Vitamin

informasi, berita, dan isu kesehatan seputar vitamin

Manfaat dan Fungsi Vitamin B2

Pin It

Vitamin B kompleks telah banyak dibahas. Sebelumnya kita telah membahas vitamin B1. Kali ini akan membahas vitamin B2. Apa itu vitamin B2? Jika anda belum mengetahuinya, dalam dunia medis vitamin B2 sering disebut Riboflavin. Fungsi secara umumnya yaitu membantu pelepasan energi yang ada pada makanan dan mempertahankan kesehatan kulit dan rambut. Vitamin B2 ini banyak terkandung pada susu, gandum, daging sapi, telur, salmon, daging ayam, keju, roti dan bayam. Untuk mengetahui manfaat dan fungsi vitamin B2 ini, anda bisa membacanya melalui artikel ini.

Berperan Penting Dalam Metabolisme Energi

Disebutkan pada paragraf diatas ternyata vitamin B2 sama halnya seperti vitamin B1 yaitu berperan penting dalam metabolisme energi. Koenzim yang berperan dalam berbagai metabolisme energi dalam tubuh adalah fungsi vitamin B2. Berperan untuk pemecahan senyawa karbohidrat menjadi gula yang lebih mudah dicerna. Vitamin B2 ini juga berperan dalam mengkonversikan senyawa lain seperti protein dan lemak untuk menjadi energi. Bahkan pembentukan mineral dan metabolisme vitamin lain juga dibutuhkannya vitamin B2 ini. Sehingga sangat penting untuk mendapatkan asupan energi dari makanan yang anda makan dengan mengkonsumsi vitamin B2. Hal ini akan membantu bagi sebagian orang yang bekerja berat di pekerjaannya agar tidak mudah capek.

Antioksidan untuk Melindungi dari Radikal Bebas

Stress akibat udara kotor radikal bebas bisa saja terjadi. Saat segala macam senyawa gas tersebut masuk ke dalam tubuh dan merusak pelan-pelan sel dan jaringan dalam tubuh. Akibatnya seperti otak yang butuh banyak asupan oksigen, malah terasup banyak udara tidak bersih. Sehingga stress pun timbul. Vitamin B2 inilah yang bermanfaat sebagai antioksidan. Karena vitamin B2 sebagai komponen penting dari terbentuknya redoks glutathione yang mampu untuk menghilangkan radikal bebas ini. Berperan juga dalam proses antioksidan dalam darah dan mecegah penyakit seperti asam urat.

Pembentukan Sel Darah Merah yang Kaya Oksigen

Ternyata sel darah merah pada tubuh kita ini dibentuk oleh vitamin B2. Bisanya sel darah merah yang kaya oksigen ini akan di suplai ke bagian organ mata. Karena radikal bebas dapat menyebabkan sel darah merah rusak oleh karena itu dibutuhkan vitamin B2 untuk dapat membentuk sel darah merah yang baru. Sel darah merah inilah yang kaya akan oksigen yang mampu mengangkut oksiget melalui pembuluh darah ke seluruh bagian tubuh. Karena organ tubuh akan rusak jika oksigen yang dibawa sel darah merah tidak cukup untuk asupan tubuh. Misalnya terjadinya pingsan atau pusing karena oksigen tidak cukup tersuplai ke otak.

Mengkonversi Vitamin B6 dan Asam Folat

Seperti paragraf sebelumnya bahwa vitamin B2 membentuk sel darah merah yang membawa banyak oksigen. Jika disadari ternyata vitamin B6 dan B9 (asam folat) juga berfungsi sebagai pembentukan sel darah merah. Sehingga sangat terkait dengan fungsi dari vitamin B2. Karena vitamin B2 termasuk mengkonversi senyawa lain, ternyata juga mengkonversi dirinya sendiri yaitu vitamin B6 dan B9. Dimana fungsi dari vitamin B6 adalah untuk memproduksi lebih dari 60 enzim. Sedangkan vitamin B9 atau asam folat ini berfungsi untuk membantu sel tubuh tumbuh dan membelah dengan benar. Vitamin B9 ini juga membantu dalam mengontrol nafsu makan seseorang.

Manfaat Bagi Sistem Saraf

Vitamin B2 juga berpengaruh dalam kegunaannya melindungi sistem syaraf. Karena sistem syaraf yang kekurangan vitamin B2 akan terganggu. Lalu saraf apa yang terganggu akibat kekurangan vitamin B2 ini? Terutama saraf mata. Adanya gangguan pada mata seperti gangguan semakin sulit melihat jarak dekat atau jarak jauhnya pandangan melihatnya mata. Juga bermanfaat dalam saraf mata untuk mencegah katarak dan keratitis. Sehingga sangat bermanfaat mengkonsumsi vitamin B2 ini untuk menjaga organ tubuh manusia.

Pemeliharaan Organ Tubuh

Pemeliharaan organ tubuh dengan vitamin B2 sudah dijelaskan diatas yaitu pada organ mata. Karena sel saraf pada mata dipelihara dengan vitamin B2 ini. Organ pernafasan pun dapat dipelihara dengan mengkonsumsi vitamin B2 ini. Diketahui bahwa vitamin B2 membantu dalam regenerasi energi pada tubuh dengan proses respirasi atau pernafasan. Dan juga mampu menangkal radikal bebas di udara. Sehingga kesehatan organ pernafasan seperti hidup dan paru-paru. Karena radikal bebas dapat merusak alveolus pada paru-paru dan vitamin B2 menjaganya dari kerusakan ini. Vitamin B2 ini juga mampu untuk mencegah dari penyakit seperti hipoglikemia dan kanker rahim.

Pertumbuhan Secara Umum

Secara umum vitamin B2 juga mempengaruhi pertumbuhan. Karena vitamin B2 ini bisa dikonsumsi oleh ibu hamil untuk perkembangan bayinya. Karena vitamin B2 ini membantu alam pembelahan sel pada tubuh dengan benar. Sehingga mencegah resiko adanya bayi lahir cacat akibat sang ibu kekurangan vitamin B2. Bayi lahir cacat ini akan mengalami kecacatan tabung saraf, kelainan pada tulang belakang, dan kelainan dimana otak tidak terbentuk. Untuk itulah dimana ibu hamil perlu mengkonsumsi vitamin B2 agar saat anaknya lahir nanti mengurangi resiko lahir cacat yang dibawa pada pertumbuhan si bayi.

Masih banyak manfaat lain yang dapat dihasilkan dari mengkonsumsi vitamin B2 ini seperti mencegah jerawat, stress, depresi, obesitas, anemia, kanker rahim, migrain, dan kram otot. Semoga hal ini bisa menambah informasi anda untuk membiasakan diri mengkonsumsi vitamin B2.

Pin It

↑ Back to Top