Manfaat dan Fungsi Vitamin B Kompleks


Mengenal sumber makanan alami yang mengandung vitamin B ataupun mengenal manfaatnya secara umum telah dibahas pada artikel-artikel lain di website ini. Kali ini akan dibahas tentang manfaat dan fungsi vitamin B kompleks lebih mendetail untuk Anda karena memang informasi ini sangat bermanfaat. Mengenal manfaat dan fungsinya dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit. Baik penyakit yang datangnya dari luar maupun karena kekurangan vitamin B itu sendiri.

Produksi Energi Bagi Tubuh

Diketahui memang secara umum bahwa produksi energi tubuh bisa terjadi karena adanya metabolisme karbohidrat, lemak, protein menjadi glukosa dan zat lain yang lebih sederhana. Jika karbohidrat, lemak dan protein tidak diproses menjadi lebih sederhana sehingga tertimbun di dalam tubuh maka akan mengakibatkan tubuh menjadi lemah dan malas. Kegemukan pun akhirnya terjadi. Karena adanya kerjasama unsur-unsur vitamin B Kompleks ini maka konversi sumber makanan seperti karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energy dapat terjadi. Sehingga dapat kita gunakan untuk beraktivitas.

Rambut, Kuku, dan Kulit

Vitamin B kompleks yang membantu dalam regenerasi sel dan pertumbuhan jaringan tubuh adalah vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5 dan vitamin B7. Vitamin B2 berfungsi dalam pertumbuhan kuku dan rambut. Vitamin B3 untuk membuat kulit tampak lebih sehat dan cantik. Vitamin B5 berfungsi untuk membantu proses penyembuhan pada kulit yang terluka (memperbaiki sel kulit yang rusak). Terakhir vitamin B7 yang digunakan dalam kosmetik kecantikan dak perawatan kecantikan kedokteran selain juga membantu dalam menjaga kesehatan kulit kepala pada bayi.

Kolesterol

Ternyata vitamin B3 atau niasin membantu dalam proses pengontrolan kolesterol di tubuh. Vitamin B3 membantu meningkatkan nilai HDL dalam darah dan mengurangi nilai LDL dalam darah. HDL adalah kolesterol baik yang menyehatkan. Sedangkan LDL adalah kolesterol buruk yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Kemudian vitamin B6 yang ternyata juga membantu dalam proses terbentuknya vitamin B3 dalam tubuh. Sehingga mereka yang mengalami tinggi kolesterol bisa diobati dengan vitamin B kompleks.

Pertumbuhan dan Produksi Sel

Vitamin B kompleks jenis tertentu ternyata mampu berfungsi sebagai regenerasi sel. Seperti riboflavin yang berfungsi dalam pembentukan sel baru pada tubuh. Lalu ada asam pantotenat yang berfungsi dalam proses pembentukan sel di sumsum tulang belakang dan juga piridoksin yang membantu proses pembentukan sel darah merah di sumsum tulang belakang. Jika konsumsi vitamin B kompleks ini berkurang, gejala anemia pun bisa terjadi.

Sistem Imun dan Pencegahan Penyakit

Vitamin B kompleks juga berperan dalam sistem imun pada tubuh serta pencegahan dari berbagai macam penyakit. Seperti asam folat (salah satu jenis vitamin B kompleks) yang berperan membantu ibu hamil melindungi bayinya untuk tumbuh dan berkembang optimal di masa kandungan. Selain juga melindungi diri dari resiko penyakit jantung dan juga kanker usus besar. Vitamin B6 yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh lebih optimal. Serta penggunaan vitamin B12 mampu membantu wanita mengurangi terkenanya kanker payudara. Dari berbagai macam penyakit itu, konsumsi vitamin B kompleks sejak awal lebih utama dibandingkan nanti setelah penyakit datang dan pengobatannya.

Sistem Saraf

Sistem saraf manusia juga butuh asupan vitamin. Terutama vitamin B kompleks. Dikarenakan vitamin B membantu sistem saraf untuk memperbaiki fungsinya. Sehingga saat seseorang kekurangan vitamin B kompleks yang terjadi adalah kram otot, nyeri perut, depresi, gejala penyakit pernafasan, pusing dan lain sebagainya. Sistem saraf lainnya yang berhubungan dengan otak dan gangguan kejiwaan juga dapat menjadi lebih buruk jika kebutuhan vitamin B kompleks tidak terpenuhi dengan baik. Gejala ini mirip juga dengan penyakit stroke. Dimana saraf-saraf pada tubuh untuk menggerakkan anggota tubuh lainnya terganggu walau hanya dalam kondisi ringan seperti kram otot, kejang, sampai mati rasa pada bagian tubuh tertentu.

Pencegahan Kanker

Belum dapat disimpulkan sebenarnya penyakit kanker bisa dicegah dengan konsumsi vitamin B kompleks. Namun memang kecenderungannya menurun prosentasinya pada seseorang yang mengkonsumsi vitamin B (dalam kurun waktu beberapa tahun), dengan mereka yang tidak mengkonsumsi vitamin B. Konsumsi vitamin B pun bisa secara alami seperti sumber makanan daging, unggas, ikan, telur, dan juga susu. Sedangkan secara suplemen pun sudah banyak dijual vitamin B kompleks. Walaupun tetap kecenderungan tubuh mengalami overdosis vitamin B kompleks lebih sering terjadi dengan alasan mencegah penyakit kanker.

Mengatasi Stress

Seperti yang telah dijelaskan diatas. Bahwa konsumsi vitamin B dapat mengobati dan mengoptimalkan fungsi saraf pada tubuh. Dengan artian bahwa mengkonsumsi vitamin B pun dapat mengatasi stress. Vitamin B ini mengobati neurotransmitter yaitu sel yang berhubungan dengan otak manusia. Walaupun jelas stress yang akut dan parah tidaklah bisa diobati hanya dengan mengkonsumsi vitamin B saja. Namun tetap bisa mengatasi stress yang dialami seseorang. Sehingga konsumsi vitamin B yang sangat banyak manfaatnya ini menguntungkan kita semua.

More from Vitamin B Kompleks
Back to Top