Sumber Vitamin K

Sumber vitamin K untuk tubuh memang perlu kita ketahui bersama. Karena mengetahui sumber vitamin K ini dapat memperluas pengetahuan kita untuk bisa terus mengkonsumsi makanan bergizi yang kaya akan vitamin. Pada artikel ini akan dibahas sumber-sumber vitamin K. Sumber vitamin K yang biasanya kita tahu adalah kedelai, tomat, hati, asparagus, brokoli, kale, sawi, bayam, kangkung, katuk, kubis, susu sapi, susu kedelai, teh hijau, wedang kacang hijau, yoghurt, daging sapi, keju, telur, singkong, tahu, tempe, kacang tanah, kacang polong, dan kacang hijau.

Hasil Sintesis Oleh Bakteri di Dalam Usus

Ternyata di dalam usus kita, ada bakteri yang senantiasa membantu dalam mensintesa vitamin K agar bisa memenuhi kebutuhan vitamin K dalam tubuh. Walaupun begitu, tubuh tetap perlu tambahan asupan vitamin K ini dari makanan yang kita makan. Jadi Anda tidak perlu khawatir soal kebutuhan vitamin K Anda. Karena dengan standar ukuran konversi yang tepat bahwa kita membutuhkan 1 mikogram setiap hari per kg berat badan kita. Sehingga jika berat badan kita adalah 60 kilogram maka kita hanya membutuhkan 60 mikrogram setiap harinya. Sangat kecil dibandingkan dengan kebutuhan vitamin yang lain seperti vitamin C dan E yang bahkan sudah mencapai nilai per gram per harinya untuk memenuhi kebutuhan vitamin secara harian.

Sumber Vitamin K dari Sayur-sayuran Hijau                                                                              

Sayuran hijau? Ya, tentu sayuran hijau tetap mengandung vitamin K. Sehingga sayuran hijau ini bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin K harian tanpa perlu obat atau suplemen lagi. Sayuran hijau ini seperti asparagus, brokoli, sawi, bayam, kubis, katuk. Tentu sayuran ini tidak harus Anda konsumsi dalam bentuk satu jenis saja. Biasanya anak-anak tidak menyukainya. Anda bisa memasukkan sayuran hijau ini pada masakan Anda dengan bentuk varian yang berbeda. Kombinasi antara sayur dan daging bisa dilakukan agar sayuran tetap digemari dalam masakan makanan Anda. Diketahui juga fakta bahwa perempuan yang lebih banyak mengkonsumsi vitamin K pada sayuran ini dapat mencegah patah tulang akibat tulang yang rapuh, sampai untuk program diet.

Untuk penelitian yang mengungkapkan bahwa perempuan yang mengkonsumsi paling sedikit 100 mikrogram vitamin K sehari mampu mencegah patah tulang pinggul yang lebih sering pada perempuan. Faktanya dalam satu porsi sayur bayam terdapat vitamin K lebih dari 300 mikrogram. Sehingga tidak dibutuhkan lagi suplemen. Sayuran inilah salah satu sumber terpenting dalam pemenuhan vitamin K.

Sumber Vitamin K dari Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan pun juga mengandung banyak vitamin K. Walaupun dalam konsumsi sehari-hari kacang-kacangan bisa lebih jarang daripada sayuran, tidak ada salahnya anda juga mengetahui kacang apa saja yang berperan dalam memberikan vitamin K pada tubuh Anda. Kacang yang mengandung vitamin K salah satunya adalah kacang kedelai. Selain itu ada kacang tanah, kacang polong, dan kacang hijau yang juga mengandung vitamin K. Perlu diperhatikan, bahwa vitamin K pada kacang ini akan berkurang jika dilakukan ekstraksi terhadap kacang tersebut. Jadi perlu diperhatikan konsumsi kacang kemasan atau ransum atau sereal pada konsumsi Anda apakah mengandung cukup vitamin K bagi Anda atau tidak.

Sumber Vitamin K dari Minuman Sehat

Minuman sehat seperti apakah yang mengandung vitamin K? Pertama kita kenal adalah susu. Seperti susu sapi atau kedelai merupakan minuman sehat yang mengandung banyak vitamin. Salah satunya yang terkandung adalah vitamin K. Susu formula ini bahkan sekarang sudah ada dalam beragam usia konsumsi. Dari bayi, anak-anak balita, remaja, dewasa, hingga susu formula untuk manula. Sehingga anda tidak akan kesulitan untuk pemenuhan vitamin K dengan mengkonsumsi susu. Jika Anda mau mengkonsumsi susu murni pun tetap dapat memenuhi kebutuhan konsumsi vitamin K. Selain itu minuman seperti teh hijau juga mengandung vitamin K. Teh hijau sendiri kaya akan kalsium dan fosfor yang dapat menguatkan tulang dan gigi. Selain juga dapat membakar lemak dalam tubuh. Untuk itulah mengapa teh hijau juga disebut teh diet karena mampu memetabolisme karbohidrat menjadi kalori untuk digunakan sebagai energi.

Dengan adanya vitamin K pada teh hijau, maka dapat diperoleh manfaat seperti pembekuan darah, dapat juga mencegah penyakit jantung koroner dan Parkinson. Minuman sehat lainnya adalah wedang kacang hijau. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa kacang-kacangan juga mengandung vitamin K. Dengan olahan menjadi minuman, kacang hijau dapat dinikmati lebih sering seperti berbentuk minuman hangat bernama wedang.

Sumber Makanan Lain yang Mengandung Vitamin K

Sumber makanan lain yang mengandung vitamin K bisa juga anda konsumsi seperti yoghurt, daging sapi, keju, telur, singkong, tahu, tempe, kacang tanah. Sehingga Anda tidak perlu khawatir karena makanan seperti telur ternyata juga mengandung vitamin K. Tahu dan tempe juga mengandung vitamin K. Untuk itulah pemenuhan vitamin K sangat mudah karena sering kita konsumsi dalam makanan harian yang murah sekalipun. Karena daging sapi sangat mahal walaupun tentu kandungan vitamin K nya bisa lebih tinggi dari telur, tahu dan tempe, Anda tetap dapat mengkonsumsi vitamin K dari beragam makanan.

Ternyata banyak ya makanan yang mengandung vitamin K. Kita pun tidak akan mengalami kesulitan akhirnya dalam pemenuhannya setiap hari.

Be the first to comment on "Sumber Vitamin K"

Leave a comment