WIKIVITAMIN.COM

informasi, berita, dan isu kesehatan seputar vitamin & mineral

Manfaat dan Fungsi Vitamin C


Siapa yang suka makan jeruk? Pasti kenal dengan vitamin C. Jika dalam bahasa kimia, dikenal dengan nama asam askorbat. Tentu dehidroaskorbat juga nama lain dari vitamin C. Memiliki sifat antioksidan dan berbentuk kristal keputihan yang larut dalam air (seperti iklan suatu suplemen vitamin C yang biasanya berupa tablet yang dilarutkan dalam air dan bisa Anda konsumsi sebagai vitamin C cair). Ternyata vitamin C ini memiliki banyak manfaat dan fungsi. Untuk lebih mengenal lebih jauh manfaat vitamin C ini, ikuti terus paparan kami pada artikel ini.

Flu Biasa

Bagaimana dengan penyakit flu? Banyak sekali penyakit flu. Dari yang sering kita alami, sampai yang dapat membawa kematian seperti flu burung. Lantas flu seperti apa yang berkaitan dengan manfaat vitamin? Menurut penelitian yang dirangkum dari mediaIndonesia.com dimana vitamin C tidaklah langsung meredakan flu biasa ini setelah gejala awal menyerang seseorang. Sehingga penyakit flu ini akan terus berkembang. Namun dengan melakukan konsumsi vitamin C berkelanjutan setiap hari setidaknya mengurangi lamanya seseorang diderita penyakit flu itu sampai 8%. Biasanya flu akan menghigapi seseorang antara 3 sampai seminggu. Dengan konsumsi vitamin C maka akan mempercepat setidaknya 1 sampai 2 hari penyembuhan penyakit flu biasa ini. Biasanya dengan mengkonsumsi 75 mg sampai 90 mg setiap hari vitamin C akan dapat memenuhi kebutuhan vitamin C secara harian.

Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yaitu imun tubuh manusia ternyata ada kaitannya juga dengan manfaat dan fungsi vitamin C. Sistem kekebalan tubuh erat kaitannya dengan virus yang menyerang tubuh. Karena tubuh yang mengalami penurunan kekebalan tubuh akibat lelah, penat, dan makanan yang dimakan kurang memenuhi gizi harian, sehingga mudah mengalami infeksi. Infeksi virus inilah yang mana sistem kekebalan tubuh terganggu. Sehingga beragam penyakit bisa menyerang tubuh seseorang. Jadi konsumsilah vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh yang lelah setiap hari.

Antioksidan

Antioksidan erat kaitannya dengan penangkalan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dengan memperlambat proses oksidasi. Radikal bebas dapat berasal dari dalam tubuh maupun langsung dari luar tubuh. Vitamin C inilah merupakan antioksidan eksternal yang didapat diluar tubuh manusia. Karena antioksidan sendiri ada yang berasal dari dalam tubuh dan luar tubuh. Bedanya, antioksidan dari dalam tubuh biasanya tidak mampu untuk menangkal radikal bebas (biasanya terkait dengan makanan modern yang dikonsumsi). Sehingga membutuhkan antioksidan dari luar yaitu vitamin C. Sedangkan vitamin C sendiri merupakan antioksidan sekunder. Yaitu berfungsi untuk menangkap radikal bebas dan mencegah terjadinya reaksi berantai.

Penyakit Jantung

Benarkah penyakit jantung dapat dicegah dengan mengkonsumsi vitamin C? Tentu melihat fungsinya juga mampu untuk menangkal radikal bebas serta meningkatkan imunitas tubuh. Berarti dapat juga mencegah penyakit jantung terjadi. Peneliti pun telah menemukan bahwa konsumsi harian standar yaitu 75 mg sampai 90 mg harus ditingkatkan sampai 200 mg perhari. Bahkan vitamin C ini biasanya disertakan bersama dengan resep obat untuk membantu penyembuhan bagi mereka yang mengalami gejala penyakit jantung.

Kesehatan Kehamilan

Vitamin C dan kesehatan kehamilan bisa begitu bermanfaat sangat baik di kondisi yang sulit sekalipun. Seperti pada ibu hamil yang punya kebiasaan merokok. Vitamin C ternyata mampu meningkatkan fungsi paru-paru pada janin bayi untuk bisa berfungsi secara optimal. Banyak dari mereka, ibu hamil, yang merokok dan mengkonsumsi vitamin C dengan anjuran dokter mampu melahirkan bayi tumbuh sehat setidaknya 48 jam setelah melahirkan. Tumbuh kembangnya paru-paru pada bayi akan menghindarkan segala macam penyakit paru-paru atau kelainan paru-paru pada bayi. Jika hal ini saja bermanfaat untuk ibu hamil merokok, maka jelas sekali juga bermanfaat untuk ibu hamil yang tidak merokok.

Penyakit Mata

Penyakit mata dan vitamin C juga terkait apalagi jika membahas penyakit mata yaitu katarak. Penyebab kebutaan bisa terjadi akibat katarak yang tidak diobati. Katarak ini sering menyerang mereka yang usianya telah menua, biasanya mulai usia 40 tahun keatas. Penelitian mengatakan bahwa orang yang mengkonsumsi vitamin C mampu mencegah terjadinya resiko katarak hingga 38%. Dalam penelitian juga dikatakan bahwa mata adalah organ tubuh yang rentan terhadap stress oksidatif yang dapat merusak lensa mata. Sehingga pencegahan penyakit mata bisa dilakukan sedini mungkin dengan mengkonsumsi vitamin C.

Kesehatan Kulit

Dalam produk kosmetik tentu vitamin C sekarang ini sudah banyak digunakan. Saat terpapar sinar matahari, kulit akan meningkatkan pigmen melanin sehingga kulit berwarna kecoklatan. Vitamin C mencegah pigmen melanin itu terbentuk begitu banyak. Sehingga warna kulit pun bisa dicegah perubahannya dan kerusakannya dengan menggunakan vitamin C. Selain itu dalam kosmetik, vitamin C mampu membuat produksi kolagen menjadi banyak sehingga kulit akan lebih lentur dan segar.

Kanker

Banyak pro dan kontra dikalangan peneliti dengan manfaat vitamin C dapat mengobati atau mencegah penyakit kanker. Karena peneliti yang mendukung tentu berpendapat dengan penelitiannya bahwa vitamin C dapat membunuh sel kanker dalam tubuh. Sedangkan yang menolak mengatakan bahwa kelebihan vitamin C atau pengkonsumsian vitamin C secara terus menerus mengakibatkan obat kanker yang seharusnya diminum tidak bekerja semestinya. Sehingga dapat memperburuk penyakit kanker. Untuk hal ini ada baiknya dikonsultasikan pada dokter Anda.

Dari sekian banyak manfaat dan fungsi vitamin C menginformasikan bahwa vitamin C sangat baik dikonsumsi secara harian. Karena vitamin C larut dalam air maka jika berlebihan akan langsung dikeluarkan melalui urin. Jadi bagi Anda yang ingin sehat. Konsumsilah vitamin C secara harian dengan jumlah dosis yang tepat.

Back to Top