Mengatasi Rambut Rontok dengan Asam Folat

Rambut rontok terjadi ketika kulit kepala anda tidak mendapatkan sirkulasi darah yang dibutuhkan untuk mensuplai pertumbuhan rambut baru. Stres dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada kulit kepala yang menyebabkan rambut rontok. Mengatasi rambut rontok dapat dilakukan dengan konsumsi asam folat atau vitamin B9 untuk mengembalikan sirkulasi darah ke kulit kepala anda. Hubungi dokter sebelum mengkomsumsi suplemen asam folat atau B9.

mengatasi rambut rontok

Mengatasi Rambut Rontok dengan Asam Folat Photo Credit Christopher Robbins/Digital Vision/Getty Images

Sumber Makanan yang Mengandung Asam Folat

Sumber yang baik untuk asam folat mencakup sayuran berdaun hijau, buah-buahan, dan makanan yang dibuat dengan ragi kering. Anda perlu mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung asam folat secara teratur untuk memperoleh manfaat maksimal dari asam folat (B9) ini. Untuk memperoleh kesehatan yang baik seringkali membutuhkan perubahan gaya hidup. Perubahan gaya hidup ini akan membantu mengatasi rambut rontok yang terus terjadi. Orang yang lebih tua, orang yang olahraga secara teratur dan orang yang menderita penyakit baru maupun kronis kehilangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Jika anda termasuk salah satu dari kategori ini, mungkin anda membutuhkan asam folat yang lebih banyak dalam diet anda.

Suplemen Asam Folat untuk Mengatasi Rambut Rontok

Kebutuhan harian asam folat yang dibutuhkan untuk mensuplai tubuh adalah 400 microgram. Anda bisa memenuhi kebutuhan ini dari 4 cangkir bayam, bisa dikonsumsi sehari-hari atau diganti dengan satu kapsul suplemen asam folat. Anda perlu mengkonsumsi pil suplemen asam folat dengan makanan karena dapat mengganggu lapisan perut anda. Disarankan untuk menghubungi dokter sebelum memulai konsumsi suplemen ini.

Kekurangan (Defisiensi) Asam Folat

Jika anda menderita defisiensi asam folat, yang menyebabkan rambut rontok, anda harus merubah komposisi (diet) makanan anda. Anda membutuhkan makanan tertentu untuk menghindari rambut rontok. Kulit kepala dan rambut anda membutuhkan vitamin B untuk menghasilkan rambut baru dan memperbaiki kerusakan rambut di kulit kepala anda. Asam folat membantu kulit kepala anda untuk mengatasi rambut rontok yang anda derita.

Efek Samping Umum

Efek samping yang umum terjadi dari konsumsi asam folat antara lain rasa mengantuk dan diare. Laporkan efek samping ini ke dokter anda jika kondisi ini cukup mengganggu. Biasanya efek samping berhenti setelah tubuh anda terbiasa dengan asam folat.

Inilah manfaat asam folat untuk mengatasi rambut rontok.