Vitamin

informasi, berita, dan isu kesehatan seputar vitamin

Konsumsi Vitamin C demi Kebugaran Tubuh

Pin It

Siapa yang tidak mengira bahwa musim sekarang ini di Indonesia membuat tubuh menjadi sering tidak sehat? Musim pancaroba, adanya pergeseran musim hujan dan kemarau yang tidak lagi seperti dulu, membuat tubuh tidak bisa beradaptasi dengan baik. Belum lagi aktivitas yang padat, sibuk, dan diluar rumah menjadikan tubuh sering lelah. Banyak juga yang mengeluh, mencoba berbagai macam obat penambah stamina, namun malah menimbulkan efek lain yang cukup mengganggu. Seperti pusing, mual, dan gejala lainnya yang sebenarnya tidak perlu kita dapati. Tahukah Anda bahwa ternyata hal itu cukup dengan menambah asupan vitamin C setiap hari lalu tubuh mampu fit dalam kondisi iklim di Indonesia? Jika belum, mari baca artikel kami ini.

Vitamin C Dosis Tinggi Menjaga Kebugaran Tubuh

Karena vitamin C biasa dari buah terkadang tidak cukup memenuhi kebutuhan vitamin C kita, maka ada baiknya meminum vitamin C dosis tinggi. Biasanya kandungan vitamin C dosis tinggi antara 500 mcg sampai 1000 mcg. Sedangkan kebutuhan harian normal seseorang mengkonsumsi vitamin C adalah 60 mcg sampai 100 mcg perhari. Dengan banyaknya asupan vitamin C ke dalam tubuh, maka jelas tubuh akan mengeluarkan vitamin C saat kebutuhan vitamin C dalam tubuh telah tercukupi. Sehingga jika hanya memenuhi kebutuhan harian, pastilah tubuh akan kekurangan vitamin C harian. Lalu biasanya juga tidak hanya vitamin C saja dalam suplemen yang dosis tinggi. Ada zat lain pendukung yang juga terkandung dalam suplemen vitamin C dosis tinggi.

Jaga Kebugaran Namun Tetap Tidak Berlebihan

Jika memang ingin mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah yang banyak, perlu diperhatikan untuk tidak berlebihan. Pertama Anda perlu mengetahui bahwa vitamin bukanlah obat reaksi cepat. Memang vitamin C dalam menjaga stabilitas tubuh, jadi butuh waktu. Sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi vitamin C tidak disaat sakit. Karena nantinya tubuh akan cenderung meminta lagi vitamin C hingga sembuh. Bahkan beberapa orang kadang tidak sadar telah mengkonsumsi vitamin C dengan batas yang tidak wajar saat sakit. Hanya karena ingin mendapatkan efek yang cepat dari pengaruh vitamin C dalam mengembalikan stabilitas dan kebugaran tubuh. Kedua jelas bahwa tubuh bukanlah coba-coba. Jika memang keadaan tidak fit, ada baiknya konsultasikan dulu ke dokter dan tanyakan apakah Anda bisa mendapatkan vitamin C dosis tinggi semasa pengobatan. Karena bisa jadi tubuh Anda memang perlu diobati terlebih dahulu baru mengkonsumsi vitamin C tersebut.

Apakah tidak bisa dikonsumsi dengan yang lebih alami? Jelas bisa. Namun terkendala masalah biaya perlu Anda perhatikan juga. Untuk mendapatkan dosis tinggi vitamin C dari buah, misalnya jeruk tentu membutuhkan lebih banyak dan lebih banyak juga pengeluaran dana yang akan Anda keluarkan. Walaupun begitu, bedanya dengan suplemen, vitamin C alami lebih mudah dikenali tubuh karena tidak mengandung zat kimia apapun saat masuk ke tubuh. Minumlah setidaknya 1-2 jam sebelum atau setelah makan, agar memudahkan tubuh dalam menjaga efek setelah menyerap vitamin C dalam jumlah yang besar. Ingat berlebihan dapat merusak kinerja organ ginjal maupun hati karena bekerja lebih keras untuk menciptakan urin. Vitamin C larut dalam air, sehingga membutuhkan urin untuk mengeluarkannya dari tubuh agar tidak mengalami keracunan. Tubuh tidak bisa menyimpan terlalu banyak kandungan vitamin. Sehingga perhatikan konsumsi Anda, jaga kesehatan dan kebugaran, baik instan maupun alami, namun tetap aman.

Pin It

↑ Back to Top