Makanan Sumber Vitamin A


Makanan yang mengandung vitamin harus terus kita konsumsi. Karena vitamin adalah salah satu zat yang pada umumnya tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Sehingga diharuskan untuk mengkonsumsinya setiap hari untuk memenuhi kadar asupan vitamin dalam tubuh. Contoh bahan makanan yang mengandung vitamin A banyak macamnya. Ada sayuran dan ada juga buah-buahan. Sayuran seperti wortel, cabai merah, bayam, labu kuning. Sedangkan buah-buahan seperti pepaya dan pisang. Namun ada juga makanan lain yang mengandung vitamin A, seperti keju, susu, dan mentega walau kandungan vitamin A tidak sebanyak sayur dan buah-buahan diatas. Pada artikel ini, akan dijelaskan jenis makanan yang banyak mengandung vitamin A. Sehingga bisa anda jadikan referensi dan rujukan untuk bisa memakannya.

Buah-Buahan yang Banyak Mengandung Vitamin A

Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A seperti pepaya dan pisang. Untuk buah pisang dimana terdapat kandungan kalium yang sangat banyak, juga terdapat banyak vitamin A. Apalagi pisang ambon. Pisang ambon dapat langsung dimakan buahnya tanpa perlu olahan. Sehingga untuk mendapatkan vitamin A, anda bisa langsung memakannya. Kemudian pepaya adalah buah yang mengandung vitamin A, yang mana terdapat pada betakaroten dimana terdapat pada 100 gram buah pepaya. Buah pepaya pun dapat anda makan langsung tanpa perlu olahan khusus setelah matang. Masih adakah buah yang lain yang mengandung vitamin A? Tentu, ada seperti jambu merah, melon, jambu, semangka, belimbing, apel, kesemek, mangga. Yang mana buah tersebut termasuk buah negeri, kita tidak kesulitan untuk mencarinya di Indonesia.

Sayur-Sayuran yang Kaya Vitamin A

Bukan hanya buah, sayuran pun juga banyak sekali yang mengandung vitamin A. Tentu pada sayuran tertentu akan sangat banyak kandungannya. Seperti wortel, labu kuning, bayam, yang mengandung vitamin A lebih banyak daripada sayuran lainnya. Kita akan bahas pada sayuran bayam. Sayuran ini sangat banyak kandungan vitamin A, cukup dengan bayam 1 ikat saja perhari, maka kebutuhan vitamin A hampir 80% terpenuhi dalam tubuh. Namun layaknya sayuran lain, bagi anak-anak tidak menyukai sayuran, bisa disiasati untuk mengkonsumsi hasil olahan bayam ini. Salah satunya, bayam keripik goreng. Sehingga anak akan sangat mudah mengkonsumsi olahan makanan ringan ini yang sehat dan bergizi. Tidak harus bayam hijau, bayam merah pun juga bisa. Sayuran lainnya seperti daun genjer, daun jambu, daun jambu mete, daun kacang panjang, Gandaria, kacang panjang, kangkung, kol cina, labu kuning, pak soy, putri malu, ranti muda, rumput laut, sawi, semanggi, terong hintalo dan masih banyak lagi sayuran yang bisa anda konsumsi untuk kebutuhan vitamin A harian.

Umbian-Umbian yang Mengandung Vitamin A

Umbi? Ya, umbi atau ubi-ubian juga merupakan sumber vitamin A yang cukup banyak. Jika Anda tahu, umbi seperti ubi kuning, ubi jalar merah, ubi rambat merah adalah contoh umbi yang mengandung vitamin A. Umbi juga sangat sulit diterima oleh anak-anak atau masyarakat dalam konsumsi biasa saja. Maka ada ubi kuning kukus sebagai olahan umbi-umbian bisa menjadi resep cake atau roti, puding, dan olahan masakan lainnya. Umbi akhirnya menjadi santapan yang juga cukup menyenangkan untuk dimakan.

Kacang-kacangan yang Mengandung Vitamin A

Kacang-kacangan? Seperti kacang ercis dan kacang merah? Dimana kacang-kacangan tersebut juga mengandung vitamin A. Kacang-kacangan ini bisa digunakan sebagai pelengkap sayur ataupun sebagai bubur kacang. Bahkan ada makanan olahan yang menggunakan kacang merah ini selain dari yang diatas. Seperti Sup ayam kacang merah. Adalah lauk sajian untuk bisa dimakan menggunakan nasi sebagai hidangan makan bersama.

Sumber Hewani Vitamin A

Untuk makanan vitamin A dari hewan daging ayam, bebek, ginjal domba, hati sapi, hati ayam, sosis hati, berbagai jenis ikan (baronang, cakalang, gabus, kawalinya, kima, lehoma, malugis, rajungan, sarden, sunu, titang dan tongkol), telur dan juga telur ikan asin. Sangat banyak kan? Apalagi makanan hewani sangat banyak olahannya. Baik yang bisa langsung dimasak, dibakar, kemudian disajikan dalam makanan-makanan yang kita makan sehari-hari, atau bisa berupa makanan pengawet seperti sosis daging.

Sereal yang Mengandung Vitamin A

Sereal yang banyak beredar dipasaran tentu jelas tertampil pada box kandungan gizi dan vitaminnya. Jadi tidak semua sereal yang dijual mengandung sumber vitamin A. Sereal yang baik juga harus mengandung gula rendah dan banyak serat. Walau sereal ini cukup digemari oleh anak-anak sebagai sarapan pagi, tapi Anda harus menjadikan makanan sereal ini pilihan terakhir untuk menyajikannya bagi anak-anak anda ataupun untuk Anda sendiri. Karena sereal yang bisa kita lihat kandungan gizinya pada box, belum tentu benar demikian adanya.

Hasil Olahan Lain yang Mengandung Vitamin A

Susu, mentega, minyak ikan, minyak kelapa sawit, tepung ikan serta tepung susu adalah beberapa olahan lain yang mengandung vitamin A. Beberapa olahan tersebut ada yang bisa digunakan langsung untuk dikonsumsi, seperti susu. Namun ada yang perlu diolah lagi menjadi olahan makanan lainnya seperti minyak kelapa sawit, tepung ikan dan tepung susu.

Dari semua informasi sumber makanan vitamin A diatas, dimana lebih menjelaskan makanan yang mengandung vitamin A yang bisa Anda konsumsi bersama keluarga setiap hari. Intinya, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi vitamin dan jangan juga kekurangan.

More from Vitamin A - Retinol
Back to Top