Manfaat dan Fungsi Vitamin B3

Mengkonsumsi vitamin B kompleks saja, anda sudah mendapatkan banyak sekali manfaat vitamin B secara keseluruhan itu sendiri. Karena dari vitamin B1, B2, B3 sampai B12 bisa anda dapatkan untuk tubuh dan kesehatan anda. Untuk itulah vitamin B ini sangat bermanfaat dan berfungsi bagi kesehatan tubuh. Pada artikel ini akan dibahas tentang manfaat dan fungsi vitamin B3 atau disebut niasin. Sebelumnya sudah dibahas vitamin B1 dan B2 baik dari manfaat, fungsi, defisiensi, kelebihan, sampai penyakit dan pengobatannya.

Berperan Penting Dalam Metabolisme Karbohidrat

Untuk manfaat dan fungsi yang pertama yang bisa anda ketahui adalah vitamin B3 ini berperan penting dalam metabolisme karbohidrat. Metabolisme karbohidrat penting karena bisa mengkonversinya menjadi energi dan tenaga untuk keperluan aktivitas kita sehari-hari. Jika anda pernah mengkonsumsi nasi yang banyak mengandung karbohidrat tidak dikonversi menjadi energi, maka diri ini akan mudah sekali lelah dan mengantuk. Tentu mengubah makanan menjadi energi ini tidak hanya sebatas pada nasi. Tapi makanan lain yang kita konsumsi yang mengandung karbohidrat.

Kesehatan Kulit, Rambut, dan Kuku

Bagaimana manfaatnya secara alami untuk wanita modis jaman sekarang? Karena banyak sekali wanita modern yang mementingkan kesehatan penampilannya seperti kulit, rambut, dan kuku, maka vitamin B3 ini tepat untuk dikonsumsi. Untuk sirkulasi bagi kesehatan kulit vitamin B3 juga tepat untuk dikonsumsi. Bahkan kulit bisa tampak lebih cerah, proses penuaan yang lebih lama, serta penundaan uban pada rambut. Kesehatan kulit, rambut dan kuku ini jelas sangat tergantung pada sintesis RNA dan DNA. Dimana sintesis itu dibantu oleh vitamin B3 ini. Sehingga kuku pun bisa panjang teratur atau lebih cepat, begitu juga rambut tergantung dari konsumsi harian vitamin B3 anda.

Mengurangi Risiko Aterosklerosis (Jantung Koroner)

Jantung koroner tentu pada orang tertentu bisa terpicu. Biasanya hal paling mendasar adalah karena pola makan dalam hidup yang buruk yang menjadi pemicunya. Jantung koroner sendiri berarti adanya endapan lemak yang berkumpul di dalam sel tubuh yang sebenarnya melapisi dinding suatu arteri koroner dan menyumbat aliran darah. Penyakit inilah yang bisa membuat arteri di jantung menjadi sempit. Jika hal ini semakin buruk, yang terjadi adalah pasokan oksigen, darah ke jantung melalui aliran darah bisa berkurang dan menyebabkan kerusakan jantung.

Vitamin B3 seperti fungsinya mampu mengkonversi karbohidrat, lemak, protein menjadi tenaga. Dengan banyaknya tenaga yang sudah dikonversi dari lemak tersebut mencegah adanya kolesterol berlebih pada tubuh. Seseorang akan cenderung bergerak, berpikir, dan melakukan kegiatan lain jika kelebihan tenaga. Secara tidak langsung inilah yang menyebabkan vitamin B3 mampu menjadi pengurang resiko penyakit jantung koroner.

Memproduksi Hormon Seks

Hormon seks yang tentu ada pada tubuh kita juga dipicu produksinya dengan vitamin. Salah satunya adalah vitamin B3. Tubuh memiliki kelenjar adrenal untuk menghasilkan hormon seks dan stress yang saling terkait. Bahkan vitamin B3 inilah yang merangsang kelenjar adrenal untuk bekejra lebih banyak menghasilkan hormon. Tentu sangat berhubungan dengan kesuburan alat kelamin bagi konsumsinya baik pria maupun wanita. Sehingga vitamin B3 ini lebih banyak dikonsumsi bagi mereka keluarga yang sedang merencanakan kehamilan.

Mengurangi Kolesterol

Vitamin B3 juga mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Fakta ini jarang diketahui oleh orang banyak karena kebanyakan makanan berkolesterol memang lebih enak untuk dinikmati. Seperti tempe. Sangat jelas tempe mengandung vitamin B3 lebih banya dibandingkan bahan dasarnya sendiri yaitu kacang kedelai. Niasin atau vitamin B3 ini mampu menurunkan kadar kolesterol tubuh dan juga dibantu oleh zat isoflavon untuk mengurangi kolesterol tersebut.

Makanan lain yang bisa anda konsumsi untuk mengurangi kolesterol serta banyak mengandung vitamin B3 adalah bawang putih, teh, anggur, apel, alpukat, blueberry dan ikan. Tentu kolesterol ini tidaklah bisa turun seketika. Harus ada pembiasaan mengkonsumsi makanan diatas agar kadar kolesterol tubuh bisa turun menjadi normal.

Mengobati Penyakit Pellagra

Pellagra jika anda belum mengetahuinya adalah penyakit musiman. Dimana muncul pada musim semi dan berlangsung pada musim panas. Penyakit ini menyerang orang yang lebih banyak mengkonsumsi jagung dalam kesehariannya. Karena jagung sendiri sangat sedikit kandungan vitamin B3nya. Pellagra terjadi dengan adanya tanda-tanda kelainan pada kulit, otak, dan saluran pencernaan. Gejala yang umum terjadi adalah adanya kemerahan pada daerah kulit yang mirip dengan luka bakar akibat paparan sinar matahari. Kemudian kulit akan berwarna kecoklatan.

Dengan pemberian niasin atau vitamin B3, maka penyakit pellagra dapat disembuhkan. Dosis untuk seseorang yang terkena penyakit ini adalah 25 kali dosis harian normalnya dan tambahan vitamin B jenis lain pada dosis tinggi juga. Pemberian niasin ini juga harus dalam pengawasan dokter. Karena dosis tinggi ini jika tidak tepat malah menimbulkan gangguan penyakit lain pada tubuh.

Mengobati Radang Sendi, Diabetes, dan Jerawat

Ternyata manfaatnya sampai sejauh ini mampu mengobati radang sendi, diabetes, dan jerawat. Biasanya niasin untuk pengobatan penyakit diatas tidaklah tersedia dalam bentuk satuan vitamin. Namun sudah ada dalam bentuk herbal yang bisa dikonsumsi secara aman dan alami. Namun jika anda tidak mau mengambil resiko, datang ke dokter untuk meminta vitamin sebagai pengobatan penyakit diatas pun akan diberikan. Tentu sekali lagi pengobatan dengan vitamin seperti niasin atau vitamin B3 ini perlu diawasi agar tidak menimbulkan kadar kelebihan yang bisa mengganggu sistem kerja tubuh.

Be the first to comment on "Manfaat dan Fungsi Vitamin B3"

Leave a comment