Pelihara Kesehatan Tulang, Jangan Lupa Minum Vitamin ya!

Kesehatan itu penting, banyak dari kita yang tidak memperhatikan pentingnya kesehatan. Sehingga membiarkan gaya hidup yang cenderung negatif dilakukan terus menerus. Kemudian anggapan hidup sehat yang mahal atau malah terkesan tidak elegan dan merepotkan juga cenderung lebih diterima di masyarakat Indonesia. Sehingga mengobati itu menjadi jalan yang sering ditempuh daripada mencegah. Artikel ini akan membahas masalah seputar tulang dan vitamin apa saja yang dirasa diperlukan untuk dapat memelihara kesehatan tulang Anda.

Vitamin Apa yang Tepat Untuk Kesehatan Tulang?

vitamin untuk kesehatan tulang

Image courtesy of praisaeng/ FreeDigitalPhotos.net

Vitamin yang terkait erat dengan kesehatan tulang ternyata cukup banyak. Seperti vitamin K dan Vitamin D. Bahkan vitamin D lebih penting ternyata dalam membantu kesehatan tulang kita. Konsumsi vitamin D saja tentu tidaklah cukup jika tidak diimbangi dengan kalsiumnya juga. Karena fungsi dari vitamin D adalah membantu penyerapan kalsium ke dalam tubuh sehingga kalsium tersebut dapat digunakan sebagai bahan untuk memperkuat tulang dan menjaga kesehatan tulang. Jika kebutuhan vitamin D rendah, di masa tuanya, biasanya terserang berbagai macam penyakit tulang, seperti osteoporosis. Begitu juga di usia mudanya. Jika kebutuhan vitamin D ini tidak dipenuhi, maka tumbuh kembangnya tidak optimal juga.

Untuk orang dewasa biasanya sampai 200 UI vitamin D tidak begitu masalah, diimbangi dengan kalsiumnya. Bahkan vitamin K pun juga diperlukan bisa sampai 200 UI perhari. Tergantung bagaimana daya serap tubuh terhadap vitamin. Sedangkan konsumsi kalsiumnya bisa mencapai 250 mg perhari. Kalsium bisa didapatkan dari susu ataupun produk olahannya seperti keju. Jika kalsium saja kurang dipenuhi, karena kebanyakan orang dewasa jarang meminum susu maka otot dan urat saraf mudah sekali kaku sehingga menimbulkan sakit dibeberapa bagian tubuh. Selain kalsium, magnesium ternyata juga berperan cukup aktif dalam menjaga kesehatan tulang. Bahkan penelitian lebih lanjut pun, kekurangan magnesium lebih berakibat buruk terdapat terjadinya osteoporosis. Untuk magnesium harian pun masih diwajarkan hingga penggunaan sampai 500 mg.

Alami atau Instan?

Karena sudah terdapat pilihan berbagai macam pemenuhan vitamin D, K serta kalsium dan magnesium, tentu Anda juga disodorkan beberapa pilihan dasar untuk memenuhinya. Alami atau Instan? Dengan alami jelas Anda bisa mengkonsumsi susu sapi segar, minyak ikan cod, tahu, yogurt, keju, ikan salmon, dan berbagai sayuran. Konsumsi alami memang lebih aman, tentu juga lebih mahal. Karena memenuhi sumber makanan diatas yang telah disebutkan setiap hari bagi masyarakat Indonesia bukanlah hal yang mudah. Jika dipenuhi dengan konsumsi instan untuk menjaga kesehatan tulang, maka pilihlah multivitamin yang tepat. Lihat dulu kemasannya, apakah mengandung vitamin D, K serta mineral kalsium dan magnesium. Tidak jarang orang lupa untuk melihat label kemasannya atau bahkan tidak memahaminya dan asal beli dengan harapan multivitamin itu sudah tepat. Harga untuk multivitamin untuk menjaga kesehatan tulang dipasaran adalah Rp 40.000 sampai Rp 200.000 untuk merek yang berbeda-beda. Apakah aman? Tentu aman selama dalam penggunaan yang tepat. Dosis yang dianjurkan lebih baik dikurangi. Misalnya saja 2-3 tablet sehari sebelum makan, Anda bisa menguranginya jadi 1 tablet. Karena menjaga tubuh agar tidak menjadi ketergantungan terhadap multivitamin.

Tulang memang penting untuk kita jaga. Selain karena seluruh aktivitas kita terkait erat dengan sistem penopang tubuh ini, juga karena manfaat lain yang didapatkan pun bisa lebih optimal. Konsultasikan dulu ke dokter penggunaan multivitamin dalam jangka waktu lama. Atau Anda bisa juga tanya ke dokter Anda, mengenai sumber makanan alami dan takarannya yang mudah didapatkan untuk pemenuhan gizi Anda.

Be the first to comment on "Pelihara Kesehatan Tulang, Jangan Lupa Minum Vitamin ya!"

Leave a comment