WIKIVITAMIN.COM

informasi, berita, dan isu kesehatan seputar vitamin & mineral

Manfaat dan Fungsi Vitamin B1


Ada beberapa vitamin yang memiliki ciri khas punya beberapa macam jenis. Misalnya vitamin K ada vitamin K1,K2, dan K3. Untuk vitamin B pun juga demikian. Memiliki jenis bermacam-macam. Tentu penamaannya pun juga berbeda. Pada artikel ini akan dibahas tentang manfaat dan fungsi vitamin B1 yaitu Thiamin. Vitamin B adalah vitamin yang kompleks. Vitamin B1 atau Thiamin lebih banyak dikenal sebagai vitamin yang dapat membuat saraf tegang mengendur bahkan membuat badan menjadi lebih segar. Bahkan digunakan dalam minuman suplemen berenergi karena dapat mengkonversi karbohidrat menjadi energi.

Mencegah Penyakit Beri-beri

Ternyata penyakit beri-beri begitu mengerikan jika tidak diatasi. Diberi nama beri-beri karena jika seseorang terkena penyakit ini seperti terlihat berjalan hewan biri-biri. Penyakit ini menyerang saraf. Hal ini menyerang kemampuan motorik seseorang akibat polyneuritis. Untuk itu vitamin B1 rutin diberikan agar penyakit beri-beri ini tidak menyerang. Tentu dengan asupan makanan yang tepat seperti kulit beras (nasi), susu, buah dan sayuran segar.

Penyebabnya tentu banyak orang Indonesia sendiri lebih memilih beras yang putih bersih. Padahal kulit terluarnya banyak mengandung vitamin B1 ini. Sehingga banyak sekali masyarakat Indonesia terserang penyakit ini. Bahkan tidak mengenal usia dan jenis kelamin, semua orang bisa terserang penyakit ini. Bahkan jika sang Ibu menderita beri-beri semasa hamil, bayinya pun akan terserang penyakit ini saat usianya mencapai 4 bulan.

Konsumsi banyak vitamin B1 dengan banyak makan seperti kacang hijau, santan kelapa, gula enau, kulit kamboja, kulit kacang kayu laut, kulit puail, bawang merah, adas, pulosari, daun sirih, beras merah, daun singkong, dan masih banyak lagi pencegahan maupun pengobatan dengan herbal alami yang banyak mengandung vitamin B1 ini. Sehingga penyakit beri-beri bisa segera dihilangkan.

Mengkonversi Karbohidrat Menjadi Energi

Karbohidrat menjadi energi sudah banyak yang mengetahuinya, namun tidak banyak yang mengetahui jika vitamin B1 juga berperan dalam konversi ini. Banyak orang yang menduga, nasi putih merupakan sumber terpenting dari energi. Padahal tidak demikian. Karena vitamin B1 lah yang mengkonversikan karbohidrat itu menjadi energi. Jadi tidak semata-mata nasilah yang membuat diri mendapatkan energi.

Perlu diperhatikan nasi bisa juga disubtitusi menjadi makanan lain untuk mendapatkan energi. Yang penting makanan tersebut mengandung karbohidrat. Jangan lupa untuk menambahkan sayuran agar vitamin B1 dapat dipenuhi oleh tubuh dan mengkonversi karbohidrat menjadi energi. Subtitusi lain dari nasi adalah roti, sereal, tepung terigu, udang, kepiting, kentang, jagung, singkong, ubi dan kerang adalah salah satu makanan pengganti nasi yang bisa anda konsumsi untuk mendapatkan karbohidrat. Penting untuk tetap menambahkan vitamin B1 seperti sayur hijau dan susu untuk didapatkannya energi maksimal dalam tubuh.

Mengoptimalkan Fungsi Otak

Vitamin B1 juga mampu mengoptimalkan kerja otak. Diketahui konsumsi vitamin B1 yang bisa membuat otak lebih optimal adalah 1,1 mg untuk pria, 1,2 mg untuk wanita hamil, dan 1,4 mg untuk wanita menyusui. Namun ada yang berpendapat lain bahwa vitamin B1 bisa dikonsumsi hingga 50 sampai 1000 mg dan tidak mengalami gejala efek samping apapun.

Untuk dapat mengoptimalkan kerja otak dengan cara menyenangkan, anda bisa mengkonsumsi jus sirsak. Karena pada jus ini mengandung banyak sekali vitamin seperti vitamin C, vitamin A dan juga vitamin B1 yang sedang kita bahas ini. Karena optimalnya otak terbantu dengan adanya sirkulasi darah ke otak yang lancar. Maka dari itu vitamin B1 lah yang membuat darah mudah sirkulasi ke otak. Dan juga menjaga sistem saraf agar otak mampu bekerja sebagaimana mestinya.

Mengurangi Resiko Gigitan Nyamuk

Apa bisa seperti itu? Ya, ternyata bisa. Buah durian merupakan buah yang mengandung vitamin B yang tinggi. Tentu dengan demikian vitamin B1 yang terkandung pun tinggi. Lalu bagaimana caranya agar vitamin B1 pada durian ini mampu menangkal gigitan nyamuk? Ternyata jika kita memakan buah durian ini tidaklah langsung dapat mengurangi resiko gigitan nyamuk. Bisa namun hanya sekitar wajah. Karena nyamuk mendeteksi keberadaan kita dengan karbon dioksida yang kita keluarkan. Dengan memakan durian maka nafas kita menjadi bau buah durian. Hal ini ternyata tidak begitu disukai oleh nyamuk. Jika kulit durian ini, bagian dalamnya dioleskan pada tubuh, maka dapat mengurangi resiko gigitan nyamuk karena bau badan kita sudah tercampur dengan bau durian.

Menjaga Kesehatan Otot

Bagaimana juga vitamin B1 dapat menjaga kesehatan otot? Ya, vitamin B1 dapat menjaga kesehatan otot. Karena sifatnya seperti vitamin C yang larut dalam air, maka dari itu kinerjanya pun sangat cepat dalam sehari. Sangat sedikit yang tersimpat di tubuh. Sehingga vitamin B1 ini dapat juga memelihara otot tubuh. Biasanya digunakan vitamin B1 ini pada para pekerja kantoran atau karyawan lapangan atau siapapun yang mengalami pegal linu. Banyak sekali obat yang dijual ternyata mengandung vitamin B1. Jadi konsumsilah vitamin B1 dengan dosis yang tepat agar mendapatkan manfaat pada otot yang baik juga.

Ternyata banyak sekali manfaat dan fungsi vitamin B1 ini untuk tubuh. Padahal masih ada banyak jenis vitamin B yang juga bermanfaat tubuh. Namun satu jenis saja membawa banyak manfaat. Ayo jangan malas mengkonsumsi makanan bergizi. Karena banyak sekali vitamin yang terkandung dalam makanan sehat, buah, dan sayuran.

More from Vitamin B1 - Thiamin
Back to Top