Top 8 Makanan yang Mengandung Protein

Kriteria sumber terbaik makanan yang mengandung protein adalah yang memiliki kandungan lemak minimal dan kandungan zat gizi bermanfaat yang maksimal. Untuk memilih sumber makanan berprotein terbaik, rencanakan menu harian anda dengan komposisi 50 gram protein dan kurang dari 65 gram lemak. Takaran saji yang direkomendasikan sekitar 3 gram lemak atau kurang dan 10 gram atau lebih protein rendah lemak tinggi protein.

makanan yang mengandung protein

ayam merupakan makanan yang mengandung protein lengkap – sumber gambar: food.detik

Daging Ayam

Ayam merupakan representasi dari sumber makanan yang mengandung protein lengkap, mengandung semua asam amino. Setengah dada ayam tanpa kulit mengandung 27 gram protein dan hanya 3 gram lemak.

Daging Sapi

USDA Nutrient Database merekomendasikan 3 ons per takaran saji untuk daging sapi karena kandungan lemak jenuhnya. Anda dapat memasukkan 29 gram protein dan 7 gram lemak total per takaran saji dari steak daging sapi ke dalam perencanaan diet Anda.

Ikan Salmon

Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan ikan salmon sebagai sumber makanan yang baik untuk kesehatan jantung dengan asam lemak omega 3, dan protein. 3 ons ikan salmon panggang mengandung 23 gram protein dan 9 gram lemak.

Keju Lembut

Satu cangkir keju lembut rendah lemak merupakan sumber makanan yang mengandung 27 gram protein dan 6 gram lemak. Disarankan untuk mengkonsumsi produk susu rendah lemak dalam menu makanan harian untuk pemenuhan kebutuhan kalsium dan protein.

Ikan Tuna Kaleng

Sediakanlah ikan tuna kaleng di pantry anda sebagai cadangan makanan yang mengandung protein lengkap. 3 ons ikan tuna kaleng dalam air mengandung 20 gram protein dengan lemak kurang dari 1 gram.

Kacang-kacangan

Kedelai mengandung 21 gram protein per  cangkir, dan hanya kedelailah yang merupakan makanan protein lengkap dari sumber nabati.

Yogurt

Tingkat kandungan gizi yang tinggi pada yogurt dan rendah lemak, mengandung 13 gram protein dan mendekati 50 persen kebutuhan kalsium harian per cangkirnya.

Telur

Di satu sisi telur bukan merupakan sumber protein yang sehat, akan tetapi sesekali bagus untuk dikonsumsi guna peningkatan signifikan nilai gizi. Satu telur orak mengandung 7 gram protein dan 7 gram lemak.

Inilah makanan yang mengandung protein tinggi yang bagus dijadikan menu diet protein.