Suntik Vitamin E: Manfaat & Efek Sampingnya


Penyuntikan vitamin ke dalam tubuh menjadi tren saat ini. Terutama kehebohan perkembangan medis ini datang dari Eropa dan Amerika Serikat. Saat para artis mencoba untuk tetap sehat namun menggunakan suntik vitamin agar lebih praktis dan instan. Dalam bidang medis kedokteran, suntik vitamin ini diberikan saat seseorang sudah tidak bisa lagi menyerap vitamin untuk dirinya sendiri secara alami. Biasanya diakibatkan sebelumnya ada masalah dengan ususnya sehingga penyerapan nutrisi makanan termasuk vitamin tidak maksimal. Sehingga penyuntikan vitamin pun diberikan.

Manfaat Suntik Vitamin E

Dalam artikel ini akan dibahas manfaat suntik vitamin E. Suntik vitamin ada dua cara yaitu secara intradermal (ke lapisan dibawah kulit) dan secara intravena (pembuluh darah). Tentu dua cara berbeda ini juga memiliki tujuan yang berbeda. Jika cara yang pertama biasanya dilakukan oleh wanita yang ingin kulitnya terlihat segar, kencang, dan terhindar dari penuaan dini. Cara pertama dilakukan di salon-salon kecantikan yang ada. Sedangkan cara kedua lebih kepada pasien yang ingin memiliki kebugaran tubuh lebih lama karena vitamin merupakan antioksidan yang baik. Dengan penyuntikan dalam pembuluh darah diharapkan vitamin bisa langsung bekerja optimal.

Namun apakah ada manfaatnya yang berarti? Terlebih untuk vitamin E, dengan metode suntik vitamin ini, Anda akan merasakan manfaat seperti perawatan kecantikan untuk wanita serta terciptanya kesegaran tubuh lebih lama bagi pria. Memang suntik vitamin E ini lebih digemari oleh wanita dibandingkan pria. Karena khasiat dan manfaatnya lebih terasa pada wanita daripada pria seperti penangkal radikal bebas dan menjadikan kulit lebih lembab, melindungi kulit dari polusi udara, melindungi dari asap rokok ataupun sinar ultraviolet. Dapat juga bermanfaat langsung menjadi anti aging, toksik, mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Efek Samping Suntik atau Injeksi Vitamin E

Efek samping suntik vitamin E tentu lebih langsung terasa dibandingkan dengan kapsul atau obat. Efek samping seperti sakitnya bekas suntikan, pusing dan mual adalah efek samping yang sering terjadi. Karena vitamin E yang seharusnya melalui proses absorpsi dan juga pengolahan dalam tubuh baru disebarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah, dipersingkat dengan lansung memberikan vitamin ke pembuluh darah melalui suntikan ini.

Efek samping biasanya terjadi juga karena vitamin E suntik ini memiliki dosis yang cukup besar yang seharusnya dikonsumsi tubuh dalam akumulasi beberapa hari. Namun untuk manfaat yang lebih terasa langsung maka dosis pun menjadi tinggi pada vitamin E suntik ini. Adapun vitamin E suntik sebenarnya untuk pasien yang sangat kekurangan vitamin E. Sehingga efek samping tidak terjadi karena tubuh masih memerlukan vitamin E dalam jumlah besar. Sebaliknya, penggunaan pada tubuh yg tidak kekurangan vitamin E dalam jumlah besar malah mengakibatkan efek samping bahkan bisa merusak organ dalam manusia jika suntik vitamin E ini digunakan terus menerus.

Dosis Vitamin E yang Dianjurkan

Suntik vitamin E ini cukup banyak dipasaran dengan kisaran harga Rp 200.000 untuk penggunaan sampai 10 suntikan. Perlu diperhatikan bahwa dosis vitamin E suntik sangat tinggi. Tidak dianjurkan pemakaian yang berlebihan karena suntik ini bisa dilakukan sekali seminggu. Anjuran untuk dosis yang tepat biasanya adalah 400 UI sehari. Namun untuk dosis suntikan biasanya 100 sampai 200 UI/ml. Jadi anda perlu mengecek dulu berapa dosis dalam suntik vitamin E yang anda beli.

Cegah Proses Penuaan Kulit

Kemudian yang akan kami bahas adalah suntik vitamin E ternyata dapat mencegah proses penuaan dini pada kulit. Pada awal paragraf artikel ini, telah kami bahas bahwa suntik vitamin E tidak semuanya disuntik ke pembuluh darah. Sama halnya seperti suntik vitamin C, suntik vitamin E pun ada yang melalui lapisat kulit saja. Suntik ini biasanya digunakan diwajah untuk mengurangi kerutan pada mata dan dahi. Serta membuat kulit wajah bisa lebih kencang.

Suntik vitamin E ini juga dapat mempertahankan kelembaban alami kulit. Karena radikal bebas akibat rutinitas diluar rumah dapat mengalami kulit kering dan kasar. Suntik vitamin E ini dapat membuat kulit tubuh tampak lebih cerah dan lembab. Kulit yang kering dapat mudah terluka dibandingkan kulit yang lebih lembab. Kulit yang lebih lembab menandakan kulit yang sehat. Maka dari itu wanita lebih memilih perawatan kecantikan dengan vitamin E ini dibandingkan dengan kosmetik kecantikan yang mengandung banyak bahan kimia. Sayangnya, banyak menyuntik vitamin E secara berlebih mengakibatkan efek samping yang sebelumnya tidak disadari.

Suntik Vitamin E Hilangkan Tumor

Vitamin E suntikan juga mampu menjadi terapi tumor. Penelitian oleh tim peneliti dari inggris pernah melakukan percobaan ini menyatakan bahwa suntikan vitamin E yang dimasukkan ke dalam darah mampu memberikan efek yang diluar dugaan terhadap sel kanker. Pada suntikan pertama, dalam waktu kurang lebih sehari, suntikan dosis tinggi vitamin E ini mampu menyusutkan sel kanker (tidak berkembangnya sel kanker). Setelah lebih dari seminggu, sel kanker berangsur-angsur menghilang dari pasien. Walaupun terapi ini belum dinyatakan benar-benar berhasil dengan artian tidak selalu pasien yang menggunakan terapi suntik vitamin E bisa mendapatkan hasil yang optimal dalam penyembuhan kanker.

Untuk itu pemenuhan vitamin E ada baiknya dengan makanan alami. Dengan mengkonsumsi minyak sayur, kacang-kacangan, sayuran hijau, lebih dapat mencegah kanker. Karena akan lebih efektif mencegahnya daripada mengobatinya.

More from Vitamin E - Tokoferol
Back to Top