Kerusakan Hati (Liver) dan Asam Folat

Penyakit liver adalah gangguan kesehatan serius yang membutuhkan perawatan medis khusus. Penyakit liver kronis bisa merusak hati dan mempengaruhi kemampuan untuk memproses zat gizi, obat dan hormon. Suplemen vitamin dan nutrisi yang tepat, seperti mengkonsumsi asam folat, bisa membantu meningkatkan kesehatan secara menyeluruh dan melindungi hati dari kerusakan yang lebih parah. Tanyakanlah pada dokter sebelum mengkonsumsi suplemen vitamin yang bertujuan untuk mengobati penyakit anda, khususnya jika anda memiliki penyakit kronis seperti kerusakan hati.

kerusakan hati

Kerusakan hati meningkatkan resiko defisiensi asam folat – Photo Credit BananaStock / BananaStock / Getty Images

Kerusakan Hati

Fibrosis dan sirosis hati adalah dua tipe dari penyakit hati yang dapat disebabkan oleh beberapa alasan. Penyebab-penyebab umum dari kerusakan hati adalah hepatitis, diabetes, malnutrisi dan ketagihan obat kimia tertentu. Penyakit kuning, batu empedu, gagal ginjal, kurang nafsu makan, hilangnya jaringan otot dan merasa lemas adalah gejala-gejala dari kerusakan hati. Kekurangan asam folat sering menyertai penyakit liver.

Asam Folat

Asam folat adalah nama lain dari vitamin B9, termasuk vitamin larut air. Vitamin ini juga disebut folat. Manfaat asam folat untuk membantu tubuh membentuk sel darah merah dan membantu mencegah kerusakan tabung saraf, sehingga menjadi penting bagi wanita hamil untuk mengkonsumsi vitamin ini dalam jumlah yang cukup. Asam folat juga berperan dalam metabolisme protein dan membantu mengurangi kadar homosistein dalam darah. Kerusakan hati dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin ini, sehingga bisa menyebabkan kekurangan asam folat. Mengkonsumsi makanan tinggi asam folat atau suplemen dapat membantu mengurangi risiko terjadinya defisiensi asam folat.

Sumber Asam Folat

Angka kebutuhan asam folat perhari untuk orang dewasa adalah 400 mcg. Batas toleransi maksimal asupan asam folat adalah 1.000 mcg perhari. Dosis khusus untuk penderita kekurangan asam folat antara 250 – 1.000 mcg perhari. Mengkonsumsi suplemen multivitamin ataupun vitamin tunggal merupakan cara cepat untuk mendapatkan asam folat, meskipun beberapa sumber makanan mengandung jumlah yang cukup dari vitamin ini sebagaimana zat gizi lainnya. Contoh sumber asam folat yang baik adalah biji bunga matahari, hati ayam, roti gandum utuh, sayuran berdaun hijau, stroberi, dan semangka.