Manfaat dan Fungsi Vitamin B17 (Amygdaline)


Setelah mengenal apa itu manfaat dan fungsi vitamin B15 yang sebelumnya tidak pernah Anda ketahui, kali ini kita akan membahas manfaat dan fungsi vitamin B17. Menurut sejarah, vitamin B17 disebut juga amygdaline yang merupakan vitamin efektif dalam pengobatan kanker sejak abad ke 18. Namun hingga kini pembuktian akan penelitian dan kasus mereka yang terserang kanker sembuh dengan menggunakan metode pengobatan vitamin B17 belum menunjukkan bukti yang kuat. Walaupun begitu, mengetahui manfaat dan fungsinya lebih jauh tentu membuat wawasan Anda bertambah akan beragam jenis vitamin yang bisa kita konsumsi demi kesehatan tubuh.

Melawan Kanker

Amygdaline merupakan glikosida. Sehingga obligasi untuk nutrisi lain dengan gula dan glikosida seringkali digunakan dalam obat-obatan untuk mempermudah penguraian dan penyerapan dalam tubuh. Sehingga vitamin B17 pun digunakan dalam konsumsi obat-obatan hingga saat ini. Jika vitamin B17 ini diekstraksi, maka disebut Laetrile, dimana sering digunakan dalam pengobatan penyakit kanker. Namun bagaimana bisa vitamin B17 melawan sel kanker?

Pada penelitian yang pernah dilakukan, mengkonsumsi vitamin B17 dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan kanker. Walaupun tidak ditemukan secara mandiri bahwa vitamin B17 saja cukup melawan penyakit kanker. Harus disertai diet makanan yang tepat, mengkonsumsi obat, dan juga olahraga yang teratur. Pada uji laboratorium dikatakan bahwa ternyata vitamin B17 ini bekerja secara berkesinambungan dengan vitamin A, C, E, dan B15, enzim pangkreas, serta enzim lain dalam mengurai sel-sel kanker pada tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Saat seseorang mengalami hipertensi atau tekanan darah yang tinggi, maka aktivitas pun terganggu, dan juga tidak lagi dapat mengkonsumsi segala jenis makanan. Bahkan dapat memicu terjadinya stroke dan penyakit jantung. Memang benar ternyata penelitian lebih lanjut mampu menemukan adanya keterkaitan menurunnya tekanan darah yang tinggi dengan konsumsi vitamin B17 secara rutin dan dosis yang cukup tinggi. Walaupun begitu, penggunaan vitamin B17 untuk hipertensi tidak disarankan jika Anda belum berkonsultasi pada dokter Anda. Karena peningkatan pada obat hipertensi dengan vitamin B17 mengakibatkan kemungkinan terjadi hipotensi.

Menguatkan Sistem Imun

Dalam kehidupan kita, tubuh tidak lantas terbebas dari segala macam gangguan dari luar. Baik makanan, minuman, serta udara yang kita hirup sehari-hari. Untuk itu, tubuh memiliki sistem imun yang mana membantu manusia dalam pengurangan terjadinya sakit dan ketidaksetabilan fungsi tubuh. Terutama bagian sendi, saraf, dan sel tubuh berkaitan dengan sistem imun. Saat sistem imun ini menguat, maka seperti penyakit rematik pun bisa diatasi. Tentu sekali lagi dalam konsumsi harian dengan suplemen vitamin B17 (tidak dengan makanan yang alami), diharuskan untuk terlebih dulu berkonsultasi ke dokter Anda.

Mengurangi Inflamasi

Apa itu inflamasi? Inflamasi adalah peradangan dalam tubuh. Sehingga mencegah hal itu, vitamin B17 sangat berguna. Ternyata vitamin B17 memiliki fungsi mengurangi nyeri dan peradangan pada tubuh serta meningkatkan tripsin dan chymotrypsin. Dimana kedua zat tersebut dapat memacu sel darah putih untuk menyerang sel kanker (sel penyakit) pada tubuh. Perlu diketahui juga peradangan tubuh terkait erat juga dengan imunitas. Tentu penyakit yang nyata akibat adanya peradangan adalah rheumatoid arthritis dan penyakit Crohn, sehingga dalam konsumsi vitamin B17 membantu mengurangi bahkan mencegah inflamasi. Karena dosis pemakaian untuk mendapatkan fungsi dari vitamin B17 ini sangat tinggi, lebih sangat mengkonsultasikan dulu ke dokter.

Mengatur pH Tubuh

Jika Anda belum tahu, pH tubuh kita berkisar antara 7,35 sampai 7,45. Jika pH tubuh mengalami abnormal, bisa kurang bisa lebih dari biasanya maka tubuh dapat mengalami keracunan, kegagalan organ dalam tubuh, sampai kematian tanpa sebab dan tanpa sempat ditangani. Banyak teori dan pendapat serta penelitian tentang pH tubuh ini. Secara penglihatan fisik, keadaan pH tubuh berubah tidak dapat dilihat. Namun jika seseorang mengalami diare ataupun hiperventilasi, maka pH normal tubuh pun dapat terganggu. Sehingga dengan konsumsi vitamin B17 secara rutin dapat menyeimbangkan kembali pH tubuh yang telah berubah. Sekali lagi konsultasikan ke dokter untuk penggunaan vitamin B17 dalam dosis yang besar.

Sumber Alami Vitamin B17

Jika memang vitamin B17 perlu sekali pengamatan dokter dalam penggunaannya, terutama bagi suplemen vitamin B17, maka dengan jelas tentu ada juga sumber alami vitamin B17. Lebih aman dan dapat dikonsumsi dalam jumlah besar pun tidak masalah. Diketahui makanan dengan vitamin B17 tertinggi adalah aprikot dan almond. Selain itu, berikut jenis-jenis sumber makanan alami yang banyak mengandung vitamin B17.

  • Gandum
  • Blackberry, raspberry, dan cranberry
  • Ragi bir
  • Berbagai jenis beras, beras merah, putih, coklat, dll.
  • Selai kacang, kacang lima, kacang fava, kacang garbanzo
  • Kacang mete, kacang macadamia, dan kacang pecan
  • Kismis
  • Singkong
  • Biji rami
  • Kacang koro
  • Bayam
  • Kecambah

Tentu dari berbagai sumber makanan diatas cukup banyak mengandung vitamin B17 dan cocok untuk menjadi menu tambahan hidangan Anda.

Ternyata selain memiliki fungsi dan manfaat yang cukup banyak, ada efek samping tersendiri dimana orang yang cenderung tidak cocok atau sensitif terhadap vitamin B17 dapat mengalami lemah dan sakit kepala. Jika hal ini terjadi, pencegahan dengan meminum lemon, jeruk dan jus anggur bisa meredakan gejala dengan segera. Lalu terakhir pengambilan asam klorida dapat memecah reaksi yang berlangsung sehingga Anda dapat kembali normal.

referensi:

Back to Top