Manfaat dan Fungsi Vitamin B15

Vitamin B15 atau asam pangamat tentu didapatkan baik dari sumber alami maupun suplemen. Karena suplemen vitamin B15 sudah jarang ada dipasaran, bukan berarti tidak bisa ditemukan. Untuk mengkonsumsi vitamin B15 sekarang ini harus melalui anjuran dokter, dikarenakan manfaat yang langsung dihasilkan dan struktur kimianya yang berbeda dari vitamin B lainnya. Vitamin B15 juga banyak terdapat pada nasi, daging, serta kacang-kacangan Di artikel ini akan dibahas mengenai manfaat dan fungsi vitamin B15 bagi tubuh secara lebih jauh sehingga Anda bisa membaca dan mengambil wawasan dari artikel ini.

Mencegah Penuaan Dini (Anti Aging)

Penuaan diri erat kaitannya dengan masalah pada kulit. Misalnya kulit terlalu kusam, cepat berkeriput, terutama pada tangan dan wajah. Sehingga vitamin B15 yang diyakini sebagai anti aging tetap diminati oleh beberapa kalangan tertentu misalnya wanita dewasa dan ibu-ibu. Apa yang dilakukan vitamin B15 sehingga dapat mencegah penuaan dini? Tentu fungsi dari vitamin B15 adalah sebagai antioksidan. Dimana menjaga sel-sel tubuh mengalami kerusakan akibat aktivitas oksidasi di dalam tubuh. Selain itu, biasanya multivitamin B15 terdiri dari komposisi dengan vitamin C dan vitamin E. Dimana kedua vitamin itu juga membantu optimalisasi kulit terhindar dari penuaan dini. Beberapa bahkan memasukkan vitamin B15 dalam bentuk komersial seperti kosmetik.

Antioksidan

Vitamin B15 juga sebagai antioksidan, bahkan manfaat yang berkaitan dengan aktivitas oksigen di dalam tubuh ini. Vitamin B15 dipercaya mampu meningkatkan tubuh menggunakan oksigen saat tubuh sedang mengalami kekurangan oksigen. Ini terjadi jika Anda seorang atlit sehabis berolahraga, atau saat berada di ruangan yang penuh asap dan sangat sedikit oksigen yang ada. Oksigen yang meningkat inilah juga memicu adanya kerja tambahan baik memperbaiki kelelahan pada otot dan otak. Sehingga bersifat antioksidan terhadap siklus oksidasi tubuh. Vitamin B15 yang masih terkait dengan antioksidan ternyata mampu memperbaiki dinding pembuluh darah pada bagian tubuh tertentu. Ini menandakan pencegahan terjadinya kerusakan pembuluh darah di daerah organ vital manusia.

Membantu Hati Dalam Detoksifikasi

Dalam hal detoksifikasi, organ hati adalah andalan utama tubuh ini. Karena setiap hari kita mengkonsumsi makanan dan minuman dari luar, lalu menghirup udara yang tidak bersih. Sehingga tubuh mengalami keracunan. Organ hatilah yang menjadi penawar racun bagi tubuh agar tetap sehat. Namun jika organ hati ini tidak dijaga dan membiarkan makanan apapun masuk ke dalam tubuh tanpa terkontrol, maka organ inipun bisa rusak. Diperlukan vitamin untuk menjaga ataupun membantu proses detoksifikasi seperti vitamin B15. Dengan cara membantu menjadi stimulan untuk dapat membuat sistem endokrin lebih aktif sehingga fungsi hati bisa optimal.

Asthma

Asthma adalah salah satu penyakit dimana seseorang dapat mengalami sesak nafas atau kesulitan bernafas disaat-saat tertentu. Penyakit ini dikenal sebagai penyakit bawaan atau genetik. Sehingga terkadang jika seseorang memiliki penyakit asthma, dirinya sulit berada di lingkungan yang panas, berdebu, atau bahkan jika jatuh sakit, penyakit ini pada seseorang sering dialami. Lalu bagaimana hubungan vitamin B15 dengan penyakit ini? Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa vitamin B15 dapat membuat oksigen pada tubuh lebih banyak yang masuk saat tubuh kekurangan oksigen. Saat seseorang terserang asthma, dengan mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan vitamin B15 maka dapat segera teratasi. Dimana vitamin B15 ini membawa oksigen sebanyak yang ada dalam tubuh maupun menstimulasi organ tubuh agar lebih banyak menghisap oksigen. Sehingga penyakit asthma dapat dihindari, diringankan, maupun dengan vitamin B15 ini.

Sumber Alami Vitamin B15

Memang lebih baik mengkonsumsi sumber makanan alami dalam vitamin B15. Seperti nasi merah, kacang wijen. Namun apa sebenarnya sumber alami dari vitamin B15 itu? Sebenarnya sumber makanan alami vitamin B15 sama dengan halnya pada vitamin B kompleks lainnya, seperti daging ikan, daging sapi, telor, susu, sayuran hijau, kacang-kacangan. Kemudian ada labu, biji bunga matahari, beras merah dan ragi. Bahkan jika Anda mau, mengkonsumsi vitamin B15 sendiri sudah ada dalam suplemen vitamin. Untuk itu penuhi dengan makanan yang baik.

Lalu apakah tubuh kita benar-benar memerlukan vitamin B15? Sebenarnya belum ditemukan bukti ilmiah mengenai nilai gizi yang terkandung di dalam vitamin B15. Namun produsen vitamin tetap memproduksi dan mendistribusi vitamin B15 ini ke segala wilayah benua. Seperti Rusia dan Eropa yang ternyata cukup banyak mengkonsumsi vitamin B15. Walaupun banyak klaim yang menyatakan bahwa vitamin B15 itu memiliki banyak manfaat. Seperti mencegah kerusakan hati, meningkatkan imunitas, mengurangi penyakit asthma sampai membantu menghilangkan gejala mabuk.

Perlu diketahui bahwa vitamin B15 yang tidak didapatkan di dalam distribusi umum dan masih dianggap sangat perlu anjuran dokter terlebih dahulu. Bahkan beberapa produk vitamin B15 dapat menyebabkan kanker bukan karena vitamin B15 itu sendiri melainkan banyaknya kandungan zat kimia dalam suplemen yang terkandung dalam satu suplemen vitamin. Untuk tetap berhati-hati menggunakan suplemen vitamin B15 ini, selain karena tidak ditentukan anjuran dosis hariannya dan juga struktur kimianya tidak sama dengan vitamin B pada umumnya.

referensi:

Be the first to comment on "Manfaat dan Fungsi Vitamin B15"

Leave a comment