Makanan Tinggi Asam Folat untuk Ibu Hamil

Asam folat disebut juga folat jika ditemukan dalam makanan sebagai bagian dari vitamin B kompleks. Asam folat karena memiliki peran vitamin janin bisa disebut juga sebagai vitamin ibu hamil. Mengkonsumsi asam folat yang cukup ketika sedang berusaha untuk hamil atau pada masa-masa awal kehamilan dapat membantu mencegah cacat tabung saraf seperti spina bifida. Wanita yang berada pada usia subur untuk hamil seharusnya mengkonsumsi suplemen asam folat dan juga diet makanan tinggi folat. Cacat tabung saraf terjadi pada minggu pertama kehamilan, bahkan sering sebelum anda sadar bahwa sedang hamil.

Daging Sapi

Daging umumnya tidak mengandung folat dalam jumlah yang besar. Satu pengecualian untuk keumuman ini adalah daging sapi. 3 ons persaji mengandung 215 mcg folat. Ibu hamil seharusnya mengkonsumsi paling sedikit 600 mcg asam folat perhari. Sedangkan wanita usia subur seharusnya mengkonsumsi paling sedikit 400 mcg. Wanita hamil yang dapat mengkonsumsi hati sapi bisa memenuhi kebutuhan hariannya hanya dengan satu sajiannya.

Kacang-kacangan

Semua jenis kacang-kacangan dapat mensuplai folat dalam jumlah besar untuk ibu hamil guna mensupport pertumbuhan bayinya. Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hitam, kacang biru tua. Lentil yang sudah dimasak juga merupakan sumber folat yang bagus.

Itulah beberapa makanan yang mengandung asam folat tinggi.