Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi

Setelah membaca artikel kami tentang asam folat, baik keutamaannya sampai penyakit akibat kekurangannya, pada artikel ini akan dibahas mengenai makanan apa saja yang mengandung asam folat tinggi itu. Pemenuhan vitamin B9 dengan asam folat dapat berdampak baik bagi kesehatan. Tentu tidak hanya asam folat saja yang harus dipenuhi dalam kebutuhan vitamin dan serat sehari-hari. Tapi mencakup keseluruhan dari vitamin yang ada pada sumber makanan. Mengkonsumsi suplemen vitamin juga perlu, perhatikan juga untuk tetap mengkonsumsi sumber makanan alami.

Jagung

Kita sudah tidak asing lagi dengan sumber makanan alami ini. Jagung banyak ditanam di Indonesia. Walaupun tetap jumlahnya tidak bisa mengalahkan beras dalam hal penanaman oleh para petani. Namun jagung sudah banyak juga yang menjadikannya makanan utama dalam konsumsi sehari-hari. Dengan satu cangkir jagung masak atau rebus dapat mengandung 76 mcg asam folat. Sehingga memenuhi kebutuhan vitamin B9 Anda hingga 20% kebutuhan harian. Walaupun banyak sekarang jagung dalam bentuk kalengan, namun tetap konsumsi dalam bentuk jagung segar.

Biji Bunga Matahari

Dikenal juga sebagai kuaci. Di Indonesia, biji bunga matahari masih dimanfaatkan sebagai panganan cemilan. Sehingga belum maksimal pemanfaatannya. Di luar negeri, biji bunga matahari sudah banyak yang digunakan sebagai sayur ataupun bubur dan sereal. Dengan mengkonsumsi biji bunga matahari dalam seperempat cangkir dapat memenuhi 82 mcg asam folat. Selain itu, biji bunga matahari juga tentu mengandung serat alami yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Kacang Almond

Kacang almond tidaklah sesulit dulu untuk menemukannya. Dulu kacang almond merupakan kacang khas yang tumbuh di daerah timur tengah dan Eropa. Namun apa berarti kacang almond ini ditanam di Indonesia? Tidak, karena tetap kacang almond ini sudah bisa diperoleh dengan impor. Baik langsung dari Amerika atau melalui Jepang. Harga perkilogramnya cukup mahal yaitu hampir Rp 100.000. Kacang almond ini mengandung vitamin B9 sebanyak 46 mcg dalam takaran 1 gelasnya.

Kacang Hijau

Jika kacang almond banyak ditemukan di dataran yang memiliki 4 musim, di Indonesia terkenal juga yang namanya kacang hijau. Biasanya kacang hijau sering dimanfaatkan sebagai bubur dan disantap di pagi hari. Manfaat yang digunakan dalam konsumsi kacang hijau cukup banyak, antara lain mengobati disentri, rambut rontok, biang keringat, sampai meningkatkan hormon seksualitas. Dalam takaran 1 cangkir kacang hijau mengandung vitamin B9 sebanyak 101 mcg.

Pepaya

Pepaya juga sudah banyak ditanam di Indonesia. Jika Anda belum tahu, ternyata pepaya merupakan buah yang berasal dari Meksiko. Bahkan daun pepaya dan bunganya pun ada yang dibuat sayur di Indonesia. Kini buah pepaya sudah menjadi komoditas dagang. Buah ini banyak sekali bijinya, tentu daging buahnya berwarna merah bisa dimakan baik belum matang ataupun sudah matang. Kandungan vitamin B9 pada buah pepaya dalam takaran 1 buah mengandung vitamin B9 sebanyak 115 mcg.

Alpukat

Sama halnya dengan pepaya, alpukat tidaklah berasal dari Negara-negara asia. Alpukat berasal dari Amerika dan Meksiko. Sehingga tergantung musim dan panennya di Indonesia yang menanamnya akan banyak sekali buah ini. Tapi jika tidak musim, buah ini jarang sekali ditemui. Buah ini baru masuk di Indonesia pada awal abad ke 19an dibawa oleh penjajah yang berada di Indonesia. Ternyata alpukat telah banyak dimanfaatkan seperti bijinya dapat menjadi pewarna pakaian, batangnya dapat diolah menjadi bahan bakar, dan daging buahnya telah dapat dijadikan bahan kosmetik. Untuk konsumsi sehari-hari, alpukat dengan kadar 1 cangkirnya mengandung vitamin B9 sebanyak 90 mcg.

Roti dan Sereal (Diperkaya Asam Folat)

Roti dan sereal merupakan makanan yang dibuat manusia. Dengan artian makanan olahan. Tentu tidak semua roti dan sereal mengandung asam folat. Untuk mengetahui kandungan roti dan sereal, bacalah dulu dalam kemasannya akan kandungan gizinya. Bahkan ada produsen sereal yang menambahkan hingga 100% kebutuhan asam folat harian Anda. Dengan mengkonsumsi sereal di pagi hari dapat memenuhi kebutuhan vitamin B9 Anda.

Hati Sapi

Daging masih merupakan makanan yang cukup mewah di Indonesia, apalagi daging sapi. Hati yang merupakan salah satu bagian sapi ternyata mengandung vitamin B9 yang cukup banyak. Dengan memasak 100 gram daging sapi Anda telah memenuhi kebutuhan asam folat sebanyak 70%. Tentu tidak baik juga mengkonsumsi daging hati sapi karena banyak mengandung kolesterol dan lemak.

Kentang

Kentang berasal dari Amerika Selatan, namun cukup populer di Eropa. Apalagi setelah adanya fast food yang menyajikan kentang goreng sebagai menu sajiannya. Kentang pun banyak jenisnya, bahkan ada juga banyak warnanya. Kentang bagi komoditi perdagangan dibedakan menjadi beberapa kelas, seperti A, B untuk kelas terbaik, C, D untuk kualitas buruk. Dalam ukuran kentang sedang mengandung asam folat sebanyak 30 mcg.

Asparagus

Banyak manfaat buah dan sayur yang mengandung asam folat. Ternyata dalam rebusan atau dimasak, asparagus memang cukup banyak mengandung asam folat. Sekitar 85 mcg dalam setiap 4 tusuk asparagus. Di Amerika asparagus sudah merupakan salad (penutup hidangan) dalam makanan. Sehingga lebih efektif salad dengan asparagus ini.

referensi :

Be the first to comment on "Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi"

Leave a comment