Manfaat dan Fungsi Asam Folat (Vitamin B9)


Manfaat dan fungsi asam folat vitamin B9 cukup banyak. Manfaat dan fungsinya antara lain fungsi pada sel darah merah, fungsi pada DNA, manfaat untuk ibu hamil, gejala menstruasi, pertumbuhan jaringan tubuh, pencegahan bayi lahir cacat, fungsi otak, jantung, pertumbuhan rambut. Pada artikel ini akan dibahas satu persatu manfaat dan fungsi asam folat atau vitamin B9 ini.

Fungsi Pada Sel Darah Merah

Selain zat besi dan vitamin B12, dibutuhkan juga asam folat dalam pembentukan sel darah merah. Sel darah merah sangat berperan penting bagi tubuh karena bertugas mengambil oksigen pada paru-paru dan mengedarkannya keseluruh tubuh dan juga mengambil karbondioksida pada tubuh untuk dikeluarkan kembali melalui paru-paru. Dengan mengkonsumsi banyak makanan berasam folat, maka akan menciptakan sel darah merah yang baik bagi tubuh. Seperti penggunaan sereal yang khusus diperkaya asam volat atau vitamin B9 ini, maka pada sel darah merah pun kadar asam folatnya akan bertambah.

Fungsi Pada DNA

Karena fungsi asam folat itu berperan dalam sel-sel tubuh, maka dari itu asam folat berperan penting dalam perbaikan DNA pada tubuh Anda. Dengan demikian kekurangan vitamin B9 dapat menyebabkan pertumbuhan resiko penyakit kanker. Saat seseorang mengkonsumsi asam folat pada makanan khusus (suplemen), maka akan mencegahnya dari dampak kekurangan vitamin B9 yaitu masalah pada usus besar. Dimana masalah pada usus besar pun dapat mengakibatkan kanker. Sehingga perlu bagi Anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat.

Manfaat Untuk Ibu Hamil

Dibandingkan dengan manfaat sebelumnya, asam folat memang lebih dikenal bermanfaat bagi ibu hamil. Asam folat berfungsi mencegah bayi lahir cacat pada otak dan sumsum tulang belakang. Untuk wanita hamil dalam penelitian dianjurkan mengkonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg sampai 600 mcg. Kadang pemenuhannya tidak stabil seperti ibu hamil cenderung mual untuk mengkonsumsi makanan alami yang mengandung vitamin B9 ini. Sehingga pemenuhannya bisa diupayakan dengan minum susu yang khusus untuk ibu hamil.

Gejala Menstruasi

Manfaat asam folat sebelumnya telah dibahas yaitu sebagai pembentuk dari sel darah merah. Dengan demikian dapat membantu gejala menstruasi dan akibatnya pada gejala anemia pada wanita. Pada beberapa wanita, menstruasi sangat berat dilalui. Kehilangan darah yang cukup banyak dari biasanya berdampak buruk bagi tubuh. Biasanya dokter akan menganjurkan Anda atau memberikan resep dimana asam folat ada didalamnya.

Pertumbuhan Jaringan Tubuh

Karena fungsinya yang telah dijelaskan sebagai pembentukan DNA, asam folat pun berperan penting dalam pertumbuhan jaringan tubuh. Ada keterkaitan antara asam folat dengan pembentukan jaringan tubuh yang telah rusak. Bahkan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa penggunaan asam folat membantu atas kesembuhan jaringan saraf tulang belakang namun diharapkan juga memiliki manfaat yang sama pada manusia.

Pencegahan Bayi Lahir Cacat

Bayi lahir cacat memang disayangkan. Salah satu manfaat asam folat adalah untuk mencegah hal itu terjadi. Karena telah dibuktikan dalam penelitian bahwa penggunaan asam folat pada saat kehamilan bermanfaat mencegah cacat tabung saraf yang akan berdampak pada tulang belakang dan otak. Penelitian pun berlanjut adanya penurunan bayi yang mengalami cacat lahir sebanyak 2% saja yang masih mengalami cacat lahir daripada mereka yang tidak mengkonsumsi asam folat bisa sampai 6%. Bahkan di Amerika Serikat, bayi lahir cacat hanya mencapai 60 bayi dari 1000 kelahiran bayi baru. Ini angka yang cukup kecil karena masyarakatnya telah sadar untuk mengkonsumsi asam folat.

Fungsi Otak

Saat otak mengalami gangguan, maka seseorang bisa menjadi depresi atau gangguan kognitif lainnya. Untuk itulah asam folat bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi otak. Pada orang lanjut usia, asam folat berperan mencegah terjadinya kepikunan serta penurunan memori ingatan pada otak. Penelitian telah membuktikan bahwa mereka yang mengkonsumsi asam folat setidaknya di usia 50 tahunan selama 3 tahun mampu mengimbangi mereka yang berusia 40 tahun dalam masalah ingatan pada sebuah tes di Belanda.

Jantung

Cacat pada jantung karena bawaan atau genetik akibat kelahiran bayi jarang terjadi. Pada penelitan telah membuktikan, cacat jantung bisa dikurangi jika pada saat kehamilan, ibu hamil banyak mengkonsumsi multivitamin yang terkandung asam folat didalamnya. Walau korelasinya tidak bisa diukur dengan jelas, namun dengan mengambil asam folat pada konsumsi suplemen ibu hamil mampu ditekan daripada mereka yang tidak mengkonsumsi asam folat dalam jumlah yang cukup.

Pertumbuhan Rambut

Asam folat ternyata mampu juga sebagai terapi untuk pertumbuhan rambut. Karena fungsinya yang dapat membuat pembentukan jaringan maka dapat menumbuhkan rambut. Pada studi khusus dikatakan bahwa asam folat dapat mengobati kerontokan rambut. Dengan konsumsi asam folat rutin berarti mencegah terjadinya kerontokan rambut. Misalnya saja pada pria yang telah berumur mengalami kebotakan pada kepala, rontoknya rambut pada tubuh, dapat diobati dengan penggunaan asam folat dalam konsumsi sehari-harinya. Asam folat yang direkomendasikan sejumlah 400 mcg perhari. Bisa diperoleh pada sereal, sayuran, dan buah-buahan. Jika sudah mengkonsumsi makanan tersebut masih mengalami kerontokan pada rambut, Anda bisa mengkonsumsi suplemen asam folat yang langsung tertera lebih dari 400 mcg pertablet/kapsulnya.

Back to Top