Mengkonsumsi Sup Tomat Menurunkan Hipertensi?

Berita terbaru dari dunia kesehatan. Bahwa sup tomat dapat berkontribusi dalam kasus penyakit hipertensi.  Hal ini telah diterbitkan dalam media jurnal nutrisi metabolisme dan penyakit kardiovaskular, oleh peneliti Alexander Medina, dari Departemen Nutrisi dan Bromatology Fakultas Farmasi dan Pangan dan Gizi Torribera Kampus UB. Dirinya menyatakan hipertensi merupakan masalah yang sering ditemui di masyarakat, setidaknya mempengaruhi sekitar 25% populasi penduduk dunia dan merupakan faktor utama penyebab kematian pada masyarakat di Eropa dan Amerika. Kemudian fakta baru yang telah dipublikasikan melibatkan setidaknya 4000 individu yang menganalisis pola makanan mediterania pada populasi yang cenderung beresiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular serta mencegah penyakit tersebut.

Memperbaiki Pola Makan dan Juga Meningkatkan Kesehatan

Dalam konsumsi anjuran sup tomat terkandung yaitu tomat, mentimun, bawang putih, minyak zaitun dan lainnya dapat mengurangi tekanan pada arteri. Dikatakan oleh Alexander bahwa ternyata sup tomat dengan kandungan seperti itu dapat mengurangi gejala hipertensi pada seseorang. Menurut profesor Rosa M. Lamuela yang bertanggung jawab atas kelompok penelitian mengungkapkan bahwa garam dalam konsumsi sehari-hari yang dapat menyebabkan keadaaan pembuluh arteri tidak stabil. Kemudian pada sup tomat tersebut, beberapa resep kandungannya berpengaruh pada tekanan arteri di tubuh. Namun, fakta positif mengungkapkan bahwa mengkonsumsi sup tomat menyebabkan tekanan darah lebih rendah daripada yang tidak mengkonsumsi sup tomat. Dengan alasan bahwa unsur bioaktif dari sup tomat menangkal dampak dari garam yang masuk ke dalam tubuh.

Vitamin C, Polifenol, dan Karoten

Jika melihat dari resep sup tomat saja, ada beberapa kandungan sup yang dirasa memiliki kandungan vitamin C, polifenol, dan juga karoten. Menurut Alexander bahwa sup tomat sangat banyak mengandung vitamin C dan polifenol. Hal ini sangat baik dalam jumlah besar untuk menyehatkan sistem kardio atau jantung Anda. Dengan artian, campuran resep pada sup tomat sangat penting dalam kontribusinya terhadap pengurangan dampak tekanan pada pembuluh arterti yang disebabkan oleh garam. Peneliti lainnya juga mengecek menggunakan teknik statistik untuk mengetahui sejauh mana konsumsi sup tomat dapat mengurangi resiko hipertensi. Menurut Alexander Medina bahwa dibeberapa pasien, penurunan hipertensi menggunakan sup tomat ini bisa sampai 27%.

Penelitian ini pun berlanjut, dengan harapan bahwa polifenol dapat mengambil peran penting dalam mekanisme kerja pengurangan tekanan pada pembuluh arteri. Dimana proses tersebut berhubungan dengan peningkatan oksida nitrat yaitu sebuah molekul dengan sifat vasodilatasi pada sistem kardiovaskular. Inilah yang nantinya menjadi perkembangan yang sangat ditunggu-tunggu dalam ilmu pengobatan penyakit kardiovaskular dan hipertensi. Hal ini telah diperkuat dengan penelitian berkelanjutan di Departemen Nutrisi dan Bromatology dari UB, Teknologi Pangan Referensi Bersih Pemerintah Catalonia (XARTA ) dan Gizi dan Keamanan Pangan Research Institute (INSA-UB). Kelompok riset juga anggota CIBER jaringan physiopathology Obesitas dan Gizi (CIBERobn) dan RETICS, dari Carlos III Institut Kesehatan.

Lalu apa sebenarnya manfaat dari vitamin C untuk tubuh? Selain studi terbaru yang telah dibahas diatas, ada manfaat lain dari vitamin C untuk kesehatan tubuh. Yaitu sebagai pereda flu biasa. Kemudian menjaga sistem imunitas tubuh. Lalu sebagai antioksidan yang cukup baik menangkal radikal bebas. Mengobati katarak, menjaga kesehatan kulit, sampai pada mencegah resiko kanker. Selain itu yang berhubungan dengan hipertensi bahwa vitamin C menyehatkan sistem jantung serta menjaga kesehatan kehamilan bagi ibu hamil. Untuk itu konsumsilah vitamin C terutama resep sup tomat diatas untuk menjaga hipertensi Anda.

sumber : http://www.sciencedaily.com/releases/2012/12/121214091026.htm

Be the first to comment on "Mengkonsumsi Sup Tomat Menurunkan Hipertensi?"

Leave a comment