Manfaat Vitamin Biotin (B7) Pada Rambut


Manfaat biotin cukup banyak untuk kesehatan tubuh serta kecantikan pada produk kosmetik yang ada di masyarakat. Manfaat biotin pun banyak seperti metabolisme energi, pertumbuhan rambut, pertumbuhan kuku, menurunkan berat badan, mengatur kadar gula darah, menjaga kesehatan organ seks pria, serta membantu pembentukan dan sirkulasi sel darah merah di sumsum tulang belakang. Dari banyaknya manfaat yang telah disebutkan itu, maka pada artikel ini akan membahas tentang manfaat vitamin B7 atau biotin pada rambut.

Pertumbuhan Rambut

Rambut rontok adalah hal yang wajar. Tidak wajar jika kerontokan rambut menjadi sering dan banyak. Karena bisa mengalami kebotakan. Kerontokan rambut berbeda dengan memotong rambut. Dimana kerontokan rambut tentu diikuti hilangnya keseluruhan rambut tanpa bisa tumbuh lagi (karena akar rambut ikut rontok). Oleh karena itu, penggunaan biotin dapat membantu pertumbuhan pada rambut. Saat rambut mulai tidak sehat, rambut mengalami kekeringan, berminyak sehingga mudah pecah dan rontok. Vitamin B7 membantu menyehatkan kembali rambut yang tidak sehat. Hal ini juga dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Saat kehamilan membutuhkan banyak asupan vitamin, sehingga kondisi tubuh cenderung tidak sehat. Jika kekurangan vitamin B7 pada masa kehamilan, rambut akan tipis, bercabang, kemudian rontok.

Menguatkan Rambut

Rambut yang tidak kuat atau mudah patah menjadi alasan tersendiri mengapa kebanyakan orang terutama wanita memilih perawatan rambut yang mahal. Namun sekarang, sampo untuk mengatasi rambut patah sudah banyak beredar. Sampo ini mengandung vitamin B. Sehingga membersihkan kulit kepala dari serpihan kulit kepala yang kering dan rusak. Sehingga kulit kepala menjadi subur kembali. Saat kulit kepala kering dan rusak, maka rambut tidak bisa tumbuh dengan optimal. Karena folikel rambut tersumbat oleh serpihan kulit kepala yang kering dan rusak ini. Maka dari itu, biotin kini bermanfaat dalam membantu memperkuat rambut.

Lalu biotin yang memetabolisme protein juga berperan dalam penguatan rambut. Rambut terdiri dari protein sehingga saat terjadinya metabolisme tubuh, biotin pun menjaga sirkulasi vitamin menuju kulit kepala dengan baik. Sehingga rambut menadapatkan nutrisinya dengan tepat. Jika Anda berencana membeli sampo, usahakan ada pro-vitamin B atau biotin atau vitamin B7 dalam bahan-bahan pembuatannya.

Mengatasi Gangguan pada Rambut

Mengatasi gangguan pada rambut juga bisa menggunakan vitamin B7 atau biotin ini. Masalah pada rambut selain kerontokan bisa diatasi. Semisal rambut yang menipis, bercabang, kulit kepala kering, kemudian cradle cap yaitu kondisi pada bayi seperti ketombe namun dialami oleh bayi bukan orang dewasa. Mengkonsumsi makanan bervitamin B7 inilah yang mampu mengurangi kondisi gangguan pada rambut selain juga menggunakan perawatan rambut dari luar seperti sampo. Namun, studi lebih lanjut belum membuktikan secara valid tentang kebenaran teori ini. Walaupun begitu, tidak ada salahnya untuk menggunakan biotin dalam merawat dan menjaga kesehatan rambut.

Mengurangi Rambut Rontok

Fakta mengejutkan, ternyata setiap dari diri kita dapat mengalami kerontokan rambut. Rambut yang rontok pada seseorang normalnya bisa mencapai 100 rambut perhari. Rambut yang telah rontok tersebut nantinya akan digantikan dengan rambut yang baru tumbuh. Dengan artian, rambut Anda akan tetap terlihat tebal. Jika rambut rontok kemudian rambut terlihat tipis (tidak ada gejala munculnya rambut lagi) maka Anda mengalami masalah serius terhadap kerontokan rambut. Dengan mengkonsumsi biotin baik secara makanan maupun secara perawatan perlu dilakukan.

Walaupun secara penelitian belum ada fakta valid akan relasi biotin dengan pertumbuhan rambut, namun peneliti punya pandangan positif terhadap biotin. Vitamin B7 yang dikombinasikan dengan  propionat clobetasol dan seng dapat memicu tumbuhnya rambut kembali yang dialami oleh remaja dan dewasa alopecia. Dengan mengkonsumsi suplemen pun dapat membantu Anda memenuhi biotin harian untuk mencegah kerontokan rambut. Namun perlu diketahui untuk dosis berlebihannya agar tidak menimbulkan efek samping lainnya akibat overdosis vitamin B7.

Dosis

Berapakah dosisnya yang tepat untuk dikonsumsi harian? Untuk orang dewasa setidaknya mengkonsumsi biotin setiap hari sebanyak 30 mcg. Jika terjadi kerontokan rambut atau dalam kondisi pengobatan kerontokan rambut, biasanya dokter memberi dosis yang lebih dari normalnya. Dosis yang diberikan dokter bisa antara 100 sampai 1000 mcg perhari.

Perlu diperhatikan, penggunaan biotin diatas 600 mcg bisa menimbulkan dampak lain terhadap tubuh. Overdosis jangka panjang pun bisa merusak kesehatan dan organ dalam manusia. Untuk itu gunakan saja dosis yang tepat atau jikapun berlebih dari dosis normal tidak sampai lebih dari 2 kali lipat. Ada baiknya juga menghindari penggunaan suplemen dan menggunakan bahan alami yang mengandung vitamin B7.

Sumber Alami Vitamin Biotin (B7)

Vitamin B7 terkandung di jenis sumber makanan alami seperti hati ayam, kuning telur, dan ragi. Begitu juga terdapat di keju dan ikan salmon. Untuk hati ayam mengandung vitamin B7 sampai 200 mcg setiap 100 gramnya. Untuk kuning telur mengandung vitamin B7 sebanyak 60 mcg setiap 100 gramnya. Untuk ragi mengandung vitamin B7 sebanyak 200 mcg setiap 100 gramnya. Untuk ikan sendiri mengandung 3 sampai 24 mcg vitamin B7 untuk setiap sajian 100 gramnya.

More from Vitamin B7 - Biotin
Back to Top