Vitamin

informasi, berita, dan isu kesehatan seputar vitamin

Memahami Pengertian, Struktur Kimia, Manfaat, dan Sifat-sifat Vitamin A

Pin It

Beberapa artikel tentang vitamin A banyak sudah Anda baca. Tapi kebanyakan artikel tersebut tidak menjelaskan secara detail tentang apa itu vitamin A. Karena arti dasar vitamin memang tidak diperuntukkan untuk umum. Karena sudah masuk dalam bidang keilmuan alam yang kompleks. Sehingga masyarakat awam belum tentu bisa memahaminya sehingga sering tidak dijelaskan dari awal apa itu vitamin. Pada artikel ini akan dijelaskan pengertian dan definisi vitamin A.

Pengertian Vitamin A

Secara umum pengertian dan definisi vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk mambantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Untuk vitamin A itu sendiri adalah salah satu jenis vitamin yang aktif dan larut dalam lemak dan disimpan dalam hati. Vitamin A terdiri dari dua bentuk yaitu: vitamin A pra-bentuk dan Pro-vitamin A. Vitamin A pra-bentuk terbagi menjadi 4, yaitu: retinol, retinal, asam retinoat dan ester retinil. Sedangkan provitamin A dikenal sebagai beta karoten.

Sedangkan pengertian vitamin A menurut WHO adalah merupakan salah satu jenis vitamin larut dalam lemak yang berperan penting dalam pembentukan sistem penglihatan yang baik. Terdapat beberapa senyawa yang digolongkan ke dalam kelompok vitamin A, antara lain retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat. Akan tetapi, istilah vitamin A seringkali merujuk pada senyawa retinol dibandingkan dengan senyawa lain karena senyawa inilah yang paling banyak berperan aktif di dalam tubuh.

Stuktur Vitamin A dan Sifat-sifatnya

Untuk mengenal lebih jauh apa itu vitamin A, pada artikel ini akan dijabarkan secara jelas hingga struktur kimia dan sifa-sifat vitamin A yang hanya ditemui dalam dunia pendidikan kimia dan farmasi. Namun sebelumnya, Anda akan kami berikan informasi seputar provitamin A dan beta karoten. Vitamin A dalam tumbuhan terdapat dalam bentuk prekursor (provitamin). Provitamin A terdiri dari α, β, dan γ- karoten. β – karoten merupakan pigmen kuning dan salah satu jenis antioksidan yang memegang peran penting dalam mengurangi reaksi berantai radikal bebas dalam jaringan.

beta karoten provitamin a

 gambar struktur kimia beta karoten

Sehingga baik provitamin A merupakan hasil pembentukan dari beta karoten. Sehingga saling terkait antara satu dengan yang lain. Dari hasil gambar struktur kimia diatas, maka bisa dijelaskan lebih lanjut tentang struktur kimia vitamin A dan sifat-sifat vitamin A.

Mengenal struktur vitamin A berarti tahu lebih lanjut apa sebenarnya vitamin A ini. Vitamin A terdiri dari 3 biomolekul aktif, yaitu retinol, retinal (retinaldehyde) dan retinoic acid. Anda bisa melihat gambarnya di bawah ini,

 Vitamin A

gambar tiga molekul aktif vitamin A

Struktur kimia inilah yang dibutuhkan dalam tubuh untuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin A baik berupa suplemen ataupun makanan alami dari sayuran dan lauk pauk. Untuk sifat-sifat vitamin A sendiri ada yang penting juga untuk anda ketahui. Jika Anda belum tahu, ternyata makanan kita dari alam (nabati) tidaklah langsung mengandung vitamin A. Tapi masih berupa provitamin A. Sehingga harus masuk dulu dan dicerna dalam usus yang mana mukosa usus dapat merubah provitamin A ini menjadi vitamin A.

Retinol dan retinal mudah dirusak oleh oksidasi terutama dalam keadaan panas dan lembab dan bila berhubungan dengan mineral mikro atau dengan lemak/minyak yang tengik. Inilah bentuk dari sifat vitamin A. Vitamin dalam bentuk ester asetat atau palmitat bersifat lebih stabil dibanding bentuk alkohol maupun aldehid. vitamin A bersifat tidak stabil. Guna menciptakan kestabilannya, maka dapat diambil langkah-langkah, yaitu secara kimia, dengan penambahan antioksidan dan secara mekanis dengan melapisi tetesan-tetesan vitamin A dengan lemak stabil, gelatin atau lilin, sehingga merupakan butiran-butiran kecil. Melalui teknik tersebut, maka sebagian besar vitamin A bisa dilindungi dari kontak langsung dengan oksigen.

Manfaat Vitamin A

Ternyata manfaat vitamin A secara umum ada banyak sekali. Tapi kami tidak bisa membahasnya semua namun anda jangan khawatir karena pembahasan ini cukup lengkap untuk anda.

  • Vitamin A untuk pertumbuhan. Vitamin A ini merupakan senyawa yang penting yang menciptakan tubuh tahan terhadap infeksi dan memelihara jaringan epitel agar dapat berfungsi dengan baik. Apa saja jaringan epitel itu? Seperti pada mata, alat pernafasan, alat pencernaan, alat reproduksi, syaraf dan sistem pembuangan kandung kemih.
  • Sebagai pembantu sistem imun atau kekebalan tubuh, vitamin A ini dapat membantu limposit salah satu jenis sel darah putih untuk lebih aktif terhadap berbagai hal asing yang masuk ke dalam tubuh.
  • Vitamin A juga bermanfaat dalam menangkal radikal bebas. Vitamin A yang merupakan antioksidan dapat melindungi sel dari radikal bebas. Sehingga dapat mencegah dari berbagai macam penyakit kronis. Sehingga dapat dikonsumsi secara harian.
  • Vitamin A juga bermanfaat membentuk tulang dan gigi. Banyak cacat fisik yang menyerang tulang yang dialami anak-anak karena kurangnya vitamin A yang dikonsumsi sejak kecil. Jadi perlu sekali konsumsi vitamin A sejak kecil agar pertumbuhan tubuh bisa optimal.
  • Tidak banyak yang mengetahui ternyata vitamin A juga mendukung proses reproduksi pada manusia. Terutama bagi pria. Untuk pembentukan sel sperma maka vitamin A ini mendorong produktivitas hormone steroid. Sehingga permasalahan dalam pasangan suami istri dalam meraih keturunan bisa diatasi.

Masih banyak manfaat vitamin A yang bisa Anda rasakan. Untuk itu, tidak ada salahnya mengenal dan memahami baik manfaat, definisi, struktur kimia sampai sifat-sifat vitamin A agar lebih menyakinkan Anda dalam mengkonsumsinya. Mari hidup sehat.

Pin It
←More from Vitamin A - Retinol

↑ Back to Top