Manfaat Suntik Vitamin C


Untuk merawat tubuh, kecantikan, begitu banyak metode yang tersedia. Metode alami dipadukan dengan metode modern sudah banyak sekarang dilakukan. Dulu metode alami benar-benar mampu membuat kebutuhan akan diri cantik terpenuhi. Seperti sekarang yang masih melekat di kerajaan-kerjaan di Indonesia seperti di Solo dan Yogyakarta. Namun metode alami dirasakan membuahkan hasil yang lama dan butuh konsistensi yang tekun. Sekarang ini dikenal adanya suntik vitamin C yang mampu untuk merawat kulit dan memberikan kecantikan tersendiri bagi para wanita. Pada artikel ini akan dibahas tentang manfaat dan fungsi suntik vitamin C lebih jauh.

Kebutuhan Vitamin C Tubuh

Kebutuhan vitamin C dalam tubuh secara harian adalah sekitar 75 mg sampai 90 mg sehari. Sedangkan untuk suntik vitamin C dapat dilakukan 1 gram sampai 4 gram setiap suntikan. Tergantung tujuan pemakaiannya. Karena vitamin C ini sebagai antioksidan yang baik serta dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Jika suntikan vitamin C dapat dilakukan sekali sampai dua kali seminggu. Karena setelah lebih dari 6 kali penyuntikan baru dirasakan manfaatnya untuk tubuh atau tujuan yang dimaksud.

Efektivitas Suntik Vitamin C Dibandingkan Konsumsi Oral

Konsumsi vitamin C banyak caranya. Baik secara alami memakan buah atau sayuran. Secara suplemen vitamin C yang memiliki dosis tinggi. Serta dengan suntikan vitamin C. Namun manakah yang lebih efektif? Ternyata vitamin C suntik ini memiliki efektivitas yang paling baik dibandingkan mereka yang mengkonsumsi vitamin C secara dimakan melalui buah, sayuran, maupun suplemen. Seperti yang dijelaskan bahwa vitamin C yang dimakan memiliki proses lebih lama hingga bisa menjadi vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Usus memiliki tingkat penyerapan berbeda disetiap orang. Oleh karena itu suntikan vitamin C lebih efektif karena langsung disebarkan ke pembuluh darah dan menuju ke sel yang membutuhkan vitamin C.

Manfaat Injeksi Vitamin C Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Imunitas atau kekebalan tubuh itu penting untuk dijaga. Dengan asupan gizi yang tepat membuat kekebalan tubuh meningkat. Konsumsi vitamin C pun perlu. Baik secara oral atau injeksi. Biasanya imunitas menurun saat tubuh menderita flu. Saat orang terserang flu, sebelumnya konsumsi vitamin C jarang masuk ke dalam tubuh. Hingga perlu konsumsi vitamin C. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi injeksi vitamin C ini efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh yaitu dosis, fisik, dan kebutuhan. Karena jika konsultasi akan dosis, fisik (adanya alergi atau tidak), serta kebutuhannya (mendesak atau tidak) tidak dipenuhi, maka tubuh akan mendapatkan efek samping suntik vitamin C ini.

Kegunaan Suntik Vitamin C Untuk Mempercepat Proses Penyembuhan

Saat kebutuhan vitamin C ini tidak terpenuhi, maka pembentukan kolagen pun terganggu yaitu sel-sel sulit untuk saling melekat. Sehingga timbulnya beberapa penyakit seperti sariawan, luka sulit sembuh, radang gusi, dan lain sebagainya. Sehingga konsumsi vitamin C akan membantu proses penyembuhan pada tubuh yang sakit. Injeksi atau suntik vitamin C ini ada dua cara yaitu intravena dan intramuskular. Namun untuk keamanan suntik secara intravena lebih banyak ditemukan di masyarakat. Untuk itulah penyembuhan bisa lebih optimal jika suntik vitamin C diberikan. Dalam kondisi khusus (kekurangan vitamin yang parah) injeksi vitamin C ini diberikan oleh dokter. Jadi jangan mencobanya sendiri untuk mencegah kelebihan dosisnya.

Manfaat Injeksi Vitamin C Untuk Kecantikan Kulit

Untuk kecantikan kulit, suntik vitamin C lebih efektif dibandingkan dengan mengkonsumsinya secara oral. Apalagi dengan suntik vitamin C ini langsung ke pembuluh darah dan sel-sel di kulit langsung menerima asupan vitamin C yang dibutuhkan. Vitamin C inilah yang menyebabkan kolagen pada kulit tidak mudah rusak dan terekat dengan erat. Dengan begitu sel kulit akan mengurangi kerutan pada kulit dan kulit akan lebih halus. Kolagen ini tidak hanya pada kulit saja. Tapi juga pada jaringan penghubung seperti tulang, dan ikatan sendi pada tulang.

Selain Manfaat Adapula Resiko Injeksi Vitamin C

Tentu ada kelebihan ada juga kekurangan. Injeksi vitamin C ini juga memiliki kekurangan yaitu resiko yang dialami seseorang setelah melakukan injeksi vitamin C. Resikonya, bisa memacu pembentukan batu ginjal, memperburuk pasien hematokromatosis, dan memperburuk yang memiliki maag kambuhan karena vitamin C bersifat asam. Jika suntikan dilakukan secara cepat dapat menyebabkan pingsan dan pusing. Oleh karena itu dosis vitamin C tidaklah boleh sembarangan. Jika sembarangan bisa menyebabkan resiko-resiko diatas. Sehingga penggunaannya pun harus melalui resep dokter (walaupun bisa jadi ada gejala yang dapat terpicu yang belum diketahui walaupun memakai resep dokter).

Hindarilah suntikan vitamin C ini untuk pemakaian sendiri. Atau diklinik sekalipun. Karena kita tidak tahu sampai sekarang yang membedakan harga antara suntik vitamin C. Harga suntik vitamin C ini antara Rp 75.000 sampai Rp 3.000.000. Untuk itu perlu kehati-hatian dalam penawaran dan penggunaan suntik vitamin C. Pada sebagian kasus suntik ini menjadikan seseorang kecanduan, menopause dini, bahkan kematian. Jadi bijaklah dan konsultasikan dahulu ke dokter untuk penggunaan suntik vitamin C ini.

Back to Top