WIKIVITAMIN.COM

informasi, berita, dan isu kesehatan seputar vitamin & mineral

Manfaat Minyak Vitamin E untuk Kulit


Ternyata manfaat vitamin E untuk kulit telah terbukti oleh berbagai penelitian. Beberapa fakta tersebut mengatakan manfaat vitamin E bisa untuk keremajaan dan kesegaran kulit. Bahkan sudah diaplikasikan dalam produk kosmetik seperti pelembab pada wajah, pelembab pada tangan, dan sebagainya. Pada artikel ini akan dibahas manfaat apa saja yang bisa dihasilkan dari vitamin E untuk kesehatan kulit yang bisa anda ketahui.

Kulit Keriput

Kekurangan vitamin E tentu bisa menyebabkan kulit keriput. Sayangnya kulit keriput ini merupakan akumulasi akibat defisiensi vitamin E. Konsumsi harian melalui sumber makanan alami itu hanya mampu memenuhi kebutuhan 10-20 IU. Sedangkan anda bisa memenuhi dengan konsumsi suplemen vitamin E kadar 100 IU sampai 300 IU. Kerutan ini bisa terjadi pada mata, lekukan pada tangan, dan lainnya. Kulit sehat sendiri adalah kulit yang lembab dan terjaga elastisitas. Sehingga keriput pun bisa diatasi dengan mengkonsumsi vitamin E atau kosmetik yang mengandung vitamin E.

Bintik Hitam

Bintik hitam adalah salah satu dari kelemahan kulit akibat berbagai masalah yang ada. Penyebabnya bisa karena sinar matahari, faktor genetika, dan keturunan. Terkadang bintik hitam juga terjadi akibat kulit yang bekas terkena jerawat. Jika jerawat hilang pun ternyata tetap ada bintik hitam bekas jerawat tersebut. Kemudian bagaimana mengatasinya? Mudah saja. Oleskan vitamin E pada wajah yang terdapat bintik hitam. Seperti jus lemon, susu, coklat adalah sumber makanan yang bisa menjadi obat alami dalam menghilangkan bintik hitam di wajah. Selain itu sudah ada minyak zaitun sedangkan vitamin E berupa cairan bisa diberikan sebelum tidur untuk mengurangi bintik hitam di wajah. Tentu ada juga obat alternatif dengan menggunakan mentimun atau lidah buaya. Cara ini biasanya memang digunakan oleh wanita dalam perawatan tubuh. Namun bagi pria juga bisa mencobanya sendiri dirumah.

Guratan

Guratan sebenarnya masalah utama bagi para ibu hamil. Karena saat hamil hingga 9 bulan, kulit perut pada ibu hamil bisa melar atau melebar saat melahirkan. Peregangan ini tidak bisa dihindari oleh ibu hamil. Namun tetap bisa diobati. Salah satu caranya dengan mengkonsumsi vitamin E atau mengoleskan krim anti guratan setelah melahirkan. Perlu diingat sebenarnya guratan ini didiamkan saja juga tidak masalah namun tidak akan terlalu terlihat seperti diawal melahirkan. Bisa dicegah juga (walaupun kecil kemungkinannya) dengan cara konsumsi vitamin E alami, banyak minum air, dan menambahkan berat badan secara perlahan.

Kulit Kering

Kulit kering merupakan salah satu akibat kekurangan vitamin E. Akibat radikal bebas, sinar ultraviolet matahari, menyebabkan sel kulit cepat mati. Sehingga kulit menjadi tipis dan kering. Dengan konsumsi vitamin E dan perawatan kulit bisa mencegahnya. Vitamin E ini membantu kulit untuk meregenerasi kembali sel kulit yang telah mati. Sayangnya konsumsi secara normal sumber makanan alami sulit membuat kebutuhan vitamin E terpenuhi. Karena memang tubuh tidak menyerap seutuhnya vitamin E pada makanan yang sudah sedikit jumlahnya. Untuk itulah dibutuhkan suplemen vitamin E dosis tinggi agar vitamin E dapat diserap dan digunakan untuk mencegah kulit kering.

Kutikula Kuku

Tentu vitamin E cenderung dengan perawatan tubuh para wanita. Tidak lepas dari itu, kutikula kuku pun merupakan salah satu hal yang bisa akibat tidak merawat kuku dengan benar. Biasanya mencegahnya dengan perawatan manicure dan pedicure. Namun cara itu cukup mahal untuk beberapa orang walau hanya untuk perawatan kuku. Cara paling murah banyak bisa dilakukan. Seperti menggunakan krim kutikula. Dimana krim tersebut mengandung vitamin E. Dengan mengoleskan krim tersebut ke kuku dan memijatnya sebentar. Selain itu minyak zaitun juga bisa mengganti krim kutikula, yang mana mengandung vitamin E ini bisa dioleskan ke kuku.

Penyakit Kulit

Vitamin E yang bisa dikonsumsi bisa juga mengobati penyakit kulit. Penyakit seperti psoriasis dan erythema adalah jenis penyakit kulit. Penyakit psoriasis merupakan penyakit seperti eksim seperi ruam yang kemerahan yang disertai sisik-sisik putih. Faktor genetik lebih membawa penyakit ini kepada penderitanya. Agak sulit diobati penyakit ini. Namun dengan meningkatkan imunitas tubuh dengan makanan bergizi bisa memperbaiki kulit rusak ini. Tentu dengan mengkonsumsi suplemen vitamin E dan terkena sinar matahari juga. Perlu diingat juga agar terpapar sinar matahari tidak terlalu lama karena dapat memperburuk penderita penyakit kulit ini.

Dari berbagai macam keluhan dan penyakit kulit diatas perlu rasanya menyadarkan lebih awal tentang manfaat vitamin E ini ternyata cukup banyak. Sebagai anti aging dan anti penuaan kulit pun juga bisa dengan memakai produk vitamin E yang banyak dijual di apotek. Banyak argumen yang salah bahwa penyakit kulit ini tidaklah begitu diperhatikan karena akan timbul diusia tua. Hingga di usia muda menjadi kemalasan untuk mengkonsumsi vitamin E ini. Konsumsilah vitamin E dari sekarang, baik alami maupun suplemen. Baik produk kosmetik maupun rutin memeriksakan diri ke dokter kulit. Agar penyakit kulit yang mungkin terjadi bisa dihindari dari awal dan tidak ada penyesalan di kemudian hari.

More from Vitamin E - Tokoferol
Back to Top