekurangan vitamin biotin atau B7 ini.

referensi:

Be the first to comment on "Akibat Kekurangan Vitamin Biotin (B7)"

Leave a comment