Manfaat dan Fungsi Vitamin A

Buah sangat diperlukan dalam konsumsi harian kita. Tubuh selain butuh asupan tenaga, seperti karbohidrat, lemak dan protein, tapi juga perlu vitamin sebagai pelengkap nutrisi tubuh untuk menjaga keseimbangan. Vitamin A dalam indra penglihatan salah satu vitamin terpenting untuk tubuh. Banyak orang yang mengabaikan konsumsi vitamin A ini akhirnya berakibat indra penglihatan memburuk. Memang benar, namun manfaat vitamin A tidak hanya untuk organ mata saja. Kalau Anda belum mengetahui apa saja manfaat vitamin A yang berperan dalam tubuh Anda, maka artikel ini layak untuk menjadi rujukan karena akan mengulas tentang manfaat dan fungsi vitamin A secara menyeluruh.

Vitamin A selain sebagai penjaga asupan nutrisi organ mata, juga dapat sebagai sistem imun. Loh? Apa hubungannya? Vitamin A dan sistem imun jelas ada hubungannya. Tidak hanya vitamin C saja yang mampu menjaga daya tahan tubuh, tapi juga vitamin A. Bedanya hanya pada penjagaannya pada tubuh. Jika vitamin C itu menjaga stamina kita, maka vitamin A adalah antioksidan. Selain itu vitamin A yang banyak terdapat pada buah wortel dan papaya, juga berperan utama pembentukan struktur tulang dan gigi, membantu menyehatkan kulit, dan berperan penting dalam metabolisme. Dengan mengetahui manfaat vitamin A akan membantu Anda untuk yakin mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A lebih sering dari sekarang.

Apakah ada penjelasan spesifik tentang segala macam manfaat dan fungsi vitamin A ini? Berikut kami jabarkan beberapa manfaat vitamin A yang lainnya.

Khasiat Vitamin A untuk Ibu Hamil

Vitamin A juga sangat berperan dalam perkembangan janin pada ibu hamil. Karena kandungan retinil palmitat dan retinil asetat yang cukup banyak membantu vitamin A ini larut dalam lemak. Sehingga sangat penting bagi kesehatan si jabang bayi. Seperti membantu perkembangan sel mata, organ mata, untuk pertumbuhan tulang, untuk kesehatan kulitnya, dan membantu perkembangan jantung. Perlu diperhatikan bahwa vitamin A perlu dikonsumsi secara natural oleh ibu hamil. Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen vitamin A secara berlebihan. Penyakit sendiri bisa datang bayi janin jika sang ibu mengkonsumsi vitamin A berlebih. Karena vitamin A ini banyak diserap untuk perkembangan organ hati, dimana organ hati tersebut juga berfungsi untuk menetralkan racun, kelebihan vitamin A malah mengakibatkan keracunan pada organ hati. Jadi bagi ibu hamil, mengkonsumsi vitamin A natural lebih baik daripada suplemen.

Vitamin A Dapat Menghambat Timbulnya Kanker

Kanker apa memangnya yang bisa dihambat oleh vitamin A ini? Jika Anda belum mengetahuinya, ternyata penelitian terbaru ilmuan asal Amerika mengatakan bahwa vitamin A ini dapat menghambat pertumbuhan kanker yang sering menyerang wanita. Yaitu kanker payudara. Walau tak langsung vitamin A ini dapat menghambat pertumbuhan jaringan kanker payudara, namun bentuk turunannya berupa asam retinoat atau retinol inilah yang akan menghambat pertumbuhan jaringan kanker itu sendiri. Namun penelitian ini masih tahap lanjutan untuk dapat menjadi obat bagi pengidap penyakit kanker payudara. Kemajuan teknologi kedokteran yang perlu dikembangkan terus.

Vitamin A dan Sistem Imun

Seperti yang telah dijelaskan diatas, benar jika vitamin C adalah salah satu vitamin yang dapat membuat daya tahan tubuh itu berkembang dengan baik dan terjaga. Vitamin A pun demikian. Dapat membantu meningkatkan sistem imun. Vitamin A yang mengandung retinil palmitat dan retinil asetat dapat mencegah infeksi dari berbagai macam organisme kecil yang dapat merugikan tubuh. Seperti bakteri yang mencoba masuk dalam tubuh melalui pernafasan dan makanan. Dalam darah terdapat sel darah putih. Vitamin A inilah yang membuat sel darah putih serta antibodi pada tubuh lebih agresif melawan adanya makhluk hidup kecil yang mencoba masuk dan merusak tubuh. Segerakan dan biasakan mengkonsumsi vitamin A yang berasal dari buah untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Vitamin A Dapat Memperlambat Proses Penuaan (Anti Aging)

Penuaan dini adalah sebuah bencana bagi kaum hawa. Ini sangat terlihat betapa diusia muda banyak sekali wanita yang merawat dirinya, terutama wajah atau kulit tubuh agar dapat terlihat tetap muda saat nanti beranjak memasuki umur tuanya. Tapi banyak yang tidak tahu jika ternyata proses penuaan terjadi akibat adanya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Jikapun tahu, sebagian besar adanya kerusakan kulit ditutupi oleh riasan yang tak alami yang tidak diiringi dengan konsumsi vitamin A yang cukup. Vitamin A ini sendiri dapat menghasilkan antioksidan yang mana bisa menangkal radikal bebas. Radikal bebas ini adalah udara tidak bersih yang terhirup oleh organ pernafasan kita. Karena semakin tinggi reaksi antioksidan itu sendiri maka semakin banyak polusi yang masuk ke dalam tubuh. Namun dengan vitamin A ini, maka kerusakan akibat radikal bebas dapat dicegah untuk memperlambat proses penuaan pada kulit.

Dari 4 manfaat dan fungsi dari vitamin A, Anda telah mengerti setidaknya informasi yang bisa Anda jadikan pedoman. Perlu rutinitas yang baik untuk mengkonsumsi vitamin A setiap hari. Jangan sampai masalah gangguan pada tubuh terjadi karena mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin A tidak pernah dibiasakan.

Be the first to comment on "Manfaat dan Fungsi Vitamin A"

Leave a comment