Khasiat Vitamin B2 Untuk Migrain

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa vitamin B2 ini ternyata juga merupakan obat bagi mereka yang sering terkena migrain (sakit kepala sebelah). Migrain ini bisa menyerang otak bagian kanan atau bagian kiri saja. Migrain cukup mengganggu, walau tidak seberat sakit kepala pada umumnya, penderita migrain bisa terkena mual dan muntah karena sakit kepala sebelah yang luar biasa. Pada artikel ini lebih membahas apa itu migrain dan khasiat vitamin B2 atau riboflavin untuk menyembuhkan penyakit migrain itu sendiri.

Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin B2 dikenal dengan vitamin yang larut dalam air. Vitamin B2 memegang peranan penting dalam metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. Kemudian juga membantu mengedarkan oksigen dengan menciptakan sel darah merah lebih optimal ke seluruh tubuh. Konsumsi vitamin B2 harian pun setidaknya harus lebih diatas dari 1,2 mcg perhari. Walaupun makanan bersumber vitamin B2 dalam takaran 100 gramnya nilainya dibawah dari 1,2 mcg perhari. Sehingga pemenuhannya pun harus benar-benar maksimal. Lalu sumber makanan yang mengandung vitamin B2 ini terdapat pada makanan alami seperti daging, sayur, kacang-kacangan, susu, telur, dan beberapa buah. Diketahui juga bahwa konsumsi suplemen vitamin B2 dengan kadar dosis 5 sampai 10 mcg perhari tetap dirasa aman jika memang tubuh kekurangan vitamin B2.

Penyebab Migrain

Penyebab migrain banyak sekali. Secara umum penyebab migrain antara lain yaitu tidak sarapan pagi. Tidak sarapan menyebabkan migrain karena tidak adanya metabolisme energi padahal tubuh kita mengalami aktivitas yang cukup berat dipagi hari. Lalu kurangnya tidur atau istirahat. Saat kurang tidur, maka tubuh akan bekerja terus menerus, dan membutuhkan terus menerus energi padahal kita tidak setiap kali makan, apalagi dimalam hari. Sehingga keesokan harinya, migrain pun menyerang. Lalu olahraga pun begitu. Bisa jadi karena tubuh kelebihan energi namun tidak diimbangi aktivitas yang cukup berat seperti olahraga, sirkulasi darah ke otak yang membawa oksigen juga tidak maksimal. Itulah beberapa penyebab mengapa seseorang sering terkena migrain dalam kesehariannya.

Lalu ada hal yang jarang diketahui sebagai penyebab migrain. Misalnya saja konsumsi kopi berlebihan, tidur terlalu lama, kurang magnesium, kemudian terlalu banyak pikiran, alergi gluten, hingga konsumsi karbohidrat berlebihan. Lalu cuaca juga mempengaruhi migrain bisa terjadi. Terlalu panas cuaca, maka energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas semakin banyak. Jika kebutuhan vitamin B2 tidak dicukupi, maka tubuh akan merasa lemas dan sakit kepala pun bisa terjadi.

Dosis Riboflavin yang Dianjurkan untuk Migrain

Penelitian yang pernah dilakukan menyatakan bahwa pemberian vitamin B2 untuk migrain kronis sampai 400 mcg menciptakan perkembangan yang baik menuju kesembuhan. Ini terjadi pada tahun 1998 oleh ilmuwan Belgia. Kemudian penelitian dikembangkan kembali pada orang yang benar-benar mengidap migrain kronis sehingga terjadinya peningkatan frekuensi berkurangnya migrain yang dialami. Bahkan dalam sebulan, migrain dirasakan hanya sekali saja. Walaupun manusia membutuhkan vitamin B2 sebanyak 1,2 mcg saja, dengan dosis 400 mcg tetap dirasa aman asalkan pemberian air minum teratur juga diberikan. Sehingga migrain yang diderita juga dapat segera disembuhkan.

Efek Untuk Penderita Migrain

Ternyata penelitian yang berkembang menyatakan bahwa ada hubungan akan penyakit migrain dengan vitamin B2. Vitamin B2 memproduksi energi dalam sel tubuh dan membentuk kembali sel darah merah dalam darah. Karena vitamin B2 adalah senyawa yang berperan dalam oksidasi sel maka kekurangan vitamin B2 dapat menyebabkan proses tersebut terganggu. Tentu pembentukan sel darah merah pun tidak optimal. Jika tubuh kekurangan sel darah merah, otomatis tubuh kekurangan oksigen. Sehingga inilah penyebab migrain yang utama atau efek kekurangan vitamin B2 terhadap seseorang sehingga menyebabkan terjadinya migrain. Untuk itu perlu konsumsi sumber makanan baik alami maupun suplemen dalam pemenuhan vitamin B2 dan menghindari seseorang terkena migrain.

Untuk Dipertimbangkan

Perlu diperhatikan bahwa ternyata vitamin B2 dalam bentuk suplemen dalam dunia medis Amerika Serikat tidak dianjurkan dan dikhawatirkan kedepannya akan muncul efek samping yang beresiko. Sekarang perlu kajian khusus dan alasan tepat agar vitamin B2 ini dapat diberikan dalam metode pengobatan rutin, apalagi dengan dosis sampai 400 mcg. Walaupun vitamin B2 sendiri termasuk vitamin yang larut dalam air, namun ternyata efek samping overdosis vitamin B2 ini antara lain diare, mual, serta urin berwarna kuning pekat. Apapun kondisi sakit kepala Anda, entah itu migrain atau bukan, tetaplah untuk mengkonsultasikan terlebih dulu ke dokter. Karena inisiatif mengobati diri sendiri malah bisa berdampak buruk.

Dari penjabaran khasiat vitamin B2 terhadap kesehatan tubuh, diharapkan Anda mampu untuk memaksimalkan kesehatan Anda dengan makan makanan bergizi. Baik itu dari sumber alami maupun suplemen. Tentu juga dengan takaran dosis yang tepat. Karena kecenderungan sering terkena migrain pun tidaklah bagus jika mengkonsumsi obat-obatan kimia. Karena akumulasinya bisa berdampak pada hati dan ginjal yang rusak. Olahraga teratur, makan makanan bervitamin B2 secara alami, lalu juga mengatur jumlah waktu jam tidur sampai pada menjauhi beberapa obat-obatan dan suplemen dapat menciptakan tubuh yang sehat jauh dari migrain.

Be the first to comment on "Khasiat Vitamin B2 Untuk Migrain"

Leave a comment