Vitamin

informasi, berita, dan isu kesehatan seputar vitamin

Pemberian Kapsul Vitamin A pada Ibu Nifas

Pin It

Menyenangkan tentunya bagi keluarga kecil bahagia saat menantikan buah hatinya lahir. Setelah lahir, maka sang ibu akan mengalami fase nifas. Apa itu fase nifas? Bagi Anda yang belum tahu, masa nifas adalah masa dimana ibu yang telah melahirkan masih butuh beristirahat sampai darah persalinan itu berhenti keluar. Masa ini tergantung setiap orang. Terkadang ada yang sebulan, ada juga yang 2 bulan baru selesai masa nifas. Pada masa nifas inilah ibu melahirkan tetap perlu asupan gizi dalam tubuhnya. Pentingnya pemberian atau suplementasi vitamin A pada ibu nifas juga penting bagi kesehatannya untuk masa menyusui bayi nanti.

Seberapa Penting Pemberian Vitamin A pada Ibu Nifas?

Diketahui bahwa setelah masa persalinan, organ genital baik internal maupun eksternal akan kembali seperti semula setelah persalinan seperti layaknya sebelum masa kehamilan. Untuk itu perlunya asupan vitamin seperti vitamin A penting untuk segera mengembalikan kondisi organ genital ini lebih cepat. Salah satunya pemberian suplemen atau suplementasi vitamin A untuk ibu melahirkan.

Vitamin A penting tidak hanya untuk ibu melahirkan pada masa nifas ini. Karena persiapan ASI untuk sang bayi sangatlah penting. Sehingga asupan suplemen vitamin A bisa dibeli baik berupa kapsul obat yang bisa langsung diminum, atau secara alami dari buah dan sayuran. Dengan konsumsi vitamin A yang cukup dalam masa nifas maka mencegah bayi kekurangan vitamin A dalam masa pertumbuhannya maksimal sampai umur 2 tahun. Cacat tubuh pun bisa dihindari. Gejala anak mudah sakit karena sang ibu tidak segera mengkonsumsi makanan bergizi semasa menyusui ini. Perhatikan bahwa kekurangan vitamin A ini mengakibatkan anak nantinya mudah terserang campak, diare, atau penyakit infeksi lainnya.

Jadi sangat penting kan mengkonsumsi vitamin A bagi ibu pada masa nifas. Manfaat pemberian vitamin A pada ibu nifas sangat banyak. Terutama bagi si ibu sendiri sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, kelenjar, dan juga untuk kesehatan mata. Bahkan fakta mengejutkan bahwa ternyata jika ibu yang menyusui tidak berkecukupan dalam konsumsi vitamin A ini, maka demam akan diderita oleh bayinya pada umur 6 bulan lebih banyak daripada bayi yang mendapatkan cukup gizi vitamin A dari sang Ibu melalui ASI.

Bagaimanakah Cara Pemberian Kapsul Vitamin A pada Ibu Nifas?

Pemberian kapsul vitamin A dianjurkan dengan meminta rekomendasi dokter kandungan tempat dimana sang ibu melahirkan, rumah sakit bersalin atau rumah sakit lainnya tempat ibu dirawat sehabis melahirkan. Bagaimana pemberian kapsul vitamin A yang tepat pada ibu nifas ini? Pertama, tentu berkonsultasi pada dokter atau minimal apoteker tempat Anda membeli kapsul vitamin A. Karena dosis yang diperlukan pada ibu nifas dengan orang pada umumnya berbeda. Apakah dosisnya tinggi? Dosis pemberian vitamin A pada ibu nifas cukup tinggi. Karena itu jika pemberian dosis pada umumnya saja tidaklah cukup.

Dosis pemberian vitamin A pada ibu nifas sekitar 100.000-200.000 SI atau setara dengan bayi yang membutuhkan vitamin A pada usia 6-11 bulan. Dosis pada ibu nifas biasanya 200.000 SI namun ini juga tergantung pada dokter yang merawat anda atau bidan. Karena pemberian secara inisiatif bisa berdampak buruk pada ibu nifas dan bayi yang masih dalam tahap ASI.

Untuk pemberian vitamin A dosis tinggi ini pada ibu nifas dianjurkan sebanyak 2 kali. Yaitu 1 kapsul diberikan setelah melahirkan, kemudian 1 kapsul lagi setelah 24 jam setelah pemberian kapsul pertama. Kapsul dosis tinggi ini ada 2 jenis. Kapsul vitamin A dosis tinggi pada ibu nifas berwarna merah yang berdosis 200.000 SI. Sedangkan kapsul berwarna biru berdosis 100.000 SI untuk anak usia 6-11 bulan. Jika sang ibu nifas telah mendapatkan vitamin A-nya secara lengkap pada dosis tinggi, maka setelahnya, ibu nifas cukup diasup dengan vitamin A natural atau dari alam seperti sayuran dan buah-buahan. Namun perlu diingat bahwa terkadang banyak kasus khusus dimana pada anak dimana pada usia bayi yang belum 30 hari telah mengalami campak, diare, ISPA, dan lainnya.

Bagaimanakah Kasus Tertentu yang Menimpa Bayi?

Untuk kasus yang seperti ini, sangat diperlukan penanganan khusus. Saat bayi terserang penyakit berilah jenis (warna) kapsul vitamin A sesuai dengan umurnya. Jika umurnya diatas 11 sampai 59 bulan maka kapsul merah yang diberikan. Berikanlah kapsul sekali pada saat bayi yang terserang penyakit. Kemudian pada hari berikutnya, kapsul vitamin A sesuai warna dan umurnya. Kemudian dua minggu berikutnya diberikan kapsul lagi untuk si bayi.

Dengan pemberian vitamin secara berkala, kondisi bayi juga akan membaik dari penyakit yang dideritanya. Jika keadaan kurang membaik, disegerakan untuk dikonsultasikan pada dokter anak. Sebelumnya untuk menggunakan kapsul vitamin A dosis tinggi ini, bentuknya seperti kapsul vaksinasi. Sehingga ujung pangkal kapsul perlu dipotong dulu kemudian anak atau ibu membuka mulut kemudian pencet kapsul sampai isi kapsul keluar semua masuk dalam mulut atau untuk anak dan ibu.

Jadi bagi ibu nifas dan bayi sangat penting untuk pemberian atau suplementasi vitamin A. Informasi diatas semoga melengkapi pengetahuan Anda untuk mengenal betapa vitamin A sangat diperlukan oleh tubuh.

Pin It
←More from Vitamin A - Retinol

↑ Back to Top