Manfaat dan Fungsi Biotin (Vitamin B7)

Setelah mengetahui tentang pengertian vitamin B7 atau biotin, maka manfaat dan fungsinya secara jelas pun perlu diketahui. Apa saja manfaat dan fungsi biotin yang akan dibahas di artikel ini? Manfaat dan fungsinya yaitu metabolisme energi, pertumbuhan rambut, pertumbuhan kuku, menurunkan berat badan, mengatur kadar gula darah, organ seksual pria, sel-sel darah dan sumsum tulang. Dari berbagai manfaat dan fungsi tersebut akan dijelaskan satu persatu.

Metabolisme Energi

Energi didapatkan dari metabolisme yang terjadi didalam tubuh. Saat makanan ke dalam tubuh masuk terutama yang banyak mengandung lemak, protein dan karbohidrat, biotin mengubahnya menjadi glukosa atau gula sederhana. Dimana gula inilah yang menjadi bahan bakar tubuh untuk melakukan aktifitasnya dan menjadi energi. Semakin banyak kinerja biotin pada tubuh, maka tubuh akan semakin aktif. Hal sebaliknya terjadi saat tubuh dipaksa melakukan aktifitas berat, namun hanya sedikit aktifitas biotin untuk metabolisme tubuh. Akibatnya tubuh akan mengalami kelelahan. Walaupun tubuh telah diasup banyak makanan, yang terjadi malah mengantuk. Karena makanan tersebut tidak diolah menjadi energi dan tersimpan di dalam tubuh sehingga kinerja tubuh menjadi menurun.

Pertumbuhan Rambut

Pada masalah rambut seperti rambut putih (uban) muncul lebih dini, kerontokan, rambut kering, berminyak, dan tidak sehat dapat diobati dengan penggunaan biotin. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya produk kosmetik pada wanita yang menggunakan biotin sebagai bahan tambahan untuk perawatan rambut. Karena rambut hampir seluruhnya mengandung protein dan biotin merupakan vitamin B yang mampu membantu metabolisme protein, sehingga rambut yang rontok bisa segera dibentuk lagi dan mencegahnya kembali mengalami kerontokan. Walaupun banyak peneliti juga mengatakan biotin tidak dapat terserap ke lapisan kulit secara optimal, sehingga penggunaannya pun harus melalui sumber makanan alami ataupun suplemen.

Pertumbuhan Kuku

Sama halnya dengan rambut, kuku juga akan menjadi sehat jika biotin dikonsumsi dengan dosis tepat setiap hari. Karena kuku yang retak dan patah terjadi akibat kekurangan biotin. Sehingga pertumbuhannya pun diperlukan dengan bantuan biotin. Untuk mencegah kuku mudah retak dan patah, biotin bisa dikonsumsi sehari-hari. Kuku sehat juga sangat bermanfaat dan tidak akan mengganggu aktivitas lainnya untuk kuku selain biotin ini. Biotin untuk kesehatan kuku selain dari makanan yang kita makan, bisa juga dari bahan kosmetik. Namun saat tubuh mengalami masalah pada kuku yang sudah parah (begitu juga rambut), maka dengan mudah mengkonsumsi biotin untuk mengobatinya.

Menurunkan Berat Badan

Dikarenakan fungsinya sebagai metabolisme energi, maka mengkonsumsi biotin dapat bermanfaat untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Karena saat tubuh mengalami kelebihan berat badan, tidak sepenuhnya lemak, protein yang tersimpan dalam tubuh bisa digunakan sebagai energi. Sehingga dibutuhkan biotin untuk mengkonversinya menjadi energi. Dengan demikian saat berolah raga, Anda tidak akan mudah merasa lelah. Lemak, protein serta karbohidrat bisa berkurang dengan cepat dengan melihat adanya penurunan berat badan. Pembakaran pada tubuh ini mengakibatkan protein dan lemak akan diubah menjadi penyusun dan pembentuk otot yang baik. Berat badan akan berkurang namun tubuh akan menjadi lebih kokoh.

Mengatur Kadar Gula Darah

Ternyata penggunaan biotin atau vitamin B7 ini berfungsi mengatur kadar gula dalam darah. Bagi mereka yang mengalami diabetes, mengkonsumsi biotin dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi menjadi rendah. Dengan mengkonsumsi biotin secara rutin setiap hari sebanyak hampir 900mcg selama sebulan, maka kadar gula dalam darah akan turun. Tentu dengan mengurangi juga konsumsi karbohidrat serta makanan bergula lainnya yang dapat memicu kembalinya naik gula darah dalam tubuh.

Organ Seksual Pria

Dengan mengkonsumsi biotin, juga dapat membantu pria dalam masalah hubungan intim dengan istri mereka. Karena kelelahan dapat terjadi dengan kekurangan biotin yang dikonsumsi dalam tubuh. Sehingga mengkonsumsi biotin membantu stamina pria dalam hubungan seksual mereka lebih terjaga. Ini terlihat dari organ seksualitas pada pria yang dalam kondisi kesehatan yang prima. Sehingga jika masalah dalam rumah tangga Anda terutama pada suami karena stamina yang cepat menurun saat berhubungan intim, maka dengan konsumsi biotin secara alami bisa membantu dalam masalah seksualitas suatu keluarga.

Sel-sel Darah dan Sumsum Tulang

Biotin juga sebagai kofaktor dalam pembentukan sel-sel darah merah di sumsum tulang belakang. Karena sirkulasi pergantian sel darah merah pada tubuh juga diperlukan secara optimal agar jumlah sel darah merah tidak mengalami kelebihan ataupun kekurangan di dalam tubuh. Sehingga kebutuhan konsumsi vitamin B7 atau biotin tetap diperlukan. Walaupun tidak ada tanda-tanda khusus saat tubuh mengalami gangguan pada sirkulasi sel-sel darah merah. Namun gelaja seperti anemia bisa terjadi.

Dari beberapa manfaat dan fungsi yang telah dipaparkan diatas, tentu akan menambah wawasan Anda tentang vitamin B7 atau biotin ini. Ternyata manfaat dan fungsinya sangat banyak. Sehingga konsumsi hariannya pun tetap diperlukan untuk kesehatan tubuh. Penuhi dengan mengkonsumsi kuning telur, kacang-kacangan, pisang, jamur, sarden, dan ragi. Dengan demikian Anda akan terhindar dari defisiensi atau kekurangan vitamin B7 dalam konsumsi makanan harian Anda.

Be the first to comment on "Manfaat dan Fungsi Biotin (Vitamin B7)"

Leave a comment