Manfaat dan Fungsi Vitamin D

Artikel vitamin D yang pernah dibahas sebelumnya tentu sudah membawa pengetahuan lebih banyak bagi Anda dibandingkan sebelumnya. Karena pada artikel kami, menyajikan pembahasan vitamin yang cukup mendalam. Kali ini, kami akan membahas manfaat dan fungsi vitamin D.

Membantu Pembentukan dan Pemeliharaan Tulang

Sebenarnya pembentukan dan pemeliharaan tulang ini tidak serta merta hanya karena vitamin D. Karena vitamin D tetap dapat berkolaborasi dengan vitamin lain seperti vitamin C untuk dapat membantu pembentukan tulang. Namun fungsi khusus dari vitamin D adalah untuk membantu pengerasan tulang dengan cara mengatur untuk kalsium dan fosfor pada tubuh agar ada di dalam darah yang kemudian diendapkan pada proses pengerasan tulang. Salah satu cara pengerasan tulang ini adalah pada tulang kalsitriol dan hormon paratiroid merangsang pelepasan kalsium dari permukaan tulang masuk ke dalam darah.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

manfaat vitamin d sistem kekebalan tubuh

image courtesy of ddpavumba/ freedigitalphotos.net

Ternyata vitamin D ini tidak hanya melulu soal pemeliharaan tulang. Akan sangat disayangkan jika Anda mengkonsumsi vitamin D hanya tahu fungsi vitamin ini sebatas pembentukan tulang saja. Karena ternyata dapat juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D ini juga dapat menghancurkan bakteri dan virus dalam tubuh kita. Bagaimana caranya? Sel pembunuh dari sistem imun atau kekebalan tubuh ini dinamakan sel T. Jika tubuh kita kekurangan asupan vitamin D, maka sel T ini pun tidak akan bekerja optimal untuk melawan infeksi seperti virus dan bakteri dengan baik. Sehingga untuk menjaga kekebalan tubuh diperlukan asupan vitamin D yang cukup.

Menghancurkan Bakteri dan Virus Dalam Tubuh

Sama seperti pembahasan sebelumnya yaitu vitamin D sebagai sistem imun tubuh juga sebagai penghancur bakteri dan virus dalam tubuh. Namun secara spesifik, vitamin D ini dapat menghancurkan beragam virus seperti virus influenza. Pada penelitian oleh salah satu professor asal spanyol membuktikan bahwa virus influenza ini menyerang lebih banyak di musim-musim dingin atau hujan dimana banyak orang yang dimusim tersebut kekurangan vitamin D. Jadi benarlah bahwa vitamin D bisa menghancurkan virus dan bakteri dalam tubuh.

Manfaat Untuk Kulit

Bagaimana dengan manfaat untuk kulit? Diketahui bahwa tubuh bisa memproduksi vitamin D loh. Walaupun tetap harus ada asupan dari makanan alami tanpa perlu mengkonsumsi dari suplemen vitamin D lainnya. Asupan makanan vitamin D yang alami bisa anda konsumsi yaitu dari ikan-ikan, telur, atau margarin. Karena manfaatnya untuk kulit tentu akan membuat kulit lebih sehat. Terlebih untuk vitamin D2 dan D3 dapat mencegah gangguan kulit seperti psoriasis. Dapat juga memperbaiki kerusakan kulit, mencegah infeksi luka dalam kulit dan meremajakan kulit. Biasanya digunakan dalam produk perawatan kecantikan.

Kanker Kolon dan Kanker Prostat

Ternyata manfaat vitamin D ini sangat banyak. Mencegah kanker? Tentu bisa juga loh. Jika anda mau mengkonsumsinya, maka anda akan terhindar dari penyakit kanker seperti kanker kolon dan kanker prostat. Telah diteliti bahwa mengkonsumsi vitamin D dapat menghambat penggandaan sel kanker. Semakin banyak dan tinggi vitamin D dalam darah yaitu sekitar 25-hidroksi vitamin D maka semakin rendah terjadinya kanker kolon.

Memperlambat Penambahan Berat Badan Untuk Wanita Menopause

Ternyata saat wanita mengalami masa menopause berat badan pun bisa ikut naik. Apalagi didaerah sekitar pinggang akan ada lebih banyak penimbunan lemak. Vitamin D ini berfungsi untuk menyerap kalsium lebih banyak. Sehingga pada masa menopause, tulang tidak cepat keropos sehingga aktivitas harian bisa tetap dilakukan. Hal ini juga akan memperlambat berat badan. Karena menopause dan berat badan dikarenakan kurangnya olah raga, tekanan psikologis serta terlalu banyak makan kalori dalam tubuh. Pada wanita yang menkonsumsi vitamin D di usia manulanya 11% lebih kecil untuk mendapatkan kelebihan berat badan lagi. Sehingga vitamin D ini perlu untuk terus dikonsumsi di usia manula terutama wanita menopause untuk memperlambat penambahan berat badan.

Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 1 untuk Anak-anak

Diabetes tipe 1 atau diabetes mellitus pada anak ini sering terjadi. Terkadang diikutinya dengan adanya penyakit yang diderita oleh anak yaitu asma. Hal ini sebenarnya dapat dicegah dengan konsumsi vitamin D yang tepat pada anak. Konsumsi vitamin D3 sekitar 1000UI per hari dapat mencegah terkenanya diabetes mellitus pada anak. Hal ini pun bisa anda lakukan sembari memberi makan pada anak tentu juga mengajaknya bermain di luar rumah terkena paparan sinar matahari antara 10-30 menit setiap harinya.

Mencegah Penyakit Kanker Usus Besar

Sebelumnya apa itu kanker usus besar? Kanker usus besar adalah tumbuhnya sel kanker yang ganas di dalam permukaan usus besar atau rektum. Kebanyakan kanker usus besar berawal dari pertumbuhan sel yang tidak ganas atau adenoma, yang dalam stadium awal membentuk polip (sel yang tumbuh sangat cepat). Untuk itu disegerakan mengkonsumsi vitamin D saat gejala pada orang yang terkena kanker ini muncul. Gejalanya biasanya adanya pendarahan pada usus besar sehingga saat feses keluar dari tubuh disertai oleh darah, penurunan berat badan padahal tidak sedang melakukan program diet, dan yang lainnya bisa dikonsultasikan ke dokter.

Menghindarkan dari Gangguan Infeksi Pernafasan

Kekurangan vitamin D sendiri dapat menyebabkan infeksi pernafasan. Terutama pada bayi. Sehingga untuk mencegah infeksi saluran pernafasan ini pada bayi, setidaknya bayi yang baru lahir dijemur di bawah terik matahari pagi 15 menit untuk memproduksi vitamin D nya sendiri. Sehingga mengkonsumsi vitamin D ini perlu setiap hari setidaknya 200-400 mg agar terhindar infeksi saluran pernafasan, asma, dan penyakit lain yang bisa timbul akibat kekurangan vitamin D.

Manfaat dan fungsi vitamin D ternyata banyak ya. Jangan sampai manfaat dan fungsi vitamin D kita abaikan. Untuk menuju hidup yang lebih sehat, tentu konsumsilah vitamin baik secara alami maupun suplemen. Jangan lupa konsultasikan kesehatan rutin ke dokter Anda.

Be the first to comment on "Manfaat dan Fungsi Vitamin D"

Leave a comment