Jaga Kesehatan Mata Yuk!

Menjaga kesehatan mata itu penting, apalagi kesehatan organ mata. Organ mata penting untuk melihat, dan hampir semua fungsi pekerjaan membutuhkan mata yang sehat. Banyak orang terlambat menyadari kesehatan mata. Akhirnya banyak orang juga yang mengalami gangguan penglihatan dan semakin hari semakin merasa terganggu. Tentu dengan menjaga kebiasaan penggunaan organ mata juga perlu diperhatikan. Baik orang tua yang menjaga anaknya agar mengurangi kebiasaan buruk seperti menonton TV terlalu dekat, membaca sambil tiduran atau menggunakan pencahayaan kamar yang redup. Untuk itu juga perlu konsumsi makanan bergizi dan vitamin yang tepat agar fungsi organ mata tidak terus menurun.

Vitamin A Bagus Untuk Mata

Ya, vitamin A memang bagus untuk mata. Sebagian besar makanan berupa buah dan sayuran yang mengandung vitamin A juga merupakan sumber antioksidan. Mata yang sering terpapar sinar matahari ataupun radiasi alat elektronik tentu membutuhkan antioksidan yang cukup banyak. Vitamin A ini berperan untuk mata sebagai zat pigmen mata yaitu rodopsin. Zat inilah yang membuat mata kuat untuk mempertajam penglihatan disaat cahaya kurang dilingkungan kita. Bahkan disaat usia dini kekurangan vitamin A atau biasanya pada bayi, efek negatifnya dapat menyebabkan rabun senja.

Selain itu konsumsi vitamin A, C, dan E juga berperan dalam menjaga kesehatan mata. Selain juga sebagai antioksidan yang baik, juga memperkuat jaringan saraf pada otot mata. Antioksidan juga dapat memperlambat degenerasi makular pada mata, bahkan memperlambat pertumbuhan katarak. Perlu diketahui konsumsi sayuran seperti wortel mampu memberikan efek baik kepada mata. Lalu apakah otot mata pasti menurun dengan bertambahnya usia?

Kontrol Mata Lebih Penting Daripada Terlambat

Banyak juga akhirnya yang hanya mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin A tanpa mengontrol rutin kesehatan mata ke dokter. Padahal penting untuk mengontrol kesehatan mata ke dokter. Pertama, karena fungsi otot mata berkurang dengan semakin bertambahnya usia. Sehingga tidaklah mungkin kemampuan melihat usia 20 tahun sama dengan usia 50 tahun. Kontrol mata dapat dilakukan setiap setahun sekali atau dua kali. Kemudian juga dengan olahraga mata, banyak melihat hal yang berwarna hijau, ataupun sering mengistirahatkan mata.

Banyak kehidupan modern yang menggunakan peralatan elektronik akhirnya dapat merusak kesehatan mata. Walaupun ukurannya yang semakin kecil, bukan berarti alat elektronik tersebut tidak dapat merusak kesehatan mata. Jelas bahwa terlalu sering atau lama menatap layar alat elektronik tersebut dapat membuat fokus mata dan otot mata tidak rileks karena terpaku pada alat elektronik tersebut. Sehingga butuh istirahat atau jeda pemakaian alat elektronik itu untuk menjaga kesehatan mata.

Anda bisa membaca di website ini, beberapa artikel tentang vitamin A dan sumber alami vitamin A. Sehingga pengetahuan Anda akan pentingnya vitamin A untuk menjaga kesehatan mata juga semakin bertambah. Jika memang kesehatan mata Anda sudah terganggu sebelumnya, rabun jauh atau rabun dekat atau masalah mata lainnya, upayakan langsung ke dokter, walaupun vitamin A sudah sering Anda minum, tapi perlu juga ke dokter untuk mendapatkan resep obat dan vitamin serta penanganan yang tepat. Gunakan obat yang tepat, tidak asal mencoba-coba karena efek dari mencoba-coba mengobati mata Anda dengan yang tidak terekomendasi dengan baik mengakibatkan resiko kesehatan mata Anda semakin bertambah buruk. Jangan ambil resiko jika berhubungan dengan kesehatan Anda.

Be the first to comment on "Jaga Kesehatan Mata Yuk!"

Leave a comment