Top 8 Makanan yang Mengandung Zat Besi

Zat besi adalah mineral esensial untuk pembentukan darah. Zat besi di dalam darah disebut hemoglobin, yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi di dalam otot disebut mioglobin; yang berfungsi untuk menyimpan, melepas, dan mengangkut oksigen. Cara terbaik mendapatkan sumber diet makanan yang mengandung zat besi adalah dari daging, atau sumber hewani, daripada sumber nabati atau suplemen. Akan tetapi, keuntungan mendapatkan zat besi dari sumber nabati adalah dapat diatur oleh tubuh dengan lebih baik dan lebih sedikit menyebabkan kerusakan.

makanan yang mengandung zat besi

Photo Credit Elizabeth Allam/Demand Media

8 Makanan Yang mengandung Zat Besi Tinggi

Angka kecukupan gizi, atau AKG, zat besi adalah 8 miligram untuk pria usia 19 tahun ke atas. Untuk wanita dalam rentang usia yang sama, AKG adalah 18 sampai 27 miligram — kebutuhan akan lebih tinggi untuk wanita hamil dan menyusui. Berikut 8 sumber kaya zat besi.

Hati

Hati adalah organ yang kaya akan darah, yang membuatnya menjadi makanan yang mengandung zat besi yang tinggi. Satu hati ayam mengandung 5,67 miligram zat besi, dan satu iris hati sapi yang sudah digoreng mengandung 5 miligram zat besi.

Daging Sapi dan Domba

Daging sapi dan domba adalah sumber yang baik untuk zat besi hewani. 3 ons per takaran saji daging sapi tanpa lemak dan domba tenderloin mengandung 3,1 miligram zat besi.

Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Bayam dan lobak merupakan sayuran yang termasuk jenis sumber makanan yang mengandung banyak zat besi. Satu cangkir bayam rebus mengandung 6 miligram zat besi atau 36% kecukupan harian. Terdapat 1,15 miligram dalam satu cangkir lobak yang sudah dimasak.

Biji Labu

Segenggam (kurang lebih 142 biji) labu mengandung 23% kecukupan harian zat besi. Satu ons per takaran saji dari biji labu mengandung 4 miligram zat besi.

Buncis

Buncis adalah sumber nabati dari zat besi. Buncis putih mengandung 1 miligram zat besi untuk setiap 2 sendok makan.

Gandum Utuh dan Sereal Fortifikasi

Gandum utuh dan sereal fortifikasi juga mengandung zat besi. Satu cangkir tepung haver mengandung 12 persen kebutuhan harian zat besi. Banyak sereal fortifikasi di pasaran mengandung hingga 140 persen dari kebutuhan harian zat besi dalam satu cangkir takaran saji.

Cokelat Hitam

Zat besi dapat ditemukan dalam coklat bar favorit anda yang terkandung dalam jenis coklat hitam. Rata-rata candy bar untuk setiap 1,5 ons mengandung 6 persen kebutuhan harian zat besi. Satu persegi coklat hitam, potongan yang lebih pekat, mengandung 5 miligram zat besi yang mana memenuhi 28 persen dari kebutuhan harian.

Kacang-kacangan

18 biji kacang mente yang kira-kira sama dengan 1 ons mengandung 1,7 miligram zat besi yang mana memenuhi 9 persen dari kebutuhan harian. Hazelnut, kacang tanah, dan almond mengandung 7 persen dari kebutuhan harian dalam 1 onsnya.

Tofu

Tofu adalah sumber zat besi non-daging juga. Seperempat blok tofu mengandung 2,2 miligram zat besi yang mana memenuhi 12 persen dari kebutuhan harian zat besi.

Itulah beberapa sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi.