Manfaat dan Fungsi Vitamin E

Manfaat vitamin E dan fungsinya memang harus selalu kita cari tahu informasinya. Karena vitamin ini akan kita konsumsi baik secara sadar ataupun tidak. Semakin mengetahui manfaat dan fungsinya, maka semakin sadar untuk diri sendiri bahwa konsumsi makanan dapat dipilih-pilih untuk kebutuhan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Walaupun memang tidak dimungkinkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin yang ada semuanya dalam dunia medis setiap hari, tapi setidaknya kita bisa memperkecil dampak buruk akibat kekurangan vitamin.

Salah satu yang akan dibahas di sini adalah manfaat dan fungsi vitamin E. Manfaatnya antara lain bisa untuk mencegah kulit terbakar matahari, mencegah kanker payudara, hingga mencegah kanker prostat. Untuk yang lebih jelasnya, akan kami bahas pada artikel ini.

Manfaat Vitamin E untuk Tubuh

Bagaimana manfaat vitamin E untuk tubuh? Perlu diingat bahwa vitamin E tidak larut dalam air, tapi larut dalam lemak. Sehingga vitamin E dalam tubuh hanya dapat dicerna oleh bantuan empedu hati, sebagai pengemulsi minyak saat melalui duodenum (salah satu nama usus dalam tubuh kita). Hal ini memiliki keuntungan tersendiri. Dimana vitamin E larut dalam lemak ini dapat mencegah dari kerusakan radikal bebas. Karena radikal bebas terjadi di membran sel dan lipoprotein yang terbuat dari molekul lemak.

Mengkonsumsi vitamin E ini bisa menjadi fungsi antioksidan bagi tubuh. Sayangnya kebutuhan akan vitamin E ini dalam makanan alami di Indonesia tidak terpenuhi bagi masyarakat secara harian. Terutama pada wanita. Banyak wanita akhirnya mengkonsumsi vitamin E sintesis atau suplemen ini untuk memenuhi konsumsi vitamin E harian. Sangat baik bagi tubuh untuk menkonsumsi lebih banyak vitamin E ini.

Manfaat Vitamin E untuk Kulit

Manfaat vitamin E untuk kulit memang lebih banyak menargetkan wanita untuk menggunakan suplemen vitamin E. Berbeda dengan laki-laki atau pria yang lebih cuek dalam kesehatan kulit wanita lebih ingin terlihat cantik kulitnya. Menurut penelitian di Amerika (AAD) manfaat vitamin E untuk kulit yaitu menjaga kesegaran dan keremajaan kulit,  mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet langsung, menjaga kelembapaan dan mencegah kekeringan kulit.

Vitamin E ini sangat dibutuhkan bagi masyarakat perkotaan. Dimana radikal bebas sangat banyak di kota, sehingga vitamin E ini akan memberikan manfaat untuk melindungi kulit dari hal-hal yang dapat merusaknya secara lebih cepat. Biasanya selain dalam bentuk suplemen, vitamin E ini juga sudah sering diberikan dalam pelembab lotion untuk kulit. Jadi pemberian manfaat vitamin E ini baik secara dari dalam tubuh maupun luar tubuh.

Manfaat Vitamin E pada Rambut

Ternyata vitamin E juga mampu untuk menjaga kesehatan rambut. Vitamin E dalam dunia modern ini digunakan untuk komposisi shampoo. Dimana vitamin E ini memiliki fungsi sebagai pembantu dalam sirkulasi darah ke kulit kepala. Selain tentunya juga digunakan dalam suplemen sehari-hari. Perlu diingat juga vitamin E ini memberikan kelembapan pada kulit kepala dan rambut terlihat lebih segar, mudah diatur, dan mengkilap.

Bahkan ada penelitian yang mengatakan bahwa vitamin E mencegah dari kerontokan rambut. Dengan cara vitamin E membawa pasokan oksigen ke rambut. Kemudian merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Tidak hanya itu, vitamin E juga dapat menutrisi rambut anda agar lebih kuat, mengobati rambut yang kering, dan mengobati rambut yang rusak.

Manfaat Vitamin E untuk Kesuburan

Ternyata vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan bagi kesehatan ini juga berperan penting dalam membantu kinerja organ kelamin dengan pemeliharaan kesuburan. Diketahui untuk jaringan reproduksi bagi pria, vitamin E terbukti untuk melindungi membran sel sperma dari kerusakan akibat oksidasi. Jika sel sperma ini rusak maka tingkat kesuburan seorang pria pun akan rendah.

Tingkat kesuburan yang dialami pria yang mengkonsumsi vitamin E dan tidak ternyata cukup signifikan. Dari jumlah pria yang tidak subur, dapat diterapi dengan mengkonsumsi vitamin E ini dan mengalami kenaikan 20% pria menjadi lebih subur dari sebelumnya. Sehingga kehamilan bagi wanita (istri) lebih bisa terjadi karena kesuburan suaminya. Vitamin E ini dapat meningkatkan kesehatan sperma lebih dari 2,5 kali dari kesehatan sebelumnya.

Vitamin E dan Sistem Kekebalan Tubuh

Apakah bisa vitamin E meningkatkan kekebalan tubuh (sistem imun)? Tentu bisa. Dengan konsumsi harian setidaknya 100 sampai 400 UI setiap hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin E ini. Untuk pemenuhan vitamin E ini diperlukan suplemen. Karena makanan alami tidak mencapai pemenuhan vitamin E hingga 400 UI. Standar yang dikonsumsi paling sedikit untuk manusia adalah 10 sampai 30 mg dalam darah. Sehingga vitamin E ini akan meningkatkan imunitas tubuh dengan menjadi antioksidan. Menghalangi radikal bebas, udara kotor, dan lainnya untuk merusak sistem dalam tubuh.

Vitamin E untuk Mencegah Penyakit Kanker

Apa juga bisa mencegah penyakit kanker? Penyakit kanker yang dapat dicegah dan disembuhkan dengan konsumsi vitamin E ini adalah kanker hati. kenker usus besar, kanker paru-paru, kanker payu dara dan juga kanker prostat. Tentu untuk menjadikan vitamin E ini pengobatan kanker, bisa berkonsultasi pada dokter sebelumnya. Di Cina, dalam sebuah penelitian, dimana pasien kanker hati yang mencapai 132.837 pasien dimana 50% nya mengalami kemajuan lebih baik dari kanker hati yang diterimanya setelah mengkonsumsi vitamin E ini lebih banyak. Untuk itu konsumsikan vitamin E setiap hari semampu anda untuk mencegah dalam serangan kanker di tubuh anda.

Be the first to comment on "Manfaat dan Fungsi Vitamin E"

Leave a comment