Vitamin

informasi, berita, dan isu kesehatan seputar vitamin

Manfaat dan Fungsi Vitamin B12

Pin It

Kali ini kita akan membahas tentang manfaat dan fungsi vitamin B12 atau lebih dikenal dengan kobalamin. Karena kobalamin merupakan salah satu dari penyusun vitamin B kompleks, maka dari itu sangat penting mengetahui manfaat dan fungsinya untuk memaksimalkannya dalam mengkonsumsi vitamin B12. Sama halnya dengan vitamin lainnya, vitamin B12 terdapat baik dalam makanan alami ataupun dalam suplemen vitamin. Bersama vitamin B lain, vitamin B12 dapat membantu tubuh untuk tetap sehat. Untuk lebih jelasnya, kami akan membahas tentang manfaat dan fungsi vitamin B12.

Metabolisme

Ternyata vitamin B12 juga berperan dalam metabolisme pada tubuh manusia. Vitamin B12 berperan dalam menormalkan fungsi saraf dan otak, selain itu pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Vitamin B12 ini berperan dalam metabolisme yaitu metabolisme sel-sel tubuh. Seperti sintesis dan regulasinya serta metabolisme menjadi energi pada asam lemak yang terdapat ditubuh. Tepatnya pada tubuh manusia, vitamin B12 membantu metabolisme tergantung pada koenzim A (CoA) yaitu membantu dalam metabolisme propionate dan zat tertentu pada asam amino mengubahnya menjadi suksinil CoA. Kemudian melewati siklus asam sitrat. Jika kekurangan vitamin B12 dapat mengakibatkan keterbelakangan mental atau gangguan metabolisme lainnya.

DNA

Dalam memproduksi DNA dan RNA, vitamin B12 sangat berperan disini. Vitamin B12 berkoordinasi dengan vitamin B9 atau folat menciptakan sel darah merah selain itu juga zat besi agar berfungsi sebagaimana mestinya di dalam tubuh. Folat dan B12 ini berkoordinasi untuk menghasilkan S-adenosylmethionine (SAMe) salah satu senyawa yang berperan dalam mengatur imunitas tubuh. Saat tubuh miskin sintesis DNA yang tidak terbentuk dari folat dengan bantuan vitamin B12 maka terjadi anemia pernisiosa dan megaloblastosis. Diketahui kekurangan vitamin B12 mengakibatkan ketidaknormalan sindrom. Dimana vitamin B12 tergantung dari enzim methylmalonyl Koenzim A dan 5-methyltetrahydrofolate-homosistein methyltransferase (MTR).

Anemia

Jenis anemia yaitu anemia pernisiosa saat tubuh terutama sel pada lambung tidak mampu membuat faktor intrinsik. Tanpa faktor intrinsik, vitamin B12 yang telah masuk ke dalam tubuh tidak dapat diserap dengan baik dan vitamin B12 terbuang percuma. Anemia ini ditandai dengan gejala kulit pucat, kelelahan, berat badan menurun, demam, diare, kesemutan di tangan dan kaki, bingung, kehilangan keseimbangan tubuh, hilangnya ingatan, dan kemurungan diri. Vitamin B12 harus terus diasup oleh penderita anemia pernisiosa dan juga butuh perawatan dokter lebih lanjut agar anemia ini cepat sembuh.

Penyakit Jantung

Kekurangan vitamin B12 ternyata dapat memicu penyakit jantung. Tingginya asam amino homosistein mengakibatkan berkembangnya penyakit jantung koroner 1,7 kali lebih tinggi. Selain itu juga 2,5 kali lebih tinggi terkena stroke ketimbang orang yang mengkonsumsi vitamin B12. Vitamin B12 membantu menurunkan kadar homosistein. Namun tetap tanyakan pada dokter untuk kesehatan jantung Anda.

Melindungi Sistem Saraf

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kerusakan selubung myelin yang melindungi saraf pada tubuh. Jika myelin rusak, maka saraf pun ikut terganggu. Oleh karena itu kekurangan vitamin B12 dapat merusak sistem saraf tulang belakang. Akibat lainnya yaitu sakit pada saraf, gangguan saraf hingga permanen dan demensia. Bahkan penyakit alzeimer juga terjadi pada mereka yang mengalami gangguan saraf ini. Untuk itu mengkonsumsi vitamin B12 dapat melindungi dan merawat selubung myelin untuk saraf yang lebih baik dan menghindari gangguan saraf.

Kanker Payudara

Tidak ada bukti secara khusus yang menandakan vitamin B12 dapat mencegah dari kanker payudara. Namun wanita yang mengkonsumsi vitamin B12 ternyata dapat menurunkan seseorang terkena penyakit kanker payudara. Karena Vitamin B12 ini berkoordinasi dengan folat dan folatlah yang menurunkan resiko terserangnya seseorang kena kanker payudara. Belum lagi adanya fakta bawa saat wanita mengalami menopause dimana kekurangan vitamin B12 dan folat mengakibatkan lebih mudah terserang kanker payudara.

Kesehatan Mata

Fakta terbaru menyatakan dengan mengkonsumsi vitamin B12, folat, dan vitamin B6 pada dosis yang cukup tinggi dapat mencegah seseorang terserang AMD. Apa itu AMD? AMD adalah salah satu penyakit mata yang dapat mengakibatkan seseorang kehilangan penglihatannya.

Kesehatan Rambut

Kerontokan rambut dialami pria dan wanita sekarang ini. Disebabkan oleh kekurangan vitamin B12. Kesehatan rambut penting untuk dijaga. Untuk itulah dengan banyak mengkonsumsi vitamin B12 mencegah Anda dari penuaan dini yang ditandai dengan kerontokan pada rambut. Walaupun tidak sepenuhnya rambut rontoh dikarenakan kekurangan vitamin B12. Bisa jadi dikarenakan penggunaan obat berlebihan, penggunaan sampo yang salah juga dapat mengakibatkan kerusakan rambut.

Dari berbagai macam manfaat vitamin B12 diatas berarti Anda telah mengetahui bahwa vitamin B12 ternyata juga sangat penting untuk kebutuhan vitamin harian Anda. Karena vitamin B12 termasuk dari vitamin B kompleks dimana terdapat banyak sekali pada sumber makanan alami. Terutama pada daging. Seperti daging sapi, kambing, dada ayam. Jika ternyata aktivitas sibuk Anda tidak dapat meluangkan waktu untuk makan makanan sehat, ada baiknya untuk Anda untuk dapat mengkonsumsi suplemen yang tentu menggantikan sumber makanan alami dalam pemenuhan vitamin B12. Penuhi kebutuhan vitamin B12 Anda dan cegah segala macam gangguan tubuh akibat kekurangan vitamin B12.

Pin It

↑ Back to Top