Pemberian Vitamin A Dosis Tinggi Pada Ibu dan Anak


Kembali lagi hadir bersama kami disini. Pembahasan seputar dunia kesehatan khususnya tentang vitamin akan terus kami informasikan kepada Anda. Pada artikel sebelumnya yang membahas tentang waktu yang tepat untuk pemberian vitamin A untuk ibu nifas, kini kami akan hadirkan lagi artikel tentang pemberian vitamin A terutama untuk dosis tinggi. Pemberian vitamin A ini akan dibahas seputar ibu dan bayi.

Pemberian vitamin A pada ibu dan bayi jelas berbeda dosisnya. Bahkan bagi ibu dibedakan antara saat tidak hamil, saat hamil, hingga saat nifas dan menyusui. Sedangkan untuk bayi, antara usia sebelum 30 hari, belum ada setengah tahun, saat satu tahun dan saat beranjak balita. Pemberian vitamin A berbeda dosis ini memang bertujuan memberikan asupan gizi vitamin A yang tepat. Karena jika salah, baik kekurangan atau berlebihan tentu akan berdampak pada kesehatan jangka panjang.

Pemberian Kapsul Vitamin A Pada Ibu Hamil

Pemberian vitamin A pada ibu hamil dengan dosis yang tepat. Berapa dosis tepatnya? Untuk ibu hamil tidak disarankan vitamin A dosis tinggi. Untuk mencegah kekurangan vitamin A pada ibu hamil diberikan vitamin A dengan dosis tidak lebih dari 10.000 IU per hari. Untuk ibu hamil dengan kelainan tertentu seperti rabun senja, agar tidak menurun pada janinnya, maka pemberian vitamin A pada ibu hamil adalah 10.000 IU setiap hari selama 2 minggu secara oral. Perlu pertimbangan lebih lanjut untuk pemberian vitamin A pada ibu hamil ini karena kondisi dan gejala khusus bisa berbeda-beda.

Pemberian Kapsul Vitamin A Pada Ibu Nifas

Setelah persalinan ibu memasuki masa nifas. Tentu kondisi yang kekurangan banyak darah ini akan memicu kekurangan vitamin A dalam tubuh. Sehingga pemberian vitamin A dosis tinggi perlu dilakukan. Dengan dosis tinggi ini maka akan menurunkan angka kematian pada ibu dan bayi, berkurangnya penyakit infeksi, mencegah kelainan dan dimana penglihatan menurun. Untuk ibu nifas pemberian vitamin A dosisnya bisa berkali-kali lipat dari dosis pada saat hamil yaitu 200.000 SI walau hanya sebanyak 2 kali yaitu setelah melahirkan dan 24 jam setelah pemberian kapsul pertama. Pemberian ini bisa terus berlangsung jika pada waktu sampai 42 hari dirasa masih butuh asupan vitamin A.

Pemberian Kapsul Vitamin A Pada Bayi 0 – 6 Bulan

Demikian juga berarti akan berpengaruh pada bayi usia 0 sampai 6 bulan? Tentu. Karena masih dalam masa selesai persalinan, maka bayi pada usia tersebut juga harus diberi suplemen vitamin A. Kadar vitamin A ini bisa diberikan vitamin A yaitu 25.000 IU sebanyak 4 kali dalam 6 bulan. Jika Anda rutin membawa bayi anda ke imunisasi posyandu terdekat, maka akan memudahkan mendapatkan vitamin A ini. Namun survey yang banyak dilakukan ternyata pemberian vitamin A dosis tinggi sebanyak 50.000 IU dalam sekali saja pada bayi usia ini juga tidak masalah. Karena tidak banyak kasus yang menunjukkan efek samping akibat dosis tinggi vitamin A ini.

Pemberian Kapsul Vitamin A Pada Bayi 6 – 11 Bulan

Pada pemberian vitamin A pada bayi usia 6-11 bulan berbeda dengan pemberian vitamin A pada bayi usia 0-6 bulan. Perbedaan logis paling mendasar tentu karena organ hati, sebagai penyimpan cadangan vitamin A telah berkembang dari sebelumnya. Untuk dosis bayi sampai 11 bulan sudah bisa diberikan dosis tinggi vitamin A 200.000 IU. Jangan khawatir untuk gejala awal saat pemberian vitamin A dosis tinggi ini. Seperti pusing dan mual. Akan hilang saat keesokan harinya pemberian vitamin A dihentikan.

Pemberian Kapsul Vitamin A Pada Anak Balita 12 – 59 Bulan

Bagaimana dengan pemberian vitamin A pada anak balita usia 12-59 bulan? Untuk pemberian vitamin A ini jangan lebih dari 300.000 IU dalam dosis tunggal. Bahkan tidak boleh setiap hari secara rutin dosis 25.000 UI selama 3 bulan. Sehingga Anda bisa mengira-ngira sendiri dosis yang tepat untuk anak usia lebih dari 1 tahun dalam pemberian dosis vitamin A ini.

Pemberian Vitamin A Pada Bayi atau Balita Penderita Campak, Diare, Gizi Buruk, atau Xeroftalmia

Kemudian bagaimana dengan pemberian vitamin A pada bayi atau balita yang terkena campak, diare, gizi buruk atau xeroftalmia? Dosis tinggi yang diberikan pada anak yang terkena campak tetap dibolehkan. Bahkan diusahakan rutin agar meningkatkan penyembuhan dan menghindari kekurangan vitamin A serta komplikasi akibat penyakit yang dideritanya. Disarankan untuk konsultasi dengan dokter dalam penentuan dosisnya.

Macam-Macam Kapsul Vitamin A Dosis Tinggi

Setelah Anda tahu tentang segala macam pemberian vitamin A pada ibu dan bayi, kami akan membahas tentang macam-macam kapsul vitamin A dosis tinggi. Perlu diketahui bahwa tiga kali kapsul vitamin A  50.000 IU adalah dosis tinggi. Biasanya dosis tinggi ini bisa juga diberikan pada bayi secara berkala jika terkena penyakit atau diberikan berkala dengan vaksin campak. Kemudian ada juga kapsul vitamin A dosis tinggi yaitu dosis tinggi kapsul vitamin A 100.000 IU warna biru dan dosis tinggi kapsul vitamin A 200.000 IU warna merah.

Anda tidak perlu bingung untuk satuan UI atau SI. Karena bisa berbeda-beda antara merek kapsul vitamin A ini. Namun tetap sama maknanya. Kapsul Vitamin A tidak boleh diberikan kepada ibu hamil karena dosisnya terlalu tinggi untuk janin. Pemberian yang dimaksud adalah inisiatif. Karena jika dikontrol oleh dokter, perawat atau bidan tetap diijinkan dengan takaran tertentu. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan pengetahuan anda.

More from Vitamin A - Retinol
Back to Top